Published on

Careers

6 Cara cek nomor BPJS kesehatan dengan NIK 2021, begini caranya!

Natasya Primatyassari

Cara_cek_nomor_BPJS_kesehatan.jpg

Kepemilikan jaminan kesehatan dengan mendaftarkan diri di BPJS sangat penting sebagai bentuk mitigasi risiko yang mungkin terjadi di masa datang dan memberikan perlindungan finansial. Kini, pengecekan nomor BPJS kesehatan dapat dilakukan dengan mudah melalui NIK atau Nomor Induk Kependudukan yang tertera dalam KTP. Pengecekan juga dapat dilaksanakan secara online maupun offline.

1. Cek nomor BPJS kesehatan via aplikasi

Cek nomor BPJS kesehatan via aplikasi
Aplikasi Mobile JKN memudahkan peserta mengakses berbagai informasi kesehatan - EKRUT

Akses layanan kesehatan sudah dapat diperoleh melalui aplikasi Mobile JKN yang tersedia baik bagi pengguna Apple di App Store maupun pengguna Android di Google Play. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, berikut langkah-langkah cek nomor BPJS kesehatan.

  • Buka aplikasi Mobile JKN.
  • Masuk ke aplikasi dengan memilih “Jenis Kartu”.
  • Pilih “Nomor Induk Kependudukan (NIK)”.
  • Lengkapi data dengan mengisi NIK, kata kunci, captcha, dan pilihSign In.
  • Setelah berhasil masuk ke aplikasi, pilih fitur “Peserta”.
  • Menu tersebut akan menampilkan informasi kepesertaan beserta 13 digit nomor BPJS kamu.

Aplikasi ini sudah memuat fitur-fitur yang cukup lengkap. Selain cek nomor BPJS kesehatan dengan NIK, kamu juga bisa mengakses fitur lain seperti pendaftaran peserta, ubah data peserta, ketersedian tempat tidur di rumah sakit, obat yang ditanggung, premi, dan sebagainya.

Baca juga: Ragam fitur dan cara menggunakan aplikasi mobile JKN BPJS

2. Cek nomor BPJS kesehatan via SMS

Cek nomor BPJS kesehatan via SMS
Jika gawai belum mendukung, kamu dapat cek nomor BPJS kesehatan melalui pesan singkat - Unsplash

Jika gawaimu belum dapat digunakan untuk mengunduh aplikasi, kamu bisa cek nomor BPJS kesehatan dengan NIK melalui layanan SMS gateway. Layanan ini dapat diakses melalui pesan singkat ke nomor seluler 08777 5500 400.

Kamu hanya perlu mengirimkan data sesuai format NIK<spasi>Nomor Induk Kependudukan. Sebagai contoh, NIK 3573030309870001.

Selain menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK), kamu juga bisa mengakses informasi mengenai data pribadi peserta dan fasilitas kesehatan terdaftar berdasarkan Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA) atau Nomor Induk Pegawai (NIP). Untuk mengetahui format penulisan pesan pada layanan tersebut, kamu cukup mengetik HELP lalu dikirimkan ke nomor di atas.

3. Cek nomor BPJS kesehatan via WhatsApp

Cek nomor BPJS kesehatan via WhatsApp
Saat ini kamu juga sudah bisa cek nomor BPJS kesehatan melalui WhatsApp - EKRUT

Tidak hanya melalui SMS, BPJS kesehatan juga sudah memudahkan masyarakat mengakses informasi melalui aplikasi WhatsApp. Dalam situs media sosial resmi BPJS, sudah ditampilkan nomor-nomor kantor cabang BPJS kesehatan se-Indonesia sehingga kamu bisa mendapatkan pelayanan administrasi tanpa harus pergi ke luar rumah. Layanan ini beroperasi setiap hari Senin-Jumat Pukul 08.00-15.00 waktu setempat.

Selain cek nomor BPJS kesehatan dengan NIK, kalian juga bisa mendapatkan pelayanan seperti Daftar Baru, Tambah Anggota Keluarga, Daftar Bayi Baru Lahir, Ubah Jenis Kepesertaan, Ubah Data Identitas, Ubah Data Golongan & Gaji, Ubah Faskes Tingkat Pertama (FKTP), Penonaktifan Peserta Meninggal, Perbaikan Data Ganda, dan Pengaktifan Kembali Kartu melalui PANDAWA (pelayanan administrasi melalui Whatsapp).

4. Cek nomor BPJS kesehatan via media sosial

Cek nomor BPJS kesehatan via media sosial
Pastikan kamu berkomunikasi dengan akun resmi BPJS kesehatan - EKRUT

Metode lain untuk cek nomor BPJS kesehatan dapat dilakukan melalui akun media sosial resmi milik BPJS kesehatan. Kamu dapat mengakses informasi tersebut melalui laman Twitter di @BPJSKesehatanRI maupun Facebook.

Dalam akun tersebut, peserta dapat menanyakan nomor BPJS kesehatan miliknya dan admin yang bertugas akan menjawab pertanyaan tersebut. Sebagai validasi data, biasanya petugas akan meminta informasi seperti Nama Lengkap, Tanggal Lahir, serta Nomor Induk Kependudukan (NIK). Peserta diminta mengirimkan informasi di atas melalui fitur pesan langsung atau Direct Message (DM). Peserta juga dapat menyampaikan pengaduan keluhan terkait layanan BPJS yang dirasa kurang memuaskan.

5. Cek nomor BPJS kesehatan via call center

Cek nomor BPJS kesehatan via call center
Saluran pelanggan BPJS Kesehatan dapat diakses 24 jam melalui telepon - Pexels

Pengaduan keluhan dan pelayanan informasi dapat hubungi Care Center BPJS Kesehatan 1500400 (24 Jam).

Jika kamu membutuhkan informasi nomor BPJS kesehatan dengan cepat, kamu dapat mencoba menghubungi Care Center BPJS Kesehatan di nomor 1500400. Saluran pelanggan melalui telepon ini siap melayani peserta selama 24 jam. Namun, untuk mengakses panggilan ini, kamu perlu menyediakan pulsa yang cukup.

Selain cek nomor BPJS kesehatan dengan NIK, peserta juga dapat melakukan pengaduan keluhan, pendaftaran Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri, serta konsultasi kesehatan.

6. Cek nomor BPJS kesehatan via kantor cabang

Cek nomor BPJS kesehatan via kantor cabang
Petugas di kantor cabang akan membantumu cek nomor BPJS kesehatan - Freepik

Jika semua cara sebelumnya sudah dilakukan tetapi masih mengalami kesulitan, kamu dapat mencoba cek nomor BPJS kesehatan dengan mendatangi langsung kantor cabang yang berada di wilayahmu.

Berikut langkah-langkah mengecek nomor BPJS Kesehatan dengan mengunjungi kantor cabang terdekat.

  • Kunjungi kantor BPJS Kesehatan setempat.
  • Ambil nomor antrean dan tunggu sampai giliranmu tiba.
  • Sampaikan maksud dan tujuanmu kepada petugas.
  • Sebutkan NIK yang tertera dalam KTP. Biasanya kamu akan diminta untuk melampirkan dokumen pelengkap seperti fotokopi KTP maupun KK.
  • Petugas akan menginformasikan nomor BPJS kamu.

Baca juga: Plus minus tentang BPJS Kesehatan

Setelah mengetahui cara cek nomor BPJS kesehatan, kamu juga perlu menilik kembali jenis asuransi atau jaminan kesehatan yang paling tepat untukmu. Agar tak salah pilih, silakan simak video di bawah ini, ya!

sign up EKRUT

Sumber: 

  • lifepal.co.id 
  • bpjs-kesehatan.go.id

Tags

Share