Published on

Technology

Chromebook tawarkan 5 keuntungan ini, Anda tergoda?

Widyanto Gunadi

chromebook.jpg

Kini, telah banyak institusi yang menggunakan Chromebook sebagai penunjang belajar mengajar. Tak heran, Chromebook pun menjadi andalan di dunia pendidikan. Sebenarnya, Chromebook tidak hanya cocok digunakan di dunia pendidikan, melainkan juga bisnis. Setidaknya, ada enam keunggulan yang ditawarkan Chromebook. Apa saja ya?

Baterai awet

Chromebook dikenal akan ketahanan baterainya yang lebih awet. Rata-rata, laptop Chromebook memiliki daya tahan baterai selama sekitar sembilan jam penggunaan. Hal ini sangat penting bagi Anda yang sering mengerjakan tugas atau menyelesaikan pekerjaan di luar kantor, tanpa selalu bergantung pada colokan listrik untuk charge baterai laptop.

Harga terjangkau

Murah tapi tidak murahan. Anda sudah bisa mengantongi Chromebook cukup seharga Rp 3 juta-4 jutaan. Anda sudah bisa memperoleh laptop Acer C7 Chromebook dengan RAM 4 GB dan kapasitas HD 320 GB.

Bandingan dengan laptop-laptop lain yang ada di pasaran, dengan harga berkisar Rp 10 juta sampai 20 juta. Anda diuntungkan bukan, dengan harga yang dibayarkan untuk Chromebook?

Update otomatis

Tanpa perlu repot-repot melakukan update, Chrome OS akan mempermudah pekerjaan Anda. Dengan menggunakan Chrome OS, yang Anda perlu lakukan hanya perlu me-reboot laptop Anda dan Chrome OS akan melakukan tugasnya untuk Anda. 

Bebas virus

Jangan takut laptop Anda terserang virus. Berkat bantuan Linux, laptop Anda terproteksi dengan baik, meski terhubung dengan aplikasi di Android. Mesin pada laptop akan menjaga seluruh data Anda. Katakan selamat tinggal pada virus!

Cloud is everywhere

Di era Internet of Things (IoT), menyimpan data di cloud merupakan hal yang lumrah. Seperti halnya Google Drive, yang memungkinkan Anda menyimpan dan membagikan data dengan mudah. Hal ini tentu akan menjadikan waktu Anda efektif dan efisien, karena Chromebook mendukung penyimpanan data di cloud.

Namun sayangnya, Indonesia masih butuh waktu dua hingga tiga tahun untuk beradaptasi dengan Chromebook. Sebab, infrastruktur Internet di dalam negeri masih belum memungkinkan penggunaan sistem operasi ChromeOS pada Chromebook. ChromeOS memang memiliki mekanisme kerja yang berbeda dari Windows atau MacOS. 

Tertarik untuk menggunakan Chromebook? Atau Anda tetap tak akan move on dari Windows maupun MacBook?

Rekomendasi bacaan:

Tags

Share