Media

Data scientist, apa itu?
By Maria Yuniar - 17 August 2018
4 min read 315 Views

Untuk terus berkembang dan memenuhi kebutuhan pasar, banyak perusahaan teknologi kini mencari data scientist yang bertalenta. Sayangnya, minat perusahaan yang tinggi tak sebanding dengan ketersediaan sumber dayanya di masyarakat.

Bila kamu tertarik untuk menjadi seorang data scientist, ada informasi yang harus kamu ketahui terlebih dahulu. Berikut ini lima hal yang layak kamu simak mengenai data scientist.

 

Komponen dasar

Data scientist membutuhkan sejumlah komponen dasar untuk bekerja, yaitu ketersediaan data, riset, insight, serta rekomendasi. Advisor Data Science KoinWorks Rifan Kurnia mengatakan riset, insight, dan rekomendasi merupakan produk akhir yang dihasilkan sebagai value, antara lain dari data. Kemudian, data yang sudah dikumpulkan akan digunakan untuk membangun machine learning.

 

Keahlian

Seorang data scientist setidaknya harus memiliki tiga keahlian, yaitu matematika, pemrograman, dan bisnis. Dengan menguasai ilmu matematika, seorang data scientist diharapkan ahli di bidang statistik. Sementara itu, dengan memahami programming secara mendalam, data scientist pasti memiliki skill tinggi di bidang computer science, software engineering, serta systems development. Nah, lalu kenapa data scientist harus menguasai bisnis juga ya? Sebab data scientist dalam pekerjaannya, pasti bersinggungan dengan hal-hal di bidang ekonomi, finansial, pemasaran, operasional, hingga manajemen.

 

Cakupan kerja

Mungkin kamu mengira, data scientist sama dengan data analyst. Kedua profesi ini sebenarnya berbeda, meski tugasnya bersinggungan. Data analyst biasanya hanya bertugas melakukan analisis data. Sementara itu, seorang data scientist selain menganalisis data, juga melakukan eksperimen dan pembuktian. 

 

Bisnis perusahaan

Apa sih pentingnya bagi seorang data scientist untuk memahami bisnis perusahaan tempatnya bekerja? Dengan memahami bisnis, data scientist bisa menyampaikan rekomendasi strategi bagi perusahaan, berdasarkan analisis data yang dibuat. Ternyata, bukan cuma perusahaan di bidang teknologi lho, yang membutuhkan kehadiran seorang data scientist. Saat ini peran data scientist juga banyak dicari di sektor perbankan, media, kesehatan, pendidikan, hingga olah raga.

 

Riset independen

Perekrut biasanya mencari kandidat data scientist yang memiliki pengalaman dalam melakukan riset secara independen. Salah satunya dengan melihat gelar akademis kandidat. Selain itu, perekrut akan mempertimbangkan pengalaman riset kandidat dalam dunia pekerjaan, misalnya rekam jejak sebagai research scientist. 

Dengan mengetahui seluk-beluk profesi seorang data scientist, apakah kamu tertarik menjadi salah satunya? Temukan peluangnya dengan bergabung di talent marketplace EKRUT. Hanya dengan satu kali registrasi, profilmu akan dilihat ratusan perusahaan yang menawarkan banyak peluang di bidang IT, termasuk data scientist. 

 

Rekomendasi bacaan:
7 skill untuk jadi product manager
5 jurusan kuliah buat berkarier di bidang IT
Bagaimana cara menjadi data analyst?

 

Sumber:
dailysocial.id
dailysocial.id
techinasia.com

Tags:

  • IT
  • perusahaan
  • data analyst
  • data scientist
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang