Published on

Technology

Apa Itu Database? Berikut Pengertian, Manfaat, Jenis, serta Fungsinya

Ningtyas Dewanasari Kinasih

Apa_itu_Database-Berikut_Pengertian__Manfaat__Jenis_Serta_Fungsinya.jpg

Di era digital seperti sekarang ini, database adalah salah satu bagian yang memiliki peranan penting. Dalam mengoperasikan berbagai perangkat keras seperti laptop, komputer, handphone, dan lainnya, database memiliki peranan penting. Komputer akan kehilangan sebagian besar fungsi tanpa adanya database. Baik untuk kebutuhan pekerjaan atau individu, komputer seringkali digunakan sebagai tempat penyimpanan informasi yang dapat diandalkan. Dengan begitu, penting untuk kamu memahami berbagai jenis dan fungsi database yang ada. Untuk lebih memahami mengenai database, ketahui pengertian, manfaat, berbagai jenis, dan fungsinya berikut ini.

Baca juga: 7 Jenis sistem operasi komputer beserta cara kerjanya

Apa itu database?


Database adalah kumpulan terorganisasi dari informasi yang terstruktur. (Sumber: Pexels)

Dilansir dari oracle.com, database adalah kumpulan terorganisasi dari informasi terstruktur, biasanya disimpan secara elektronik dalam sistem komputer. Umumnya, sebuah database dikendalikan oleh database management system (DBMS). Data dan DBMS, bersama dengan aplikasi terkait, disebut dengan sistem database atau database.

Lebih lanjut, database adalah informasi yang diatur agar mudah diakses, dikelola, dan diperbaharui. Database komputer sendiri biasanya menyimpan kumpulan catatan data atau file, seperti transaksi penjualan, data pelanggan, keuangan, hingga informasi produk.

Model operasi yang paling umum digunakan database adalah baris dan kolom dalam serangkaian tabel untuk membuat proses dan kueri data menjadi efisien. Dengan begitu, data dapat lebih mudah untuk diakses, dikelola, diperbarui, dan diatur. Sebagian besar database menggunakan structured query language (SQL) untuk menulis dan meminta data.

Baca juga: 3 Software database management yang populer

Manfaat database


Salah satu manfaat database adalah melacak informasi pelanggan. (Sumber: Pexels)

Database memiliki manfaat yang sangat penting, terutama untuk menyimpan, memelihara, dan mengakses berbagai jenis data yang kamu perlukan. Kamu bisa mengumpulkan informasi mengenai data karyawan, tempat, hingga inventaris. Informasi tersebut dikumpulkan dalam satu wadah sehingga dapat diakses, diamati, dan dianalisis dengan mudah.

Dalam bisnis, database adalah bagian penting, salah satunya untuk membuat keputusan. Adapun manfaat database, antara lain:

  • Melacak pelanggan. Database adalah tempat untuk menyimpan berbagai informasi, salah satunya adalah data konsumen. Sebagai contohnya, media sosial menggunakan database untuk menyimpan informasi pengguna. Data tersebut digunakan untuk merekomendasikan konten kepada pengguna.
  • Manfaat lain database adalah dapat meningkatkan performa bisnis. Perusahaan dapat mengumpulkan data mengenai proses bisnis, pesanan, dan pelayanan konsumen. Menganalisis data tersebut memperluas bisnis dan meningkatkan pendapatan.
  • Kegunaan database adalah dapat menyimpan informasi atau data pribadi. Misalnya, penyimpanan cloud pribadi yang disediakan untuk pengguna individu dimana kamu bisa menyimpan media, seperti foto, video, dan lainnya.
  • Manfaat penting lainnya dari database adalah dapat mengamankan informasi kesehatan pribadi. Penyedia layanan kesehatan menggunakan database untuk menyimpan data kesehatan pribadi pasien dengan aman dan lebih cepat diakses.

Baca juga: Mengupas tugas dan tanggung jawab database administrator

Jenis dan fungsi database


Database terdiri dari beberapa jenis dan fungsi. (Sumber: Pexels)

Terdapat berbagai jenis database yang berbeda. Database terbaik untuk setiap perusahaan atau kebutuhan tentunya bergantung pada tujuan dari penggunaan data itu sendiri. Beberapa klasifikasi jenis database adalah numerik, gambar, full text, dan bibliographic.

Sedangkan dalam computing, database sering diklasifikasikan berdasarkan pendekatan perusahaan yang digunakan. Berikut ini beberapa jenis database.

1. Operational database

Jenis pertama database adalah operational database yang dikenal juga dengan sebutan On Line Transaction Processing. Fungsi operational database adalah sebagai tempat pengelolaan data dinamis secara langsung atau real-time. Database operasional berperan penting menganalisis bisnis dan data pergudangan. Kelebihan operational database adalah memungkinkan kamu untuk menambah, mengedit, dan menghapus data kapan saja.

  • JSON

Javascript Object Notation atau JSON adalah format dokumen yang menggunakan teks untuk mengirim data. Sinkronisasi data dapat dilakukan secara langsung dengan JSON.

  • XML

XML database adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menyimpan informasi dalam jumlah besar dengan format XML. Perangkat tersebut menyediakan tempat untuk menyimpan dokumen XML dengan aman. Kamu bisa meminta data untuk disimpan dengan menggunakan XQuery, serial, dan diekspor ke format yang diinginkan. XML biasanya diasosiasikan dengan database berorientasi dokumen.

2. Database warehouse

Jenis lain dari database adalah database warehouse yang biasanya digunakan untuk melakukan analisis serta pelaporan data. Jenis ini dapat dikatakan sebagai komponen inti dari business intelligence. Warehouse database adalah repositori pusat untuk data yang dirancang khusus untuk kueri dan analisis cepat.

  • Microsoft SQL server

Microsoft SQL server adalah database yang berfungsi untuk menyimpan dan mengambil data sesuai dengan permintaan aplikasi lainnya. Perangkat ini dapat dijalankan melalui komputer yang sama atau berbeda dengan menggunakan jaringan internet.

3. Distributed database

Distributed database adalah database yang tersebar di beberapa perangkat. Informasi tidak hanya disimpan dalam satu perangkat saja, melainkan beroperasi di beberapa mesin, seperti komputer yang berbeda dalam lokasi yang sama atau di seluruh jaringan. Meningkatkan kecepatan, kemudahan ekspansi, dan dapat diandalkan menjadi manfaat dari database ini.

  • Microsoft access (office)

Microsoft access adalah program aplikasi berbasis data komputer yang dapat digunakan sesuai kebutuhan, baik individu atau perusahaan. Aplikasi ini biasanya sudah ada dalam perangkat apabila kamu memiliki akses Microsoft Office lengkap. Program tersebut dapat mengolah data yang disimpan pada semua wadah database. Konektivitas dengan aplikasi lain, membuat microsoft access sering digunakan oleh programer.

4. Relational database

Relational database adalah salah satu jenis database utama yang dapat menyimpan informasi terstruktur tentang data lainnya. Jenis ini mampu mengorganisasi data berdasarkan model hubungan data. Selain itu, relational database juga banyak digunakan software untuk mengatur dan memelihara informasi.

  • MySQL

MySQL adalah sistem manajemen open source relational database berbasis SQL. Program ini dirancang dan dioptimalkan untuk aplikasi web dan dapat berjalan di platform manapun. MySQL banyak digunakan oleh web developer dan aplikasi berbasis web. Hal tersebut karena program ini didesain untuk memproses jutaan kueri dan ribuan transaksi yang masuk. MySQL merupakan pilihan populer untuk bisnis ecommerce.

  • PostgreSQL

Program ini dapat menyimpan informasi data secara aman, serta mengembalikan data melalui respon dari aplikasi lain. PostgreSQL dapat digunakan oleh aplikasi mesin tunggal kecil dan aplikasi internet besar.

  • MongoDB

MongoDB adalah program manajemen database open source NoSQL yang digunakan sebagai alternatif untuk relational database. Program ini berguna untuk bekerja dengan kumpulan data yang terdistribusi. Selain itu, MongoDB adalah program yang dapat mengelola informasi berorientasi dokumen, menyimpan, atau mengambil informasi.

  • MariaDB

Sistem ini dikembangkan oleh MysQL yang mana bertujuan untuk mempertahankan kompatibilitas data MySQL.

Baca juga: Computational Thinking: Pengertian, 4 Landasan, Manfaat, dan Contohnya

Database adalah bagian penting bagi individu atau perusahaan yang berhubungan dengan pengolahan data. Kebutuhan akan database dapat berbeda-beda, sehingga kamu dapat memilih jenis yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan. Pengelolaan data yang baik memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menganalisis bisnis.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • oracle.com
  • katadata.com
  • techtarget.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video