Technology

Di balik strategi flash sale Xiaomi

Published on
Min read
0 min read
time-icon
Widyanto Gunadi

Content writer

e-commerce-1606962__340.png

Bagi Anda penggemar smartphone, khususnya Xiaomi, tentunya sudah tidak asing lagi dengan flash sale. Strategi pemasaran satu ini, memang kerap digunakan Xiaomi untuk memasarkan produk ponsel terbaru mereka. Kenapa Xiaomi hobi flash sale ya? Ternyata, ini alasannya!

 

Rantai pasokan kecil

Analis industri ponsel, Pan Jiutang menyebut Xiaomi memiliki rantai pasokan yang masih tergolong kecil. Akibatnya, pabrikan ponsel asal Tiongkok ini pastinya akan kesulitan memenuhi permintaan pelanggan dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, Xiaomi pun menerapkan strategi flash sale. Dengan strategi ini, pasokan yang ada di pasaran pun akan dengan cepat habis, selagi perusahaan menyiapkan stok baru. 

 

 

Diversifikasi produk

Meski rantai pasokannya terbatas, bukan berarti produk Xiaomi tidak laku di pasaran. Sembari menambah rantai pasokan, Xiaomi juga melakukan diversifikasi produk. Mengingat stok di pasaran selalu habis cepat ketika flash sale, maka diversifikasi produk ini diharapkan mampu menjaga minat beli pelanggan. Dengan pilihan produk yang semakin beragam, tentunya membuat flash sale menjadi momen yang semakin ditunggu, bukan?

 

 

Jaga momentum penjualan

Alasan lain Xiaomi menggunakan flash sale adalah untuk menjaga momentum penjualan produk. Sebab sesungguhnya, minimnya rantai pasokan bisa berdampak buruk terhadap penjualan produk baru. Oleh karena itu, Xiaomi menjadikan flash sale sebagai pilihan untuk tetap menjaga momentum itu.

 

 

Siasati kekurangan pasokan

Snapdragon 845 masih merupakan produk Xiaomi terlaris di pasaran hingga kini. Banyak sekali jumlah permintaan pelanggan untuk produk ini. Strategi flash sale digunakan Xiaomi supaya dapat memenuhi semua permintaan tersebut, sekaligus menghindari kegagalan pengiriman produk ke tangan pelanggan.

 


Sumber: Twitter

 

Imbangi para pesaing

Strategi flash sale juga diterapkan Xiaomi untuk mengimbangi para pesaingnya. Xiaomi menyadari, rantai pasokan mereka kalah dari Huawei, Apple, dan Samsung. Ketiga perusahaan itu memiliki rantai pasokan, dengan jumlah jauh lebih besar dibandingkan Xiaomi. Samsung mempunyai setidaknya sepuluh juta unit rantai pasokan untuk produk terbarunya. Oleh sebab itu, Xiaomi yakin, flash sale menjadi strategi efektif untuk tetap bersaing dengan jumlah penjualan produk di pasaran.

 

 

Anda mungkin kerap melihat flash sale Xiaomi di sejumlah platform e-commerce belakangan ini. Semoga artikel di atas bisa menjawab rasa penasaran Anda terhadap strategi Xiaomi tersebut ya.

 

Sumber:
kompas.com
tribunnews.com
grid.id
tirto.id
 

0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read
    H1_seo_youtube.jpg

    Technology

    Panduan SEO YouTube Terbaru untuk Tingkatkan Video

    Nurina Ulfah

    23 November 2022
    6 min read
    H1_Artificial_Intelligence.jpg

    Technology

    Artificial Intelligence (AI): Definisi, Cara Kerja, dan Contohnya

    Natasya Primatyassari

    17 November 2022
    5 min read

    Video