Published on

Expert's Corner

5 Contoh CV Programmer 2021 yang profesional dan tips membuatnya

Elisha Nathania

5_Contoh_CV_Programmer_2021_dan_tips_membuatnya.jpg

Programmer merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari perusahaan saat ini. Peminat untuk posisi pekerjaan ini pun tidak kalah banyaknya, karena, berbagai daya tarik yang ditawarkan dari pekerjaan sebagai programmer. Mulai dari prospek karier di masa depan yang cemerlang sampai gaji yang tinggi.

Jika kamu merupakan seorang programmer, kamu perlu mempersiapkan CV programmer sebaik mungkin agar dapat unggul di mata rekruter yang dalam satu harinya bisa menerima ratusan hingga ribuan CV. Mari simak ulasan berikut ini!

Struktur CV Programmer yang ideal dan profesional

Struktur CV Programmer yang ideal dan profesional
Struktur CV yang benar akan membantu pekerjaan rekruter juga - sumber gambar: pexels.com

Supaya CV programmer yang kamu buat dapat terlihat unggul dan profesional, kamu perlu memerhatikan hal-hal apa saja yang kamu cantumkan pada CV programmer dan tentu saja struktur penulisannya. 

1. Urutan penulisan

Urutan penulisan CV programmer yang ideal adalah mengurutkannya dari pengalaman dan pendidikan yang paling terbaru. Hal ini sangat penting, karena akan menghemat waktu dari rekruter dan langsung menonjolkan pengalaman kerja terakhir kamu. Jika kamu merupakan programmer pemula, letakkan riwayat pendidikan di atas pengalaman kerja. 

2. Menuliskan rangkuman CV dan tujuan karier

Idealnya, dalam sebuah CV programmer yang profesional terdapat rangkuman singkat dari dirimu yang sekaligus menjelaskan tujuan karier secara keseluruhan. Hal ini akan diperhatikan oleh rekruter karena mereka akan mendapatkan gambaran singkat tentang dirimu dan memutuskan apakah kamu kandidat yang cocok. Berikut penulisan rangkuman CV programmer yang bisa kamu contoh:

“Seorang programmer dengan dua tahun pengalaman, yang dapat mengembangkan solusi dengan efisien. Tertarik mengembangkan karier di perusahaan yang berfokus pada CGI dengan memanfaatkan keahlian programming yang sudah dimiliki untuk mengembangkan aplikasi virtual, augmented untuk mendukung perusahaan bersaing dengan generasi mendatang.”

Berikut adalah contoh penulisan rangkuman CV programmer yang tidak boleh kamu terapkan:

“Seorang lulusan sarjana di bidang computer engineering. Memiliki kemampuan bahasa pemrograman C++, tertarik bekerja di bidang IT.”

Dari dua contoh rangkuman pada CV programmer di atas, kamu bisa melihat perbedaannya. Contoh yang pertama memberikan gambaran secara jelas kemampuan apa yang dimiliki kandidat, tujuan karier dan apa yang bisa dia berikan untuk perusahaan. Sedangkan, pada contoh yang kedua, kandidat kurang mendefinisikan dirinya dan tentunya tidak menonjolkan apa yang bisa dia berikan untuk perusahaan yang dilamar.

3. Menuliskan deskripsi pengalaman

Jangan berfokus hanya pada job description kamu sebelumnya, tapi apa yang sudah kamu capai sepanjang perjalanan karier kamu. Jika memiliki pengalaman sebagai freelancer, magang atau relawan, kamu bisa mencantumkannya asalkan berhubungan. Berikut deskripsi pengalaman kerja yang bisa kamu contoh:

Java Programmer
PT EKRUT Teknologi Utama
2020-Present

  • Mengembangkan 10 aplikasi dalam 1 tahun bekerja.
  • Melakukan supervisi terhadap 10 anggota tim dalam melakukan testing, review dan analisis.
  • Mengembangkan alat test automation yang dapat mempercepat kinerja sampai dengan 50%.
  • Memimpin rapat dengan tim bisnis, tim technical dan stakeholder terkait.

Baca juga: Tips membuat portofolio programmer 

5 Contoh CV Programmer 2021

5 Contoh CV Programmer 2021
CV Programmer berikut bisa menjadi panduanmu - sumber gambar: pexels.id

Pekerjaan programmer memiliki berbagai konsentrasi. Beberapa CV programmer di bawah ini dapat memberikan kamu gambaran, bagaimana CV programmer yang sesuai dengan bidang kamu. 

1. Contoh CV Programmer: Software Engineer

Contoh CV Programmer: Software Engineer
Sumber: resumelab.com 

2. Contoh CV Programmer: Front-End Developer

Contoh CV Programmer: Front-End Developer
Sumber: beamjobs.com 

3. Contoh CV Programmer: Java Full-Stack Developer

3. Contoh CV Programmer: Full-Stack Developer
Sumber: beamjobs.com 

4. Contoh CV Programmer: Data Engineer

Contoh CV Programmer Data Engineer
Sumber: beamjobs.com 

5. Contoh CV Programmer: DevOps Engineer

Contoh CV Programmer: DevOps Engineer
Sumber: DevOps Engineer 

Tips membuat CV Programmer

Tips membuat CV Programmer
Lakukan riset dan mencari tahu tips membuat CV Programmer akan membantumu menemukan versi yang ideal - EKRUT

Berikut beberapa tips yang bisa bermanfaat saat kamu membuat CV:

  • Pilihlah informasi apa yang ingin kamu cantumkan. Tentunya, tidak semua pengalaman dan keahlian perlu kamu cantumkan. Luangkan waktu untuk membuat daftar pengalaman dan keahlianmu sebagai programmer sebelum dicantumkan pada CV.
  • Berikan informasi sedetail mungkin. Berdasarkan informasi yang sudah dipilih, buatlah deskripsi sedetail mungkin. Seperti bahasa pemrograman apa yang biasa kamu pakai, berapa project dan apa saja yang sudah kamu selesaikan beberapa tahun belakangan.
  • Tunjukan pencapaian kamu. Berikan jumlah yang konkrit dari pencapaianmu selama bekerja. Misalnya, menyelesaikan 10 aplikasi dalam 1 tahun.
  • Tunjukan pengalaman sebagai pemimpin. Jika kamu merupakan seorang programmer berpengalaman dan ingin mendapatkan peluang karier yang lebih tinggi, rekruter perlu melihat kemampuan memimpin kamu. Jadi jelaskan secara detail pengalaman memimpinmu, ya!
  • Tonjolkan kemampuan problem solving kamu. Menjadi programmer artinya bisa menyelesaikan masalah. Jelaskan bagaimana kamu menggunakan kemampuan pemrograman untuk menyelesaikan masalah.
  • Berikan bukti dari kualifikasi atau pencapaian yang kamu cantumkan. Jika kamu memiliki bukti dari kualifikasi seperti nomor sertifikat, kamu juga bisa mencantumkannya supaya bisa membuat rekruter yakin akan kemampuanmu.
  • Jangan menggunakan ukuran tulisan yang terlalu kecil. Tentu saja, hal ini supaya CV kamu tidak sia-sia karena tidak terbaca oleh rekruter.

Untuk mendapatkan pekerjaan sebagai programmer, kamu juga bisa mendaftarkan diri kamu di EKRUT secara mudah dan gratis. Tidak perlu melamar ke berbagai perusahaan, karena perusahaan yang akan melamar kamu. 

Bersaing untuk mendapatkan pekerjaan sebagai programmer memang tidak mudah. Tapi, bukan berarti tidak mungkin. Asalkan, kamu mempersiapkan diri mulai dari hal-hal yang mendasar seperti CV programmer. Selamat mempersiapkan CV terbaikmu!

sign up EKRUT

Sumber:

  • resumelab
  • beamjobs
  • zety
  • myperfectresume

Tags

Share