Published on

Careers

Fresh Grads, ayo buat CV pertama Anda!

Widyanto Gunadi

cv_fresh_grad.jpg

Hai fresh graduates! Sudah siap mencari kerja? Jangan lupa untuk menyusun curriculum vitae (CV) atau resume Anda ya. CV ini penting lho, bagi Anda maupun perekrut. Sebab, CV yang informatif akan membuat perekrut tertarik dengan Anda. Jika Anda belum pernah membuat CV sebelumnya, tidak perlu berkecil hati. Ini saatnya Anda menyusunnya. Perhatikan hal-hal berikut ini. 

 

Hindari kesalahan pengetikan atau typo

Typo ini adalah kesalahan sepele yang bisa menjadi fatal jika sering dilakukan, termasuk ketika menyusun CV. Melakukan typo terlalu sering, dapat menunjukkan sifat kecerobohan Anda. Hindari typo. Periksa kembali CV Anda setelah selesai dibuat, untuk memastikan tak ada satu pun kesalahan pengetikan di sana.

 

Lakukan riset

Anda tentunya harus mengetahui profil perusahaan yang Anda tuju. Oleh karena itu, lakukan riset mendalam tentang riwayat perusahaan, bidang usaha, serta prospek karir Anda di sana. Semuanya ini penting, supaya Anda dapat menyesuaikan isi CV dengan kebutuhan perusahaan. Jika setelah melakukan riset, Anda tidak terlalu berminat melamar ke perusahaan itu, Anda bisa langsung mencari perusahaan lain, bukan?

 

Sampaikan ide untuk perusahaan

Selain biodata, Anda dapat menuliskan ide inovatif dalam satu paragraf di bagian awal CV. Cukup tulis dengan singkat dan padat. Dengan melihat ide yang Anda ajukan, perusahaan atau perekrut bisa memberikan pertimbangan lebih, maupun memperluas materi wawancara. Ide yang Anda sampaikan ini dapat mencerminkan kreativitas sebagai seorang kandidat.

 

Pakai foto dan alamat email yang pantas

Anda pasti ingin terlihat profesional dong, meski baru lulus kuliah. Oleh karena itu, sertakan foto dan gunakan alamat email yang pantas. Saat membuat pasfoto, Anda harus berpenampilan rapi. Ingat, jangan masukkan hasil jepretan selfie untuk CV. Selain itu, gunakan alamat email dengan nama Anda. Alamat email yang aneh, malah akan membuat perekrut bertanya-tanya dan meragukan Anda. 

 

Jujur, singkat dan padat

Anda tidak perlu membuat CV berlembar-lembar demi menarik perhatian perusahaan. Cukup masukkan profil, latar belakang akademis, pengalaman berorganisasi maupun pelatihan, serta keterampilan yang relevan dengan lowongan.

Berikut adalah video mengenai Myths or Tips membuat CV yang menarik yang bisa kamu simak. 

Jadi, sudah siap ya, untuk membuat CV perdana Anda? Semoga berhasil!

 

Sumber:
netz.id
kalibrr.com
monster.co.uk
independent.co.uk
 

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    5_Contoh_daftar_riwayat_hidup_yang_profesional_dan_relevan_untuk_ditulis.jpg

    Careers

    8 Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Profesional beserta Informasi yang Perlu Dicantumkan

    Sylvia Rheny

    03 October 2022
    8 min read
    contoh-deskripsi-diri---EKRUT.jpg

    Careers

    15 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

    Maria Tri Handayani

    30 September 2022
    7 min read
    Cara-membuat-cv-di-canva-EKRUT.jpg

    Technology

    5 Cara membuat CV di Canva dengan mudah

    Nur Lella Junaedi

    30 September 2022
    4 min read

    Video