Published on

Technology

6 Cara uninstall aplikasi di laptop dan PC dengan mudah dan cepat

Algonz D.B. Raharja

H1_Uninstall_Aplikasi.jpg

Jika kamu sering bergelut dengan laptop atau personal computer (PC), setidaknya kamu tentu paham bahwa beberapa aplikasi di kedua perangkat komputer itu dapat dihapus bukan? Nah, proses penghapusan aplikasi ini dinamakan proses uninstalling atau uninstall

Sama halnya demikian jika kamu juga pengguna smartphone, aplikasi-aplikasi berbasis digital ini sifatnya dapat dihapus dengan berbagai alasan, umumnya karena memang sudah tidak terpakai atau dikarenakan membebani pemrosesan komputasi. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana cara uninstall aplikasi di komputer maupun laptop ini, mari kita simak ulasan berikut.

Baca juga: 8 Langkah menghapus jejak digital di internet

Pentingnya uninstall aplikasi yang tidak penting di laptop

Pentingnya uninstall aplikasi yang tidak penting di laptop
Uninstall aplikasi pada komputer dapat memberi ruang hard drive (Sumber: Pexels)

Seperti yang telah sedikit disinggung di atas, proses uninstall aplikasi atau program di laptop menjadi penting dengan berbagai alasan. Hal utamanya tentu saja untuk membuat kinerja komputer kita menjadi ringan setelah proses uninstall aplikasi dilakukan. Di samping itu, menurut Techtalk proses uninstall aplikasi ini dapat menunjang beberapa hal yang antara lain adalah sebagai berikut,

  • Menambah ruang pada hard drive disk (HDD)
  • Meningkatkan kecepatan komputer
  • Meningkatkan keamanan komputer

Secara umum, proses uninstall aplikasi penting karena komputer atau laptop memiliki batas penyimpanan yang terbatas. Di samping itu, aplikasi-aplikasi komputer umumnya akan terus meminta untuk diperbaharui tiap tahunnya. Pembaharuan ini juga berlaku untuk menambal setiap kerentanan keamanan di versi aplikasi terdahulu. Pembaharuan ini, tentu saja, menambah ruang penyimpanan karena adanya tambahan fitur lain. 

Untuk itulah, kamu perlu mengelola aplikasi di komputer kamu dengan seksama. Perhatikan juga ketersediaan ruang dan kapasitas random-access memory (RAM) yang akan mendukung kecepatan dan kelancaran kinerja komputer secara umum.

Baca juga: 4 Cara update Windows 10 paling mudah dan cepat

Cara uninstall aplikasi di laptop melalui Start menu

Cara uninstall aplikasi di laptop melalui Start menu
Cara uninstall aplikasi lewat start menu (Sumber: Pexels)

Cara pertama yang perlu kamu ketahui tentang proses uninstall aplikasi di laptop adalah lewat tombol Start menu yang ada di pojok kiri desktop Windows milikmu. Berikut adalah langkah-langkahnya,

1. Klik tombol 'Start'

Pertama-tama, kamu hanya perlu mengarahkan kursor pada tombol Start Windows di desktop. Lantas di sana akan muncul beberapa deretan aplikasi yang tersedia di perangkatmu.

2. Klik kanan dan uninstall

uninstall aplikasi di laptop melalui Start menu
Klik tombol uninstall untuk proses akhir (Sumber: cnet.com)

Langkah kedua yang dilakukan adalah mengklik ikon aplikasi yang ada dalam deretan menu pada tombol Start Windows tadi. Kamu bisa langsung klik dan tahan pada ikon aplikasi atau klik kanan lalu pilih “Uninstall”. Proses uninstall aplikasi pun berhasil setelah ikon aplikasi hilang.

Baca juga: Kenali penyebab dan cara mengatasi laptop hang

Cara uninstall aplikasi di laptop melalui control panel

Cara uninstall aplikasi di laptop melalui control panel
Cara uninstall aplikasi lewat Control Panel (Sumber: sea.pcmag.com)

Adapun cara lain untuk melakukan uninstall aplikasi pada laptop secara konvensional adalah lewat control panel. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut,

1. Klik tombol 'Start Windows'

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah klik kanan pada tombol Start Windows dan kemudian cari Control Panel.

2. Cari aplikasi dan program

Langkah selanjutnya adalah mencari aplikasi yang hendak di-uninstall pada kolom Programs and Features. Di sana, kamu akan menemukan berbagai aplikasi yang terpasang pada perangkatmu. Lantas, kamu cukup klik pada ikon aplikasi yang hendak dihapus lalu pilih “Uninstall”.

Cara uninstall aplikasi di laptop melalui Settings

Cara uninstall aplikasi di laptop melalui Settings
Cara uninstall aplikasi lewat Settings (Sumber: cnet.com)

Selain lewat Control Panel, terdapat pula cara konvensional untuk melakukan uninstall aplikasi pada perangkat laptop atau PC, yaitu lewat Settings pada perangkatamu. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Klik 'Start Windows'

Seperti halnya cara-cara sebelumnya, kamu hanya perlu mengklik tombol Start Windows lalu memilih Settings. Setelah itu kamu diarahkan ke kolom Apps dan Apps & Features.

2. Klik aplikasi dan uninstall

Setelah menemukan ikon aplikasi yang ingin dihapus pada Apps & Features, maka langkah selanjutnya adalah mengklik ikon tersebut dan pilih Uninstall.

Baca juga: 3 Cara mengatasi macet pada Update Windows

Cara uninstall aplikasi laptop menggunakan third party tools

Selain menggunakan cara internal seperti yang telah dijelaskan di atas, kamu juga dapat menghapus aplikasi pada perangkatmu lewat program pihak ketiga atau third party tools. Adapun beberapa third party tools tersebut antara lain adalah sebagai berikut,

1. Revo Uninstaller

Revo Uninstaller
Cara uninstall aplikasi lewat Revo Uninstaller (Sumer: revouninstaller.com)

Revo Uninstaller dapat menghapus program atau aplikasi yang telah terpasang pada perangkat komputermu. Revo Uninstaller akan memudahkan pengguna untuk menemukan aplikasi-aplikasi yang ingin dihapus. Tak hanya itu, Revo Uninstaller juga dapat memantau seluruh proses instalasi dan melakukan instalasi pada aplikasi baru, begitu pula menghapusnya di masa mendatang.

Adapun langkah singkat uninstall aplikasi lewat Revo Uninstaller adalah sebagai berikut,

  • Buka Revo Uninstaller
  • Klik dua kali pada ikon program atau aplikasi yang ingin dihapus
  • Klik kanan pada ikon program atau aplikasi yang ingin dihapus
  • Pilih Uninstall

2. CCleaner

CCleaner
Salah satu third party tools yang dapat digunakan dalam uninstall aplikasi adalah CClleaner (Sumber: howtogeek.com)

Untuk menggunakan aplikasi CCleaner ini tentunya kamu perlu mengunduhnya terlebih dahulu dan memasangkannya di perangkat komputermu. CCleaner akan berjalan sebagai opsi default jika kamu atur demikian. CCleaner juga memungkinkan pengguna untuk memilih folder tertentu yang tak ingin dihapus, sebabnya aplikasi ini dapat memodifikasi dokumen atau sistem aplikasi secara permanen.

Adapun langkah uninstall aplikasi menggunakan CCleaner adalah sebagai berikut,

  • Klik ikon Cleaner di sebelah kiri atas pada CCleaner
  • Pilih fitur yang ingin dibersihkan dan baca teks peringatan sebelum mengklik OK
  • Pilih aplikasi yang ingin dibersihkan atau di-uninstall
  • Klik tombol analisis
  • Klik Run Cleaner setelah analisis selesai 
  • Aplikasi akan terhapus secara permanen dari sistem
  • Klik OK untuk melanjutkan

3. IObit Uninstaller

IObit Uninstaller
IObit Uninstaller adalah salah satu third party tools untuk uninstall aplikasi (Sumber: iobit.com)

IObit Uninstaller dapat digunakan untuk uninstall aplikasi atau program pada perangkat dan dapat didapatkan secara gratis beserta berbayar (untuk pemindaian dan fitur lainnya). IObit Uninstaller menawarkan opsi untuk melihat semua program atau aplikasi yang terpasang di perangkat komputer dan dapat disesuaikan dengan besaran ruang terpakai atau waktu pemasangan.

Untuk dapat mengelola aplikasi lebih lanjut, IObit Uninstaller dapat menunjukkan pada pengguna aplikasi mana saja yang memakan banyak ruang pada hard drive atau RAM di laptop milik pengguna. Adapun langkah-langkah untuk uninstall aplikasi lewat IObit Uninstaller adalah sebagai berikut,

  • Klik ikon IObit Uninstaller dan jalankan
  • Pilih Windows Apps untuk memilih aplikasi Windows yang akan dihapus
  • Klik ikon aplikasi
  • Pilih tombol Uninstall 

Jika telah memasang IObit Uninstaller pada perangkat, kamu juga bisa melakukan proses uninstall lewat Control Panel dan menekan tombol Powerful Uninstall dengan ikon IObit di sana. Hal ini lebih ringkas karena sistem IObit akan terintegrasi di Control Panel.

Baca juga: Cara reset Windows 10 tanpa khawatir kehilangan data

Nah, itulah tadi beberapa cara melakukan uninstall aplikasi pada perangkat laptop atau PC secara mudah. Kamu dapat melakukan langkah-langkah uninstall aplikasi secara konvensional maupun memakai third party tools untuk mempermudah kamu untuk menghapus aplikasi yang tak lagi relevan dengan perangkatmu. Penghapusan aplikasi ini dapat memberi ruang lebih bagi perangkatmu dan dapat memperlancar kinerja komputermu.

Bagi kamu yang gemar bergelut dengan dunia komputasi atau pemrograman, EKRUT memberi ruang temu bagimu dengan berbagai perusahaan yang mencari talent di bidang teknologi dan informasi sepertimu. Kamu cukup klik tautan di bawah ini untuk mendaftar lewat EKRUT dan para pencari kandidat akan menemukanmu.

sign up EKRUT

Sumber:

  • https://techtalk.pcmatic.com/2017/01/31/uninstalling-programs/?__cf_chl_jschl_tk__=pmd_VTtyE38szY6WKT69dI7_K5uJRVjhWdymICkyV1Cda8s-1631077841-0-gqNtZGzNAfujcnBszQe9
  • How to uninstall an app or program in Windows 10
  • IObit Uninstaller User Manual.

Tags

Share