Published on

Careers

Catat, ini 5 tips ampuh agar kamu naik gaji!

Tsalis Annisa

tips-agar-naik-gaji-EKRUT.jpg

Seiring dengan angka kebutuhan yang semakin meningkat, kenaikan gaji tentu menjadi hal yang sangat kamu dambakan. Nah, agar kamu bisa mendapatnya, kamu perlu tahu beberapa tips ampuh untuk mendapatkan kenaikan gaji. 

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu praktikan agar sukses mendapatkan gaji yang lebih baik.  

1. Berikan hasil kerja terbaik

tips agar naik gaji EKRUT 
Berikan hasil kerja yang memuaskan terlebih dahulu kepada atasanmu sebelum meminta kenaikan gaji-EKRUT

Sebelum kamu meminta kenaikan gaji, ada baiknya kamu sudah memberikan hasil kerja yang memuaskan terlebih dahulu. Pasalnya, atasanmu tentu perlu alasan kuat mengapa ia harus mengajukan kenaikan gajimu kepada perusahaan. 

Kamu bisa mencatat apa saja hasil kerjamu selama ini. Mulai dari beberapa proyek yang berhasil kamu kerjakan, hingga data atau angka pasti yang dapat menggambarkan kesuksesanmu bekerja selama ini. 

Ingat, yang diinginkan oleh seorang atasan adalah memiliki anggota tim yang dapat bekerja dengan baik, memberikan hasil terbaik, memudahkan pekerjaannya, dan membantunya mendapatkan penilaian yang bagus di hadapan pimpinan perusahaan. 

Jadi, pastikan kamu sudah menghasilkan pekerjaan yang bagus sebelum kamu membicarakan ini dengan atasanmu, ya!\

Baca juga: Pentingnya skala prioritas untuk meningkatkan produktivitas kerja

2. Cari tahu angka gaji yang cocok untukmu

 tips agar naik gaji EKRUT
Lakukan penelitian juga terkait gaji yang cocok di posisimu- EKRUT

Selain memastikan hasil kerjamu, hal selanjutnya yang perlu kamu persiapkan adalah mencari tahu angka gaji yang cocok untuk posisi, dan pengalamanmu bekerja. 

Kamu bisa mencarinya di internet, atau coba untuk menanyakannya kepada rekan kerjamu. Tapi pastikan kamu hanya menanyakannya kepada teman terdekatmu, atau seseorang yang bisa kamu anggap mentor di kantor. 

Hindari menanyakan perihal gaji ke semua orang yang kamu kenal. Karena selain dapat berpengaruh buruk terhadap ekspektasimu, perihal gaji juga termasuk hal yang pribadi bagi sebagian orang. 

Hal yang perlu kamu ingat adalah, sekalipun kamu tahu berapa gaji rekan kerjamu, hindarilah menyebutkannya sebagai salah satu alasan kamu menginginkan kenaikan gaji. Pasalnya, hal ini tidaklah profesional. Sebaiknya, fokuslah kepada nilai yang kamu miliki. 

Baca juga: Ini daftar UMP 2020 terbaru di Indonesia beserta kenaikannya

3. Menciptakan kesan positif di kantor 

tips agar naik gaji EKRUT
 Menjadi baik kepada semua orang, jadi salah satu cara agar kamu disukai atasan-EKRUT

Tak cukup hanya terus bekerja keras, tips ampuh agar menaikkan gaji lainnya yaitu membangun kesan positif akan dirimu terhadap rekan kerja dan atasan. 

Dengan menjalin hubungan yang baik dengan mereka, keberadaanmu di kantor jadi makin dibutuhkan dan semua orang senang dengan kehadiranmu. 

Tak hanya itu, pikiran yang terbuka, mau menerima kritik, saran dan mau terus belajar juga bisa menambah penilaian yang baik dari atasanmu. Sehingga saat kamu meminta kenaikan gaji, itu tidak menjadi masalah yang besar baginya.

4. Jadwalkan meeting

tips agar naik gaji EKRUT 
Jadwalkan meeting bersama dengan atasan dan utrakan keinginanmu untuk naik gaji- EKRUT

Ketika kamu sudah mempersiapkan beberapa hal di atas, sekarang saatnya kamu mengatakan kepada atasanmu bahwa kamu ingin berbicara dengannya. Jika sudah ada kesepakatan waktu, inilah saatnya kamu menjadwalkan meeting dengan atasanmu. 

5. Perhatikan beberapa hal ini saat kamu berbicara dengan atasanmu

tips agar naik gaji EKRUT 
Saat kamu bertemu dengan atasanmu mulai pembicaraan yang positif terkait permintaanmu untuk naik gaji-EKRUT

Ketika tiba saatnya kamu berbicara dengan atasan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Misalnya adalah beberapa hal di bawah ini. 

  • Mulai pembicaraan dengan suasana yang positif
  • Sampaikan hal positif apa yang kamu rasakan selama kamu bekerja di perusahaan tersebut
  • Sebutkan apa saja yang sudah kamu lakukan untuk perusahaan
  • Sebutkan angka yang spesifik saat menyampaikan ekspektasi gajimu
  • Hindari mengancam bosmu jika ia tidak menaikan gajimu

Poin terakhir adalah hal yang tidak kalah penting untuk kamu ingat. Pasalnya, atasan dan perusahaanmu pastinya memiliki pertimbangan tersendiri kenapa tidak dapat menaikan gaji sesuai dengan yang kamu inginkan. Mulai dari jumlah tahun pengalaman, hingga budget perusahaan. 

Baca juga: 3 Tantangan terbesar jika kenaikan gaji kamu drastis

Selain beberapa tips di atas, sebenarnya cara untuk mendapatkan gaji lebih tinggi yang cukup ampuh adalah dengan berpindah kerja. Kenapa? karena perusahaan yang baru tentu akan menawarkan gaji yang lebih tinggi dari tempatmu saat ini. 

Tak hanya itu, kamu tentu juga dapat memperkaya pengalaman dan memperluas koneksimu dengan berpindah kerja. Tapi ingat, jangan resign sebelum kamu mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, ya!

Agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dengan mudah dan tanpa kerja keras, cobalah untuk mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace. Karena dengan begini, peluangmu untuk mendapatkan tawaran dari beragam perusahaan yang lebih menghargai nilaimu tentu akan lebih terbuka lebar. 

Semoga berhasil!

tips agar naik gaji - EKRUT 
Last update 16 Mei 2020

Sumber:

  • moneycrashers.com
  • forbes.com
  • thebalancecareers.com

Tags

Share