Media

Daya tarik startup baru sebagai tempat kerja
By Widyanto Gunadi - 1 October 2018
338 Views

Ketika masih duduk di bangku kuliah, Anda mungkin berpikiran ingin bekerja dengan gaji tinggi di korporasi atau badan usaha milik negara (BUMN) dan memiliki jenjang karir yang jelas. Padahal bekerja bukan hanya tentang gaji dan nama besar perusahaan. Memang, orang-orang mungkin lebih memandang Anda, jika Anda bekerja di perusahaan-perusahaan ternama, dibandingkan startup. Namun sebenarnya, bekerja di perusahaan rintisan atau startup, banyak manfaatnya lho untuk Anda! Apalagi di startup yang masih baru. Apa saja sih keuntungannya?

 

Kontribusi lebih dihargai dan ikut membawa perubahan

Di perusahaan besar, kontribusi Anda belum tentu dilihat jika tidak menyandang level direktur. Berbeda halnya dengan bekerja di startup. Jumlah karyawan yang relatif sedikit, membuat sistem kerja dan setiap gerakan Anda bermakna. Anda bisa berkontribusi dengan memberikan terobosan. 

Pada perusahaan dengan jumlah karyawan yang mencapai ratusan bahkan ribuan, sedikit kesalahan masih bisa ditutupi dengan sistem yang ada. Selain itu, gerak-gerik Anda belum tentu diketahui rekan-rekan kerja sekantor, karena banyaknya divisi. Di startup, setiap tindakan yang Anda buat, akan memberikan perubahan, baik kecil maupun besar. 

 

Mengasah kreativitas

Mau memberikan inovasi dan kreativitas pada perusahaan? Bekerja di startup bisa jadi pilihan. Startup sangat mengutamakan kreativitas. Sebab, perusahaan rintisan senantiasa menerima ide dari berbagai pihak tanpa memandang posisi dan jabatan. Walaupun masih berada pada level pemula sekalipun, Anda tetap bebas menyampaikan gagasan. Proses kreatif di startup pun biasanya didukung berbagai fasilitas yang membuat para pekerjanya nyaman. 

 

Melatih mental

Tidak hanya kreativitas yang terasah, tetapi kemampuan mental Anda juga lebih berkembang lho. Anda pun punya tanggungjawab yang cukup besar, karena ikut menentukan kelangsungan bisnis startup tempat Anda bekerja. Di sinilah mental Anda diuji, untuk berani mengambil berbagai risiko. Pengalaman dan kemampuan Anda menyelesaikan persoalan dan mengambil risiko, pasti akan berguna di masa depan. 

 

Lingkungan kerja yang menyenangkan

Anda bisa menemukan lingkungan kerja yang penuh dengan inovator, energi positif, serta pikiran terbuka di startup. Sebab, setiap orang bekerja sesuai dengan minat masing-masing, tentunya dengan impian untuk memajukan perusahaan. Anda pun dapat mencoba setiap ide kreatif untuk mencari formula yang tepat bagi perusahaan. 

Nah, setelah mengetahui manfaat bekerja di startup baru, apakah Anda tertarik menjadi bagian di dalamnya? Untuk mencari berbagai peluang bergabung dengan startup, silakan kunjungi EKRUT.  Ada banyak startup yang mencari kandidat berkualitas, seperti Anda!

 

Rekomendasi bacaan:
Ayo kenali talent marketplace, untuk cepat dapat pekerjaan
Apa sih bedanya rekrutmen zaman dulu dan sekarang?
5 medsos ini paling banyak diakses di Indonesia

 

Sumber:
hackernoon.com
glints.id
jarvis-store.com
popbela.com
 

Tags:

  • EKRUT
  • startup
  • perusahaan rintisan
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang