Published on

Careers

5 Contoh Laporan Kegiatan beserta Cara Membuatnya

Sartika Nuralifah

H1_5_Contoh_Laporan_Kegiatan_Beserta_Cara_Membuatnya.jpg

Bila kamu pernah terlibat membuat acara atau kegiatan, pasti kamu sudah tidak asing dengan laporan kegiatan. Namun, bagi kamu yang pertama kali ditugaskan untuk membuat laporan kegiatan, wajar jika kamu akan merasa kebingungan. Laporan kegiatan umumnya berisi informasi lengkap seputar kegiatan atau acara yang telah berlangsung sebelumnya. Informasi dalam laporan kegiatan biasanya berisi mulai dari waktu berlangsungnya kegiatan, susunan acara, panitia, anggaran dana hingga kesimpulan. Untuk lebih lengkapnya, simak beberapa contoh laporan kegiatan beserta cara membuatnya di sini!

Baca juga: 3 Contoh Pidato dari Berbagai Tema Beserta Struktur Teks di Dalamnya

Apa itu laporan kegiatan?


Laporan kegiatan sangat penting dibuat ketika kamu membuat kegiatan. Sumber: Pexels

Laporan kegiatan adalah sebuah laporan yang berisi bukti pertanggungjawaban dari sebuah pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang. Semua yang tertulis pada laporan kegiatan dibuat secara rinci. Laporan kegiatan ini biasanya akan dibuat ketika acara atau kegiatan telah selesai dilaksanakan. Dengan membuat laporan kegiatan, nantinya kamu akan lebih mudah mengetahui perkembangan dan proses dari kegiatan yang pernah kamu buat. Hal tersebut berguna untuk perencanaan acara yang akan kamu buat di masa yang akan datang.

Baca juga: 4 Contoh Proposal Penelitian yang Baik dan Benar Beserta Struktur Penulisannya

Fungsi laporan kegiatan


Laporan kegiatan digunakan untuk evaluasi kegiatan yang telah dibuat. Sumber: Pexels

Ada pula beberapa fungsi dari laporan kegiatan yang perlu kamu ketahui. Berikut beberapa fungsi dari laporan kegiatan.

  • Laporan kegiatan berfungsi sebagai bukti pertanggungjawaban dari pelaksanaan sebuah acara atau kegiatan
  • Sebagai bahan evaluasi untuk pelaksanaan acara atau kegiatan selanjutnya
  • Dasar pengambilan kebijakan tertentu

Baca juga: Mengenal Teks Eksplanasi Mulai dari Pengertian Hingga Contohnya

Cara membuat laporan kegiatan


Beberapa langkah perlu kamu tempuh untuk membuat laporan kegiatan. Sumber: Pexels

Bila kamu hendak membuat sebuah acara atau kegiatan, lalu kamu membutuhkan laporan kegiatan sebagai bentuk pertanggungjawaban dan bahan evaluasi, berikut cara membuat laporan kegiatan.

  • Buatlah nama atau judul kegiatan yang akan kamu buat laporan kegiatannya
  • Tambahkan bagian pendahuluan yang berisi latar belakang dari diselenggarakannya kegiatan tersebut
  • Selanjutnya jangan lupa untuk menuliskan tujuan dari dibuatnya kegiatan tersebut
  • Tambahkan dengan rinci informasi seputar kegiatan tersebut. Mulai dari tempat dan tanggal kegiatan hingga anggaran yang dihabiskan saat pembuatan kegiatan tersebut
  • Buat kesimpulan dan penutup dari laporan kegiatan yang kamu buat

Baca juga: Mengenal Apa Itu Teks Anekdot dan 7 Contoh Teks Anekdot

5 Contoh laporan kegiatan


Contoh laporan kegiatan. Sumber: Pexels

Untuk mempermudah kamu mengetahui bentuk laporan kegiatan, berikut terdapat beberapa contoh dari laporan kegiatan.

Laporan Pelatihan

Regular Training

Risk Management

Jakarta, 01-03 Januari 2022

Latar Belakang

Dalam setiap perkembangan bisnis, pasti akan ada risiko yang dihadapi selama proses perjalanan bisnis tersebut. Oleh karena itu, perlu untuk mengidentifikasikan hal-hal apa saja yang mungkin bisa dianggap risiko bisnis sejak saat dini.

Kita harus mengetahui risiko apa saja yang akan timbul dan menganalisisnya. Sehingga ketika masalah itu datang, kita bisa meminimalisirnya seminim mungkin.

Maka dari itu, dibutuhkannya pelatihan manajemen risiko untuk menanggulangi setiap ancaman yang akan datang. Diharapkan melalui pelatihan ini dapat membuat bisnis perusahaan kita menjadi lancar.

Tujuan Pelatihan

Memahami apa itu risk management secara lebih detail dan mampu menganalisis risiko apa saja yang akan muncul di kemudian hari.

Metode Pelaksanaan

Presentasi, Teori Risk Management, Tanya Jawab, Diskusi, dan Studi Kasus.

Waktu dan Tempat

Jakarta, 01-03 Januari 2022, pukul 09.00-16.00 WIB. Bertempat di Pullman Jakarta Central Park.

Peserta Pelatihan

Peserta dari perusahaan PT Angkasa Jaya Jakarta sebanyak 20 peserta.

Materi Pelatihan

  • Risiko murni – risiko yang apabila terjadi akan menimbulkan kerugian secara murni
  • Risiko spekulasi – risiko yang berhubungan dengan kejadian 2 kemungkinan yang akan terjadi
  • Risiko bisnis – risiko yang ditanggung oleh perusahaan terhadap kualitas dan keunggulan di beberapa produk pasar yang dimiliki oleh perusahaan
  • Market risk – risiko yang timbul karena persaingan usaha
  • Credit risk – risiko yang muncul dari perjanjian
  • Risk operasional – risiko yang muncul karena penyimpangan hasil prediksi

Hasil dan Pembahasan

Pada pelatihan kali ini diikuti oleh peserta dari PT Angkasa Jaya Jakarta (Persero) sebanyak 20 peserta. Dengan kebutuhan peserta mengenai pelatihan risk management sebagai studi kasus di PT Angkasa Pura 1. Pemateri, yaitu Bapak Tirtana Brachnata, SE, MM dan Ibu Ika Wulandari, SE, MM sukses mempresentasikan mengenai materi Risk Management dan dapat menyelesaikan masalah di perusahaan PT Angkasa Jaya Jakarta.

Materi mengenai penjelasan apa itu risk management, identifikasi, dan analisis risiko. Pelatihan lebih banyak tentang diskusi dari kasus yang ada di PT Angkasa Jaya Jakarta di bidang konstruksi dikarenakan latar belakang bidang peserta adalah bidang konstruksi.

Dengan kegiatan pelatihan risk management ini, peserta akan ditingkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menganalisis mengenai risk management di perusahan PT Angkasa Jaya Jakarta. Peserta dapat lebih memahami bagaimana menentukan dan merencanakan management di perusahan tersebut.

Penutupan: Kesimpulan dan Saran

Melalui materi yang didapatkan, peserta merasa terbantu dan aktif untuk bertanya kepada instruktur dan berbagi studi kasus yang pernah dan dijalani oleh PT Angkasa Jaya Jakarta. Dikarenakan Angkasa Jaya di Jakarta ini masih terbilang baru dan dalam tahapan pembangunan, maka pelatihan ini akan sangat membantu dalam pelaksanaan pembangunan proyek bandara baru di Jakarta.

Dari pelatihan ini, diharapkan peserta dapat mengerti mengenai manajemen risiko apa saja yang ada di pekerjaannya nanti khususnya di PT Angkasa Jaya Jakarta.

Semoga untuk acara selanjutnya bisa lebih baik dalam penyediaan tempat dan pelaksanaannya agar tepat waktu sesuai dengan yang dijadwalkan.

2. Contoh laporan kegiatan perlombaan

Pendahuluan

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia dan mempererat tali persaudaraan antar karyawan.

Tujuan Kegiatan

  • Melatih kerja sama dan gotong royong antar karyawan PT Mega Bahagia
  • Melatih jiwa bersaing atau kompetitif antar karyawan PT Mega Bahagia
  • Memupuk rasa nasionalisme dan patriotisme karyawan PT Mega Bahagia

Tanggal dan Tempat

Hari: Sabtu, 17 Agustus 2022
Jam: 08:00 – Selesai
Tempat: Kantor PT Mega Bahagia

Penutup

Demikian laporan ini kami buat sebagai bentuk pertanggungjawaban atas diselenggarakannya acara ini. Kegiatan ini berjalan dengan baik sesuai dengan jadwal dan juga rencana yang sudah dibuat.

3. Contoh laporan kegiatan seminar

Laporan Kegiatan Seminar Pelatihan Penggunaan Aplikasi Telegram untuk Bisnis

Tema Kegiatan

Tema kegiatan seminar adalah “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Telegram untuk Bisnis”

Waktu Pelaksanaan

Hari, Tanggal: Minggu, 3 Juni 2022
Waktu: 08.00 – Selesai
Tempat: Laboratorium Bahasa Universitas Negeri Jakarta

Tujuan

Untuk mengetahui aplikasi Telegram dan fitur-fitur di dalamnya
Memanfaatkan aplikasi Telegram untuk memaksimalkan marketing dan bisnis

Materi Seminar

Secara umum, seminar disampaikan oleh CEO Telegram Indonesia, Bapak Mark. Seminar tersebut membahas tentang pemaksimalan aplikasi Telegram sebagai media sosial tidak berbayar untuk mengiklankan produk. Fitur channel pada telegram dapat dimanfaatkan untuk menjaring banyak klien.

Fitur tambahan di Telegram yang dapat digunakan untuk memaksimalkan bisnis adalah bot. Pemakai aplikasi dapat menggunakan bot agar klien atau customer bisa mendapatkan informasi lebih cepat. Grup di Telegram sebagai sarana komunikasi yang dapat menampung hingga ribuan anggota.

Tindak Lanjut

Setelah mengikut kegiatan seminar “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Telegram untuk Bisnis” yang dilakukan peserta adalah membuat akun Telegram. Selain itu, setiap peserta juga memiliki channel dengan pengaturan bot sendiri.

Penutup

Demikian laporan kegiatan hasil seminar Pelatihan Penggunaan Aplikasi Telegram untuk Bisnis ini saya buat sebagai bentuk pertanggungjawaban.

Jakarta, 4 Juni 2022

4. Contoh laporan kegiatan sosialisasi

Laporan Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Hasil Susu Sapi di Peternakan Kaliurang

Latar Belakang

Kegiatan di peternakan dilakukan untuk memperbanyak produk agar bervariasi sekaligus menghasilkan produksi lebih banyak. Peternakan sapi perah berfungsi untuk memenuhi ketersediaan susu sapi. Di samping itu, kegiatan beternak juga menjadi mata pencaharian bagi peternak sapi pada umumnya.

Ketersediaan susu dari sapi perah belum banyak terpenuhi karena kurangnya peternak sapi perah yang paham tentang peternakannya sendiri. Masalah berikutnya adalah kondisi peternak sapi perah yang belum paham informasi cara peningkatan hasil susu. Hal ini menunjukan bahwa untuk beternak sapi perah juga dibutuhkan tenaga yang benar-benar paham mengenai teknik membangun peternakan sapi perah yang baik.

Manajemen pemeliharaan yang benar dalam beternak sapi perah merupakan prioritas utama khususnya mengenai pemerahan. Hal ini ditunjukan secara nyata oleh peternak sapi perah di Kaliurang. Tenaga dari peternakan sapi perah harus dalam kondisi steril ketika akan memerah susu sapi. Tujuannya agar sapi tidak terserang penyakit.

Oleh karena itu, kegiatan sosialisasi bagi para peternak sapi di Kaliurang sangat diperlukan. Para peternak dapat mengetahui seluk beluk peternakan sapi serta mengetahui berbagai proses dan kendala dalam perawatan sapi perah.

Tujuan Kegiatan

  • Mensosialisasikan tujuan melakukan peternakan sapi perah
  • Mengetahui cara beternak sapi perah
  • Mengetahui teknik perawatan, pembibitan, dan perkembangbiakan pada sapi perah
  • Mengetahui kendala yang dialami dan penyakit yang menyerang sapi perah

Pendahuluan

Sapi adalah salah satu mamalia yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Salah satu jenis sapi adalah sapi perah. Di Indonesia terdapat banyak peternakan yang mengembangkan sapi perah sebagai sumber mata pencaharian utama. Ciri-ciri sapi yang ideal untuk diternakkan antara lain umur yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda, kondisi fisiologi baik organ reproduksi berkerja dengan baik (fertil).

Sapi perah di Indonesia berasal dari sapi impor dan hasil dari persilangan sapi impor dengan sapi lokal. Pada tahun 1955, di Indonesia terdapat sekitar 200.000 ekor sapi perah dan hampir seluruhnya merupakan sapi Peranakan Friesian Holstein (PFH) dan keturunannya. Sapi ini banyak dipelihara di Boyolali, Solo, Ungaran, Semarang, dan Yogyakarta. Menurut Badan Standardisasi Nasional, bibit sapi perah Indonesia memang sudah beradaptasi di Indonesia. Ciri yang dimiliki adalah kemampuan produksi sesuai persyaratan.

Peternakan adalah suatu usaha yang dilakukan oleh satu atau beberapa orang untuk memberikan hasil atau keuntungan bagi peternak. Peternakan sapi perah adalah usaha di bidang peternakan yang difokuskan untuk menghasilkan susu dari sapi perah. Agar hasil maksimal, lokasi ideal untuk membangun kandang adalah kawasan yang cukup jauh dari pemukiman. Jarak kandang minimal 10 meter dan terpisah dari rumah.

Pengembangan peternakan yang baik harus memperhatikan ukuran kandang, jumlah sapi per kandang, dan suhu sekitar. Oleh karena itu, sosialisasi cara beternak yang baik perlu diberikan agar hasil semakin baik.

Hasil Kegiatan

Sosialisasi dilakukan dengan narasumber peternak dari Kaliurang, Ibu Damar (pemilik peternakan sapi) pada tanggal 24 Desember  2022 pukul 13.00 – 15.00 WIB di Jl. Kaliurang KM 19,2.

Proses yang dilakukan untuk beternak sapi dengan baik:

  • Pembibitan: dipilih sapi perah yang memenuhi persyaratan mutu sesuai ketentuan Direktorat perbibitan ternak (2014). Untuk memperoleh bibit yang baik, diperlukan pemuliaan dalam satu rumpun atau satu galur (baik pejantan maupun induk yang dikawinkan berasal dari satu rumpun atau galur yang sama). Dalam pemberian pakan, harus diperhatikan kandungan nutrisi pakan (protein, vitamin, mineral dan serat kasar) sesuai kondisi fisiologis ternak.
  • Pemeliharaan: Pemeliharaan pedet betina, pemeliharaan pedet sapi lepas sapih (3-6 bulan), pemeliharaan sapi dara (60-12 bulan), pemeliharaan calon induk (12-15 bulan) berbeda.
  • Perkembangbiakan: menggunakan teknik Inseminasi Buatan (IB) atau kawin suntik.
  • Teknik pemerahan: manual menggunakan tangan dan jari-jari tangan manusia atau secara mekanik.

Kesimpulan

Peternakan bertujuan untuk memperoleh hasil dan keuntungan dari hewan tertentu, contohnya sapi perah. Peternakan sapi perah difokuskan untuk menghasilkan susu sebagai sumber protein, sebagai pemasok susu murni ke beberapa perusahan, dan pupuk kandang sebagai sumber organik bahan pertanian.

Hal-hal yang paling erat dengan budidaya ternak sapi adalah kandang, kesehatan, pemeliharaan, penanganan produksi, dan kebersihan. Peternakan sapi perah mengharuskan pengelolanya dapat melakukan perawatan, pembibitan, dan perkembangbiakan pada sapi perah dengan baik.

5. Contoh laporan kegiatan perjalanan

Laporan Perjalanan Wisata Study Tour SMK Bhakti Kencana

“Pariwisata Kota Surabaya: Monumen Kapal Selam”

Pendahuluan

Latar Belakang

Kota Surabaya merupakan kota yang kaya akan ragam budaya dan sejarah. Maka dari itu, SMK Bhakti Kencana melakukan study tour jarak pendek ke salah satu destinasi wisata, yaitu Monumen Kapal Selam. Lokasi yang strategis membuat destinasi wisata ini mudah dijangkau dari berbagai tempat di Surabaya.

Tujuan

Pelaksanaan study tour ini bertujuan:

  • Mengetahui Monumen Kapal Selam sisa pertempuran laut Aru
  • Sarana pengenalan sejarah yang berbeda
  • Belajar langsung ke lapangan
  • Ajang rekreasi sebelum PAS 2019

Waktu Pelaksanaan

Dilaksanakan pada Kamis, 17 Februari 2022  menuju Monumen Kapal Selam Surabaya.

Peserta Wisata Pariwisata Kota Surabaya

Kegiatan wisata study tour ini diikuti oleh siswa SMK Bhakti Kencana Surabaya kelas X.

Rincian Biaya

Biaya yang harus dipersiapkan setiap siswa sebesar Rp200.000. Jumlah biaya tersebut mencakup:

  • Transportasi sebesar Rp50.000
  • Harga tiket sebesar Rp10.000
  • Konsumsi sebesar Rp100.000
  • Bingkisan menarik Rp40.000

Isi Laporan

A. Laporan perjalanan

Rombongan siswa SMK Bhakti Kencana mengadakan study tour jarak pendek ke Kota Surabaya dengan tema Pariwisata Kota Surabaya. Dilaksanakan pada 17 Februari 2022. Kami menumpangi Bus Pariwisata Argo Mulyo dan ditemani staf guru. Rombongan berangkat pukul 08.00 dan memerlukan waktu tempuh 3 jam untuk sampai ke lokasi pukul 10.00.

B. Objek yang diamati selama perjalanan wisata

Setelah melewati antrean tiket, kami bersama rombongan lainnya dibagi menjadi dua kelompok besar. Kemudian, memasuki beberapa ruangan yang masih diizinkan oleh pengelola untuk disentuh maupun diabadikan lewat foto. Setelah itu, kami berkesempatan melakukan wawancara dengan pihak pengelola untuk menambah pengetahuan tentang monumen bersejarah ini.

Terdapat banyak benda yang bisa kami lihat seperti peralatan tempur, ruang komando, dan pakaian yang digunakan dalam kapal selam. Selain itu, terdapat beberapa gambar para pejuang Indonesia yang gugur dalam pertempuran di laut Aru.

Penutup

A. Simpulan

Study tour ini memberikan banyak pelajaran tentang sejarah dan perjuangan yang tiada henti. Kami sangat bersyukur untuk lahir di Indonesia karena kaya dengan ragam budaya, kuliner, dan sejarah yang bernilai tinggi.

B. Saran

Kami berharap perjalanan ini bisa dilakukan secara rutin setiap tahun dengan tujuan dan tema yang berbeda-beda. Sehingga kesan yang kami terima semakin beragam dan menambah pengalaman.

Baca juga: 5 Contoh Surat Resmi untuk Berbagai Keperluan Beserta Struktur Penulisannya

Demikian informasi mengenai contoh laporan kegiatan beserta cara membuatnya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang belajar bagaimana cara untuk membuat laporan kegiatan.

Sekarang, melamar pekerjaan sangat mudah karena kamu bisa langsung melamar dari rumah dengan menggunakan platform EKRUT. EKRUT punya banyak informasi tentang dunia pekerjaan, lho! Kamu bisa mencari informasi seputar lowongan pekerjaan, diskusi tentang pekerjaan, dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain di EKRUT Media, kamu bisa mendapatkan informasi serta tips menarik dari EKRUT di YouTube EKRUT Official. Yuk, kembangkan kariermu bersama EKRUT! Sign up EKRUT sekarang juga, agar kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang sesuai dengan minat kamu.

Sumber:

  • linovhr.com
  • akupintar.id
  • solopos.com
  • tipskerja.com
  • mamikos.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cara-interview-kerja-yang-baik-EKRUT.jpg

    Careers

    12 Cara Interview Kerja yang Baik Agar Bisa Diterima

    Lita Lia

    06 July 2022
    6 min read
    cover.jpg

    Careers

    12 Contoh Etos Kerja yang Penting Bagi Perkembangan Karier

    Detty Risetya

    06 July 2022
    5 min read
    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    06 July 2022
    6 min read

    Video