Media

Fresh grads, pelajari pertanyaan-pertanyaan untuk interview pertama
By Widyanto Gunadi - 23 May 2018
93 Views

Setelah mengajukan aplikasi untuk mendapatkan pekerjaan, akhirnya ada beberapa perusahaan tertarik dan mengundang Anda untuk wawancara kerja. Sebagai lulusan baru atau fresh graduates, apa saja yang harus Anda siapkan? Pertanyaan seperti apa sih, yang biasanya muncul dalam wawancara kerja? Apa saya yang perlu Anda perhatikan dalam wawancara kerja pertama kali? Simak ulasannya berikut ini untuk Anda. 

 

Daftar pertanyaan yang sering muncul

Menyiapkan diri sebelum berangkat interview kerja tentu merupakan hal penting. Selain menyiapkan dokumen yang diperlukan, Anda pun sebaiknya siap menghadapi pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dari perekrut.

  1. Mengapa Anda ingin melamar posisi ini?
  2. Apa yang Anda ketahui tentang pekerjaan dan industri ini?
  3. Mengapa Anda melamar ke perusahaan kami?
  4. Bagaimana Anda melihat diri Anda dalam lima tahun mendatang?
  5. Apa cita-cita Anda?
  6. Mengapa Anda memilih jurusan kuliah Anda?
  7. Apa saja yang bisa Anda dapatkan dari bangku kuliah?
  8. Apakah Anda pernah mengalami kegagalan?
  9. Bagaimana Anda menghadapi kegagalan tersebut?
  10. Apa saja kelebihan dan kekurangan Anda?

Masih ada sederetan pertanyaan lainnya yang biasanya diajukan perekrut. Anda bisa mempelajarinya dari berbagai sumber bacaan terpercaya di Internet.

 

Hal yang harus diperhatikan saat interview pertama

Setelah mengetahui berbagai pertanyaan interview kerja yang sering muncul, kini saatnya Anda mempelajari tips cara menjelaskan profil Anda, dan alasan menginginkan kerja di perusahaan yang dituju. Satu lagi yang tak boleh dilupakan. Gali lah informasi yang lengkap mengenai perusahaan tersebut. 

 

Menjelaskan diri sendiri

Dalam menjawab pertanyaan ini, yang harus Anda lakukan adalah menjelaskan tentang diri Anda dengan lengkap tapi singkat. Sebutkan universitas dan jurusan kuliah Anda, serta kegiatan kemahasiswaan yang pernah diikuti. Kemudian, ceritakan pengalaman Anda dalam aktivitas yang berkaitan dengan posisi incaran Anda di perusahaan itu. Jika perekrut menanyakan profil diri Anda, jangan lupa sampaikan informasi yang diperlukan, seperti tahun kelahiran dan tempat tinggal. 

 

Motivasi bekerja

Lagi-lagi, yang terpenting dalam menjawab pertanyaan ini adalah kejujuran. Berikan alasan yang paling mendasar. Tak masalah, jika Anda menyebutkan prestasi perusahaan sebagai daya tarik. Namun, jangan lupa, tawarkan kontribusi sesuai keahlian Anda bagi perusahaan. Hal ini tentunya bisa menjadi nilai tambah Anda dibanding kandidat lain.

 

Cari informasi tentang perusahaan

Jika Anda sudah mempelajari profil perusahaan yang dituju, tidak perlu khawatir untuk menjawab pertanyaan perekrut tentang hal ini. Selain itu, dengan mengetahui berbagai informasi mengenai perusahaan, termasuk kebiasaan-kebiasaan di dalamnya, Anda bisa memilih pakaian yang sesuai untuk menghadiri undangan wawancara kerja. 

 

Rekomendasi bacaan:
5 teknologi baru yang pengaruhi hidup Anda tahun 2030
Promo-promo ini paling diminati selama Ramadan
Ini yang banyak diakses masyarakat Indonesia selama Ramadan

 

Sumber:
tokopedia.com
youthmanual.com
medium.com
 

Tags: cari kerja, wawancara kerja, fresh grads, fresh graduates

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang