Media

Diduga terlibat penipuan flash sale, puluhan karyawan Tokopedia dirumahkan
By Maria Yuniar - 27 August 2018
3 min read 287 Views
Flash sale Tokopedia (tokopedia.com)
Flash sale Tokopedia (tokopedia.com)

Salah satu unicorn di Indonesia, Tokopedia, pada 24 Agustus lalu dikabarkan merumahkan puluhan karyawan. Startup marketplace ini memberhentikan mereka yang diduga terlibat penipuan pada flash sale selama 15-17 Agustus 2018. Seperti apa aksi para karyawan tersebut dan sejauh apa tindakan yang ditempuh Tokopedia?

 

Rugikan pelanggan

Tokopedia pada 15-17 Agustus lalu melangsungkan kampanye flash sale. Melalui kegiatan promo ini, para pelanggan seharusnya bisa membeli berbagai barang dengan harga murah, pada pukul 09.00-21.00. Namun sangat disayangkan, akibat perbuatan tak terpuji sejumlah karyawan Tokopedia, seperti dilansir Tech in Asia Indonesia, para pengguna tidak bisa mendapatkan barang-barang tersebut. Dugaan kecurangan tersebut bahkan melibatkan karyawan senior Tokopedia, yang juga kena pemutusan hubungan kerja (PHK)

 

Tokopedia tak beri toleransi 

Head of Corporate Communications Tokopedia, Priscilla Anais, telah memberikan konfirmasi terhadap kabar pemecatan tersebut. Kepada Tech in Asia Indonesia, ia mengatakan, sejak berdiri, Tokopedia percaya, bahwa membangun bisis sebenarnya adalah soal membangun kepercayaan. Tokopedia pun menyatakan, kegagalan dalam menjaga kepercayaan, berarti gagal menjaga integritas. "Tokopedia tidak memberikan ruang toleransi untuk individu yang menyalahgunakan kepercayaan dan/atau gagal menjaga integritas," kata Priscilla melalui keterangan resmi.

 

Peringatan dari CEO

Seperti diberitakan Tech in Asia, Chief Executive Officer (CEO) Tokopedia, William Tanuwijaya mengirimkan email kepada seluruh karyawannya. Isinya, mengingatkan para karyawan untuk selalu menjaga integritas dan kepercayaan.

 

Flash sale tetap digelar

Meski telah mendapati adanya dugaan praktik penipuan para karyawannya, Tokopedia hingga hari ini tetap menggelar promo flash sale. Ada 91 barang yang ditawarkan dengan beragam potongan harga, hingga 80 persen. Tiga jam menjelang berakhirnya flash sale, setidaknya sudah ada 16 jenis barang yang habis terjual. Yang sudah tidak tersedia ini kebanyakan merupakan barang-barang dengan potongan harga di atas 30 persen. Termasuk di dalamnya, jam tangan Casio original.

Apakah kamu termasuk pelanggan setia Tokopedia yang selalu berpartisipasi pada flash sale? Bagaimana pendapatmu terhadap kasus dugaan penipuan ini?

 

Rekomendasi bacaan:
EKRUTmeets #7: Bagaimana cara optimalkan digital marketing channel?
6 aplikasi untuk penonton dan pemain Asian Games 2018, apa saja ya?
Apa manfaat coding untuk masa depanmu?

 

Sumber:
techinasia.com
tokopedia.com
 

Tags:

  • PHK
  • penipuan
  • flash sale
  • Tokopedia
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang