Media

Di balik strategi flash sale Xiaomi
By Widyanto Gunadi - 20 June 2018
109 Views

Bagi Anda penggemar smartphone, khususnya Xiaomi, tentunya sudah tidak asing lagi dengan flash sale. Strategi pemasaran satu ini, memang kerap digunakan Xiaomi untuk memasarkan produk ponsel terbaru mereka. Kenapa Xiaomi hobi flash sale ya? Ternyata, ini alasannya!

 

Rantai pasokan kecil

Analis industri ponsel, Pan Jiutang menyebut Xiaomi memiliki rantai pasokan yang masih tergolong kecil. Akibatnya, pabrikan ponsel asal Tiongkok ini pastinya akan kesulitan memenuhi permintaan pelanggan dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, Xiaomi pun menerapkan strategi flash sale. Dengan strategi ini, pasokan yang ada di pasaran pun akan dengan cepat habis, selagi perusahaan menyiapkan stok baru. 

 

 

Diversifikasi produk

Meski rantai pasokannya terbatas, bukan berarti produk Xiaomi tidak laku di pasaran. Sembari menambah rantai pasokan, Xiaomi juga melakukan diversifikasi produk. Mengingat stok di pasaran selalu habis cepat ketika flash sale, maka diversifikasi produk ini diharapkan mampu menjaga minat beli pelanggan. Dengan pilihan produk yang semakin beragam, tentunya membuat flash sale menjadi momen yang semakin ditunggu, bukan?

 

 

Jaga momentum penjualan

Alasan lain Xiaomi menggunakan flash sale adalah untuk menjaga momentum penjualan produk. Sebab sesungguhnya, minimnya rantai pasokan bisa berdampak buruk terhadap penjualan produk baru. Oleh karena itu, Xiaomi menjadikan flash sale sebagai pilihan untuk tetap menjaga momentum itu.

 

 

Siasati kekurangan pasokan

Snapdragon 845 masih merupakan produk Xiaomi terlaris di pasaran hingga kini. Banyak sekali jumlah permintaan pelanggan untuk produk ini. Strategi flash sale digunakan Xiaomi supaya dapat memenuhi semua permintaan tersebut, sekaligus menghindari kegagalan pengiriman produk ke tangan pelanggan.

 


Sumber: Twitter

 

Imbangi para pesaing

Strategi flash sale juga diterapkan Xiaomi untuk mengimbangi para pesaingnya. Xiaomi menyadari, rantai pasokan mereka kalah dari Huawei, Apple, dan Samsung. Ketiga perusahaan itu memiliki rantai pasokan, dengan jumlah jauh lebih besar dibandingkan Xiaomi. Samsung mempunyai setidaknya sepuluh juta unit rantai pasokan untuk produk terbarunya. Oleh sebab itu, Xiaomi yakin, flash sale menjadi strategi efektif untuk tetap bersaing dengan jumlah penjualan produk di pasaran.

 

 

Anda mungkin kerap melihat flash sale Xiaomi di sejumlah platform e-commerce belakangan ini. Semoga artikel di atas bisa menjawab rasa penasaran Anda terhadap strategi Xiaomi tersebut ya.

 

Rekomendasi bacaan:
Sederetan skill yang harus dikuasai dalam digital marketing, apa saja sih?
Jadi software engineer tanpa gelar IT? Bisa kok!
Selamat tinggal liburan dan Yahoo Messenger

 

Sumber:
kompas.com
tribunnews.com
grid.id
tirto.id
 

Tags:

  • flash sale
  • Xiaomi
  • smartphone
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang