Published on

Careers

8 Cara mengatasi mata lelah bagi pekerja kantoran

Tsalis Annisa

mata-lelah-EKRUT.jpg

Menjadi pekerja kantoran yang selama 8 jam atau lebih harus memandang layar komputer membuat matamu rentan mengalami kelelahan. Kondisi ini tidak boleh kamu abaikan, sebaiknya ketahuilah cara mengatasi mata lelah demi kesehatan matamu.

Mata kita mungkin terasa baik-baik saja selama menatap layar gawai yang digunakan untuk bekerja. Namun, sama seperti gawai yang butuh diisi ulang dayanya, mata kita juga butuh istirahat. 

Jika gawai ketika butuh diisi ulang akan menampilkan pemberitahuan, mata lelah akan menunjukkan gejala sebagai gantinya. Berikut ini adalah beberapa gejala, penyebab, dan bagaimana cara mengatasi mata lelah yang perlu kamu ketahui.

Gejala mata lelah pada pekerja kantoran

cara mengatasi mata lelah - EKRUT
Mata kering adalah salah satu gejala mata lelah - EKRUT

Mata lelah merupakan suatu kondisi yang memiliki Asthenopia sebagai sebutan medisnya. Kondisi ini biasa terjadi ketika mata menjadi lelah akibat kegiatan yang banyak membutuhkan kekuatan mata seperti menatap layar terlalu lama, atau berusaha melihat pada cahaya redup.

Pada kebanyakan kasus, mata lelah biasanya tidak serius dan akan hilang sendiri begitu mata beristirahat. Namun, pada beberapa kasus lainnya, kondisi mata lelah juga dapat menyebabkan masalah pada penglihatan dan dapat menyebabkan astigmatisme atau rabun dekat.

Oleh karena itu, sebelum hal tersebut terjadi, ketahuilah gejala yang biasa muncul ketika mata lelah sehingga kamu dapat menghindari masalah di atas. Berikut beberapa gejala mata lelah yang umum terjadi.

  • Mata terasa sakit
  • Mata perih.
  • Mata kering.
  • Mata berkedut.
  • Sakit kepala
  • Mata merah.
  • Merasa lelah.
  • Mengantuk.
  • Sensitif dengan cahaya.
  • Merasa pusing.
  • Mata terasa terbakar.
  • Sulit membaca.
  • Konsentrasi yang memburuk.

Biasanya, gejala ini akan timbul ketika mata sudah terlalu kelelahan dan bisa hanya muncul satu, atau beberapa sekaligus. Gejala yang terjadi juga biasanya tidak permanen dan hanya terjadi selama beberapa menit atau jam. Namun biasanya akan menghilang ketika mata telah beristirahat.

Baca juga: 7 Cara menjaga kesehatan mata bagi pekerja kantoran

Penyebab mata lelah terjadi padamu

mata lelah - EKRUT
Berusaha melihat gawai dalam keadaan ruangan kurang cahaya atau layar terlalu terang dapat menjadi penyebab mata lelah - EKRUT

Terlalu lama menatap komputer atau layar gawai menjadi penyebab umum terjadinya mata lelah pada kebanyakan pekerja kantoran. Namun, beberapa penyebab lain juga bisa saja menjadi faktor, berikut contohnya.

  • Membaca terlalu lama. 
  • Berusaha melihat dalam keadaan kurang cahaya.
  • Mengemudi jarak jauh.
  • Terpapar cahaya yang terlalu terang.
  • Mengerjakan aktivitas yang memerlukan fokus tinggi.
  • Kelelahan dan stres.
  • Terpapar angin kering langsung pada mata, seperti dari kipas, AC, atau pemanas ruangan.
  • Kondisi mata kering.

Baca juga: 7 Penyakit yang sering muncul akibat bekerja berlebihan

Cara mengatasi mata lelah yang ampuh digunakan

cara mengatasi mata lelah - EKRUT
Istirahatkan mata dengan mengalihkan pandangan ke benda dengan jarak yang jauh - EKRUT

Belum ada obat-obatan ataupun prosedur khusus yang ditujukan hanya untuk mengatasi mata lelah. Namun, beberapa strategi berikut ini mungkin dapat kamu terapkan sebagai cara mengatasi mata lelah.

1. Istirahatkan matamu 

Ketika merasakan gejala mata lelah, segeralah istirahatkan matamu sejenak dengan cara menutupnya sebentar atau dengan mengalihkan pandangan dari hal yang menuntut fokus. 

Terapkanlah aturan 20-20-20 untuk memberi istirahat pada mata. Caranya setiap 20 menit cobalah lihat sesuatu dengan jarak 20 kaki jauhnya selama 20 detik. Bila perlu tulis catatan di layar komputer sebagai pengingat agar kamu mengambil jeda untuk mengistirahatkan mata dari layar sejenak. 

Kamu juga dapat melakukan teknik menangkupkan mata dengan telapak tangan. Caranya gosok kedua telapak tangan selama beberapa detik untuk menghangatkannya.

Lalu perlahan letakkan tangan yang sudah kamu gosok ke atas masing-masing mata. Miringkan setiap tangan ke arah hidung sehingga kelingking dan telunjuk saling tumpang tindih lalu letakkan ujung jari di dahi bagian atas. Tutup semua celah sehingga kamu tidak melihat cahaya apa pun. 

Lakukan ini selama 7 menit dan kamu bisa merasa segar setelahnya. Pasalnya ketika menutup dengan tangan, mata kamu berada dalam kegelapan dan ini dapat memberikan waktu bagi mata beristirahat dan menghalangi stimulasi cahaya dari luar. Gunakan teknik ini beberapa kali dalam sehari untuk mengistirahatkan mata dan membuatnya lebih rileks. 

2. Atur cahaya dengan baik 

Gunakan cahaya yang memadai ketika bekerja maupun membaca. Memiliki cahaya yang cukup saat melakukan tugas tertentu seperti membaca dapat membantu mengurangi ketegangan dan kelelahan mata. Tempatkan sumber cahaya dengan tepat seperti mengarahkan cahaya ke tugas yang tengah kamu kerjakan. 

3. Sesuaikan kontras cahaya gawai 

Sesuaikanlah kontras cahaya pada ponsel, laptop, ataupun komputermu. Pastikan cahayanya tidak menusuk matamu dan membuatmu nyaman untuk melihatnya. Kamu juga dapat menggunakan filter layar yang dapat mengurangi silau saat melihat layar kaca

4. Atur ukuran huruf di gawai

Ukuran huruf yang terlalu kecil akan sulit untuk dilihat dan membuat mata bekerja lebih keras dan membuatnya cepat lelah. Jadi, sesuaikanlah ukuran huruf di gawaimu hingga mata nyaman membacanya.

5. Gunakan obat tetes mata

Beberapa obat tetes mata di pasaran mampu membantu mengatasi mata lelah dan kembali menyegarkan mata. Cobalah untuk membeli yang terbaik dan direkomendasikan dokter.

6. Aplikasikan handuk hangat ke area mata

Cara ini mampu memberikan mata efek tenang dan membantu mata mengurangi gejala iritasi akibat kelelahan yang terjadi.

7. Aplikasikan masker mata

Untuk menyegarkan kembali matamu yang lelah, kamu juga bisa mengaplikasikan masker mata dengan bahan dari buah-buahan atau sayuran di sekitarmu.

Beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai masker mata seperti ampas teh, mentimun, apel, semangka atau alpukat.

Aplikasikan masker mata ini selama 15 menit untuk mengurangi peradangan, menghilangkan lingkaran hitam dan menyegarkan mata yang lelah. 

8. Atur posisi layar komputer

Letakkan layar komputer sekitar 20 - 26 inci dari mata dengan posisi sedikit di bawah ketinggian mata.  Bersihkan pula debu dari permuakan secara teratur karena noda juga dapat mengurangi kontras dan menciptakan maslaah seperti silau dan refleksi. 

Kondisi mata lelah memang sangat umum terjadi dan pasti pernah dirasakan oleh semua pekerja kantoran. Bahkan mungkin kebanyakan akan menganggap kondisi ini sepele dan mengabaikannya. Padahal, terkadang kondisi ini bisa berubah menjadi masalah yang juga akan merugikan. 

Oleh karena itu, mengetahui bagaimana cara mengatasi mata lelah seperti di atas sangat dibutuhkan ketika merasakan gejala yang dirasakan. Jadi, mulai sekarang, jaga kesehatan matamu dengan mengistirahatkan mata sejenak ketika sudah lelah dengan beberapa cara di atas, yuk! Selamat mencoba!

cara mengatasi mata lelah - EKRUT
Last update: 29 November 2020 

Sumber:

Tags

Share