Media

Cara mudah dapatkan kuota tambahan di cloud
By Widyanto Gunadi - 24 May 2018
95 Views

Bagi Anda pengguna layanan komputasi awan Google Drive, iCloud, OneDrive, atau Dropbox, mungkin Anda pernah membayangkan sulitnya menambahkan dokumen baru karena kuota Anda sudah hampir mencapai batas. Namun, Anda tak harus selalu membayar untuk mendapatkan kuota tambahan.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memaksimalkan kuota yang Anda dapat tanpa harus menguras isi dompet. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mendapatkan “kuota tambahan” bagi Anda pengguna Google Drive, iCloud, OneDrive, atau Dropbox.

 

Google Drive

Selain dengan membersihkan dokumen yang sudah tak dipakai, Anda dapat menghindari penuhnya kuota dengan mematikan fitur pencadangan (back-up) yang secara otomatis menyimpan dokumen dari perangkat Anda ke Drive.

Untuk memeriksa dokumen yang telah dicadangkan secara otomatis, buka pengaturan komputer Anda. Pada Windows, buka area notifikasi dan klik ikon Drive. Pada macOS, cari ikon Drive di sisi kanan menu. Selanjutnya, klik tombol menu (tiga titik vertikal) dan pilih Preferensi. Apabila Anda melihat folder yang tidak perlu dicadangkan, centang kotak di sebelahnya.

 

iCloud

Dengan kuota penyimpanan 5 GB, Anda harus cerdik memanfaatkan iCloud versi gratis. Anda tak harus menghentikan fitur pencadangan otomatis seperti pada Google Drive. Namun, seleksilah dokumen-dokumen yang ingin Anda simpan. Misalnya, jika Anda menyimpan banyak dokumen tak penting di folder Desktop & Documents, maka batalkan pilihan pada Desktop & Documents Folders.

Selain itu, iCloud juga menyimpan dokumen dari perangkat iOS Anda. Untuk mengelola pencadangan dari perangkat iOS Anda, kembali ke System Preferences > iCloud, arahkan kursor ke bagian penyimpanan di bagian bawah layar, klik Manage di sebelahnya, dan buka Backups. 

Anda juga dapat mengakses layar yang sama di iPhone atau iPad dengan membuka Settings > iCloud > Storage > Manage Storage. Di samping itu, aplikasi tertentu dapat menyimpan data di server aplikasi, jadi Anda tidak perlu mencadangkannya dengan iCloud.

 

OneDrive

Selain menghapus dokumen yang tak diperlukan, Anda dapat mematikan fitur pencadangan otomatis pada OneDrive. Untuk pengguna Windows, caranya adalah dengan membuka File Explorer, klik kanan pada OneDrive, dan pilih Settings. Pada bagian Auto-save, Anda dapat melihat dokumen-dokumen yang dicadangkan secara otomatis. Atur dokumen-dokumen tersebut ke bagian This PC only. Anda juga bisa menghapus tanda pada kotak Automatically save photos and videos to OneDrive.

Anda memiliki pilihan berhenti mencadangkan dokumen dari ponsel Anda ke OneDrive. Buka aplikasi OneDrive di Android atau iOS dan buka menu Me > Settings > Camera upload. Matikan  fitur ini untuk berhenti mengirim foto dan video dari ponsel Anda ke OneDrive.

 

Dropbox

Di Dropbox, Anda hanya mendapatkan kuota penyimpanan gratis sebesar 2 GB. Sebab, Dropbox tidak menawarkan fitur pembersihan otomatis, Anda harus menghapus dokumen-dokumen secara manual. Anda bisa melakukannya melalui situs Dropbox atau dari dokumen Dropbox yang disinkronkan di komputer atau ponsel Anda. Jika Anda tidak sengaja menghapus dokumen, Anda masih dapat memulihkannya dengan membuka halaman dokumen yang dihapus dari situs Dropbox.

Dengan kuota yang terbatas, Anda tak perlu mencadangkan dokumen foto dan video Anda ke Dropbox. Jika Anda memiliki aplikasi Dropbox di Android dan iOS, klik menu (dengan tiga garis horizontal), pilih Settings, dan pilih Turn off camera uploads.

Apakah tips di atas membantu Anda? Jadi, jangan bingung lagi ya, jika kuota kapasitas cloud Anda hampir penuh.

 

 

Rekomendasi bacaan:
Promo-promo ini paling diminati selamat Ramadan
Yuk, install Hyperledger di Ubuntu
Bahasa pemrograman Go ternyata tak serumit C atau Java

 

Sumber:
popsci.com
 

Tags:

  • Dropbox
  • OneDrive
  • iCloud
  • Google Drive
  • komputasi awan
  • cloud computing
  • cloud
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang