Published on

startup

Penipuan Flash Sale, Tokopedia Merumahkan Puluhan Karyawan

Maria Yuniar

flash_sale.jpg

Salah satu unicorn di Indonesia, Tokopedia, pada 24 Agustus lalu dikabarkan merumahkan puluhan karyawan. Startup marketplace ini memberhentikan mereka yang diduga terlibat penipuan pada flash sale selama 15-17 Agustus 2018. Seperti apa aksi para karyawan tersebut dan sejauh apa tindakan yang ditempuh Tokopedia?

 

Rugikan pelanggan

Tokopedia pada 15-17 Agustus lalu melangsungkan kampanye flash sale. Melalui kegiatan promo ini, para pelanggan seharusnya bisa membeli berbagai barang dengan harga murah, pada pukul 09.00-21.00. Namun sangat disayangkan, akibat perbuatan tak terpuji sejumlah karyawan Tokopedia, seperti dilansir Tech in Asia Indonesia, para pengguna tidak bisa mendapatkan barang-barang tersebut. Dugaan kecurangan tersebut bahkan melibatkan karyawan senior Tokopedia, yang juga kena pemutusan hubungan kerja (PHK)

 

Tokopedia tak beri toleransi 

Head of Corporate Communications Tokopedia, Priscilla Anais, telah memberikan konfirmasi terhadap kabar pemecatan tersebut. Kepada Tech in Asia Indonesia, ia mengatakan, sejak berdiri, Tokopedia percaya, bahwa membangun bisis sebenarnya adalah soal membangun kepercayaan. Tokopedia pun menyatakan, kegagalan dalam menjaga kepercayaan, berarti gagal menjaga integritas. "Tokopedia tidak memberikan ruang toleransi untuk individu yang menyalahgunakan kepercayaan dan/atau gagal menjaga integritas," kata Priscilla melalui keterangan resmi.

 

Peringatan dari CEO

Seperti diberitakan Tech in Asia, Chief Executive Officer (CEO) Tokopedia, William Tanuwijaya mengirimkan email kepada seluruh karyawannya. Isinya, mengingatkan para karyawan untuk selalu menjaga integritas dan kepercayaan.

 

Flash sale tetap digelar

Meski telah mendapati adanya dugaan praktik penipuan para karyawannya, Tokopedia hingga hari ini tetap menggelar promo flash sale. Ada 91 barang yang ditawarkan dengan beragam potongan harga, hingga 80 persen. Tiga jam menjelang berakhirnya flash sale, setidaknya sudah ada 16 jenis barang yang habis terjual. Yang sudah tidak tersedia ini kebanyakan merupakan barang-barang dengan potongan harga di atas 30 persen. Termasuk di dalamnya, jam tangan Casio original.

Apakah kamu termasuk pelanggan setia Tokopedia yang selalu berpartisipasi pada flash sale? Bagaimana pendapatmu terhadap kasus dugaan penipuan ini?

Sumber:
techinasia.com
tokopedia.com
 

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_1._Startup_Adalah_Definisi__Cara_Kerja__Kelebihan-Kekurangan__dan_6_Tipe_Perusahaannya.jpg

startup

Startup Adalah: Definisi, Cara Kerja, Kelebihan-Kekurangan, dan 6 Tipe Perusahaannya

Anisa Sekarningrum

28 April 2022
5 min read
H1_ojk_adalah.jpg

startup

Mengenal Apa itu OJK? Mulai dari Tujuan, Peran, Fungsi, dan 4 Wewenangnya

Alvina Vivian

08 April 2022
5 min read
pexels-fauxels-3184292.jpg

startup

Perencanaan Strategis: Definisi, Komponen, dan 3 Manfaatnya

Chrissila Jessica

18 March 2022
4 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read