Published on

Expert's Corner

4 Elemen dasar product management

Tsalis Annisa

kusnadi-qiu-blibli.com-EKRUT.jpg
Q:

Halo, saya mau tanya. Apakah elemen-elemen dasar product management? Terima kasih.

 
A:

Halo, terima kasih sudah bertanya. Menjawab pertanyaanmu, berikut ini adalah beberapa elemen dasar product management.

Communication Skills

Product Manager akan menerima banyak masukan dan request dari berbagai macam divisi seperti business users, engineer team, designer atau end-users, Product Manager harus open mind dan banyak mendengar. Karena terkadang user tidak bisa menceritakan secara detail akan kemauannya. Jadi, dengarkanlah dan coba cari objective-nya sebelum berkata tidak bisa.

Product Manager juga harus mampu bekerjasama dengan Product Designer untuk menghasilkan visualisasi dari ide yang ingin dibuat, kemudian mampu menjelaskan kepada engineering team dengan bahasa yang tepat.

Technical & Business Knowledge

Product Manager yang baik harus mengerti technical knowledge atau domain business dari produk tersebut. Bila produk yang dibuat adalah e-commerce maka Product Manager harus mengerti domain business e-commerce, sales, logistik, dan seterusnya agar bisa memberikan solusi yang tepat.

Technical knowledge juga sangat penting untuk mencari solusi yang feasible dari sisi teknis. Terkadang solusi yang dibutuhkan juga scope-nya besar sehingga Product Manager harus mampu breakdown solusi menjadi beberapa fase.

Data-Driven

Product Manager juga perlu rutin melakukan feature audit dari seluruh fitur, mana yang banyak digunakan oleh user, terkadang Product Manager terlalu fokus mengejar fitur baru, padahal ada fitur-fitur existing yang banyak digunakan user dan masih bisa optimized.

Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk analisa performa mulai dari google analytics, a/b testing dengan optimizely, atau usability test dengan crazyeggs. Hal yang terpenting Product Manager harus punya level of curiosity yang tinggi terhadap performa dari produk yang dikembangkan.

Project Managing

Tiga komponen utama dalam project management yaitu scope, time, dan resources. Product Manager harus mampu memahami dengan baik bahwa solusi yang ingin dibuat harus mempertimbangkan keterbatasan time dan resources misalnya dari sisi bisnis, operasional, engineering, maupun teknologi.

Product Manager harus bisa membuat product roadmap dalam jangka waktu tertentu sebagai guideline agar tetap fokus. Dan terkadang dengan adanya keterbatasan time dan resources, Product Manager diharapkan dapat melakukan feature prioritization mana yang lebih memberikan pengaruh lebih besar dari sekian banyak hal penting yang harus dikerjakan.

Itulah beberapa elemen dasar dalam product management yang perlu kamu ketahui. Semoga jawaban di atas bermanfaat untukmu, ya!

Kusnadi Qiu

Principal Product Manager of Blibli.com

About the expert

Kusnadi Qiu adalah Principal Product Manager di Blibli.com. Ia merupakan lulusan Renmin University of China, dan memiliki pengalam kerja sekitar 8 tahun. Sebelum di Blibli.com, Kusnadi menjabat sebagai Head of Performance Marketing & Marketing Technology di Bytedance. Dengan ilmu dan pengalamannya ini, Kusnadi bertanggung jawab dalam hal marketing data management, data mart & analysis reprot, data capture & tracker structure, dan agile management Blibli.com.

Tags

Share

Artikel Terkait

ceo_twitter_tidak_punya_laptop_EKRUT.jpg

Technology

Apa? CEO Twitter ga punya laptop?

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read
markoding-adalah-EKRUT.jpg

startup

Belajar Coding tidak harus jadi Programmer

Maria Yuniar

20 January 2022
7 min read
Lei_Jun_Xiaomi.jpg

Technology

Founder Xiaomi ternyata awalnya seorang programmer

Widyanto Gunadi

20 January 2022
4 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read