Careers

CRM Adalah: Pengertian, Benefit, Tipe, dan 5 Rekomendasi Terbaiknya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Tsalis Annisa

Content Editor who eager to learn more about Marketing

CRM_adalah_EKRUT_.jpg

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan, menggunakan customer relationship management atau CRM adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan. Agar lebih paham, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai CRM yang perlu kamu ketahui.

Apa itu CRM?


CRM adalah salah satu cara untuk menganalisis data pengalaman konsumen. (sumber: pixabay)

Agar bisnis dapat berjalan dengan lancar, suatu perusahaan perlu memastikan hubungannya dengan konsumen berjalan dengan lancar dimana konsumen merasa didengarkan dan perusahaan mampu memberikan solusi yang tepat. CRM atau customer relationship management merupakan gabungan dan strategi, teknologi, dan langkah yang dilakukan perusahaan untuk menganalisis data serta interaksi konsumen melalui pengalaman konsumen menggunakan produk tersebut.

Baca juga: 4 Faktor yang Memengaruhi Customer Satisfaction dan Cara Mengukur Efektivitasnya

Manfaat menggunakan CRM


Manfaat CRM adalah dapat membantu meningkatkan penjualan. (sumber: pexels)

Seperti yang sudah disebutkan, penggunaan CRM dapat meningkatkan bisnis. Adapun manfaat lain dari penggunaan CRM adalah sebagai berikut.

1. Membantu mengkategorikan dan mengidentifikasi leads

Sistem CRM dapat membantu kamu dalam menambahkan, mengidentifikasi, dan mengkategorikan leads dengan lebih cepat serta mudah. Dengan begini, kamu akan lebih mudah dalam memfokuskan prioritas penjualan kepada leads yang tepat. Selain itu, tim marketing juga dapat terbantu dalam mengidentifikasi leads yang dapat berpotensi untuk melakukan pembelian.

2. CRM membantu meningkatkan pelayanan konsumen

Sistem CRM dapat membantu kamu dalam memberikan layanan terbaik yang dicari konsumen. Terlebih lagi konsumen saat ingin mendapatkan pelayanan yang dipersonalisasikan serta cepat. Selain itu, customer service juga dapat lebih mudah dalam melihat catatan interaksi pelanggan serta produk apa yang dipesan sehingga dapat lebih cepat memberikan jawaban yang dibutuhkan pelanggan.

3. Meningkatkan angka referensi

Setelah kamu memberikan pelayanan terbaik dengan memahami konsumen, tak hanya penjualan yang berpotensi untuk meningkat tapi juga angka referensi pelanggan untuk menggunakan produkmu. Tak hanya itu, pelanggan tetap umumnya akan lebih berpotensi melakukan pembelian lebih banyak hingga 33% dibandingkan dengan pelanggan baru.

4. Meningkatkan pelayanan dan produk

Melalui sistem CRM, kamu akan lebih mudah dalam meningkatkan penawaran, meningkatkan produk, dan mengidentifikasi masalah lebih awal. Pasalnya, kamu akan lebih mudah untuk mengetahui bagaimana pendapat konsumen tentang produk kamu.

Baca juga: Apa Itu Customer Experience?, Tujuan, 4 Langkah Penilaiannya

Tipe CRM yang perlu kamu ketahui


Salah satu tipe CRM adalah CRM cloud solutions. (sumber: pexels)

Sekarang kamu sudah tahu apa saja manfaat CRM, bukan? Setidaknya ada sekitar 3 tipe CRM yang perlu kamu ketahui untuk memilih mana yang tepat untuk kamu gunakan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. CRM cloud solutions

Sistem CRM cloud-base menyediakan data real-time selama gawai yang digunakan tersambung dengan internet sehingga akan lebih memudahkan dalam proses pengaksesan data. Meski begitu, CRM tipe ini juga memiliki kekurangan, yaitu ketika perusahaan tutup atau menghadapi akuisisi, akses ke informasi pelanggan dapat terganggu. Selain itu, CRM berbasis cloud juga umumnya memiliki harga yang lebih mahal dibanding dengan tipe lainnya.

2. Software CRM

Software CRM menarik informasi konsumen sehingga akan lebih memudahkan kamu dalam mengakses data konsumen, riwayat interaksi dengan customer service, dan pembelian barang. Tujuannya adalah untuk membuat interaksi menjadi lebih produktif dan efisien. Selain itu, data yang kamu dapatkan ini dapat memudahkan kamu mengantisipasi kebutuhan konsumen, berinteraksi dengan konsumen, dan membantu tim sales untuk melacak performa target.

3. CRM open source

Tipe sistem CRM open source membuat kode sumber tersedia untuk umum, memungkinkan perusahaan untuk membuat perubahan tanpa biaya tambahan. Sistem ini juga memungkinkan penyesuaian serta penambahan data yang dapat membantu perusahaan.

Baca juga: Mau jadi Customer Service andal? Catat 6 cara ini!

5 Rekomendasi CRM


Pilihlah CRM yang tepat untuk bisnismu. (sumber: pixabay)

Tertarik menggunakan CRM untuk bisnismu? Berikut adalah 5 rekomendasi CRM yang bisa menjadi pertimbanganmu.

1. Freshsales

Freshsales dibuat oleh Freshworks. Jika bisnismu termasuk ke dalam usaha berskala kecil, Freshsale mungkin bisa menjadi salah satu pertimbanganmu. Pasalnya, tidak hanya harga paket cukup terjangkau, Freshsales juga menawarkan masa coba gratis selama 21 hari yang bisa kamu gunakan.

2. Hubspot

Selain Freshsales, Hubspot juga menyediakan layanan gratis untuk beberapa fitur standar yang bisa kamu gunakan sebagai bahan pertimbangan. Aplikasi ini juga memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh pemula. Tak hanya menawarkan penggunaan fitur standar gratis, Hubspot juga dapat dihubungkan dengan perangkat email seperti Outlook maupun Gmail. Dengan begini, aktivitas yang kamu lakukan di hubspot dapat secara otomatis tersimpan.

3. Pipedrive

Jika kamu ingin mengelola database pelanggan sekaligus penjualan, maka Pipedrive bisa menjadi pilihanmu. Agar lebih yakin, kamu bisa mencobanya dengan fasilitas free trial yang ditawarkan oleh Pipedrive.

4. Salesforce

Rekomendasi CRM lainnya adalah, Salesforce. Aplikasi ini memiliki begitu banyak fitur menarik yang dikelola secara cloud. Misalnya saja seperti service cloud, sales cloud, marketing cloud, appexchange, salesforce platform. Selain menyediakan free trial 30 hari, Salesforce juga memberikan live demo sehingga kamu bisa memiliki gambaran penggunaannya.

5. Drip

Selain Salesforce, Drip juga memiliki layanan yang lengkap. Tak hanya itu, Drip juga dapat terintegrasi dengan Shopify, WooComerce, dan Magento. Jika Salesforce menyediakan free trial 30 hari, Drip memberikan masa coba 14 hari.

Bagi bisnis suatu perusahaan, konsumen merupakan hal yang sangat penting. Itulah mengapa menjaga hubungan baik dengan konsumen dan memastikan bahwa mereka puas dengan produk serta layanan perusahaanmu.

Menggunakan CRM bisa menjadi salah satu langkah untuk membuat perusahaan menjadi lebih maju, penjualan semakin meningkat. Karena selain dapat membuat konsumen puas dengan pelayanan perusahaan, kamu juga dapat menjual produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan mereka, serta menawarkan produk terbaru untuk mereka. Jadi, CRM mana yang menjadi pilihanmu?

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT OfficialNah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • techtarget.com
  • investopedia.com
  • keap.com
  • creatio.com
  • salesforce.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    Contoh Proposal Usaha Pengajuan Dana Investor Beserta Panduan Menyusunnya

    Felixitas Yolanda

    28 November 2022
    6 min read
    H1_Surat_Dinas.jpg

    Careers

    10 Contoh Surat Dinas dari Berbagai Instansi Beserta Struktur Penulisannya

    Algonz D.B. Raharja

    25 November 2022
    5 min read
    Cover_(1).jpg

    Careers

    Serba-Serbi Virtual Assistant yang Perlu Kamu Ketahui

    Yohanna Valerie Immanuella

    14 November 2022
    6 min read

    Video