Published on

Technology

Mengenal Gerbang Logika Mulai dari Pengertian, Fungsi, Jenis, beserta Simbolnya

Anisa Sekarningrum

H1_1._Mengenal_Gerbang_Logika_Mulai_dari_Pengertian__Fungsi__Jenis_Beserta_Simbolnya.png

Gerbang logika adalah sirkuit digital yang dapat melakukan transfer data. Gerbang logika menggunakan logika untuk menentukan lulus atau tidaknya sebuah sinyal. Di sisi lain, gerbang logika mengatur aliran informasi berdasarkan seperangkat aturan. Simak penjelasan selengkapnya mengenai gerbang logika berikut ini.

Apa itu gerbang logika?


Gerbang logika adalah sirkuit elektronik dalam sistem digital - EKRUT

Gerbang logika adalah rangkaian switching sederhana yang menentukan apakah pulse input dapat melewati output dalam rangkaian digital. Gerbang logika digunakan untuk melakukan operasi logika pada input biner tunggal atau ganda dan memberikan satu output biner.

Logic gate atau gerbang logika adalah blok bangunan sirkuit digital yang menjalankan banyak operasi logis yang diperlukan oleh sirkuit digital apa pun yang dapat mengambil dua atau lebih input tetapi hanya menghasilkan satu output. Campuran input yang diterapkan pada gerbang logika akan menentukan output-nya. Gerbang logika sendiri menggunakan aljabar Boolean yang mengeksekusi proses logika. Aljabar Boolean adalah jenis aljabar logis di mana simbol mewakili tingkat logika.

Pada saat tertentu, setiap terminal berada dalam salah satu dari dua kondisi biner, salah atau benar. 0 mewakili kondisi yang salah sementara 1 mewakili kondisi benar. Tergantung pada jenis gerbang logika yang digunakan dan kombinasi input, output biner akan berbeda. Gerbang logika dapat dianggap seperti sebuah sakelar lampu, dimana satu posisi output-nya mati, yaitu 0 dan di posisi lain menyala, yaitu 1.

Baca juga: IP address adalah: Pengertian, fungsi, 8 jenis, dan cara melindunginya

Fungsi gerbang logika


Gerbang logika banyak digunakan dalam beragam teknologi mulai dari komputer, telepon hingga perangkat memori - EKRUT

Gerbang logika dalam komponen chip banyak digunakan dalam berbagai teknologi seperti komputer, telepon, laptop, perangkat memori, dan perangkat elektronik lainnya. Gerbang logika juga dapat digabungkan dan dikombinasikan untuk keperluan pembuatan gawai, satelit, dan bahkan robot.

Gerbang logika dapat membuat pilihan untuk memulai atau berhenti berdasarkan logika sehingga gerbang ini sering digunakan dalam berbagai sektor. Kombinasi gerbang logika sederhana juga dapat ditemukan pada alarm pencuri, buzzer, sakelar hingga lampu jalan. Gerbang logika juga berperan penting dalam transportasi, perhitungan, dan pemrosesan data. Bahkan logika transistor dan sirkuit CMOS menggunakan gerbang logika secara ekstensif.

Baca juga: 4 Langkah Data Preprocessing Agar Data Lebih Mudah Dibaca

Jenis-jenis gerbang logika dan simbolnya


Gerbang logika dasar terdiri atas gerbang AND, OR dan NOT - EKRUT

Gerbang logika dibagi menjadi tiga jenis, yaitu gerbang logika dasar (AND, OR, NOT), gerbang logika universal (NOR, NAND), dan gerbang logika lainnya (XOR, XNOR). Beberapa jenis-jenis gerbang logika dan simbolnya yang umum digunakan adalah sebagai berikut.

1. Gerbang AND


Simbol gerbang AND - EKRUT

Gerbang AND mempunyai satu output dan dua atau lebih input. Ketika semua input adalah 1, maka output dari gerbang AND adalah 1. Pada gerbang AND, 0 disebut salah dan 1 disebut benar. Output-nya benar ketika kedua input-nya benar. Jika tidak, maka hasilnya salah. Sehingga output adalah 1 hanya saat kedua input 1 AND 2 adalah 1. Logika Boolean dari gerbang AND adalah Y=A.B dimana dua input adalah A dan B. Sehingga dalam gerbang AND, output akan tinggi saat semua input juga tinggi. Berikut adalah tabel kebenaran untuk gerbang AND.

Input Output
A B A AND B
0 0 0
0 1 0
1 0 0
1 1 1

2. Gerbang OR


Simbol gerbang OR - EKRUT

Gerbang OR menggunakan dua atau lebih input dan satu output. Logika dari gerbang OR adalah jika setidaknya salah satu input adalah 1, maka output-nya akan menjadi 1. Atau jika output-nya benar, maka salah satu atau kedua input-nya benar. Begitu juga jika kedua input salah, maka output-nya salah.

Output gerbang OR akan diberikan oleh prosedur matematika berikut, yaitu jika ada dua input A dan B maka Y=A+B, dibaca sebagai Y sama dengan A ‘OR’ B. Sehingga pada gerbang OR, output-nya tinggi ketika salah satu input-nya tinggi. Berikut adalah tabel kebenaran untuk gerbang OR.

Input Output
A B A OR B
0 0 0
0 1 1
1 0 1
1 1 1

Baca juga: 10 Teknologi Online Ini Permudah Kebutuhan Manusia

3. Gerbang NOT


Simbol gerbang NOT - EKRUT

Gerbang NOT adalah gerbang dasar dari satu input dan satu output. Ketika input-nya adalah 1, maka output-nya adalah 0, dan begitu juga sebaliknya. Gerbang NOT juga terkadang disebut sebagai inverter karena fiturnya tersebut. Jika hanya ada satu input A, output-nya dapat dihitung menggunakan persamaan Boolean, yaitu Y=A’, dibaca sebagai Y sama dengan NOT A. Gerbang NOT juga dapat membalikkan sinyal input. Berikut adalah tabel kebenaran untuk gerbang NOT.

Input Output
A NOT A
0 1
1 0

4. Gerbang NOR


Simbol gerbang NOR - EKRUT

Gerbang NOR juga dikenal sebagai gerbang “NOT-OR” karena terdiri dari sebuah gerbang OR yang diikuti oleh gerbang NOT. Output gerbang NOR adalah 1, hanya ketika semua input-nya adalah 0. Output-nya adalah benar, jika kedua input-nya salah. Jika tidak, maka hasilnya adalah salah. Logika Boolean untuk gerbang NOR adalah Y=(A+B)’ jika terdapat dua input A dan B. Berikut adalah tabel kebenaran untuk gerbang NOR.

Input Output
A B A NOR B
0 0 1
0 1 0
1 0 0
1 1 0

Dengan membandingkan tabel kebenaran, dapat diamati bahwa output dari gerbang NOR adalah kebalikan dari gerbang OR. Sehingga gerbang NOR terkadang juga dikenal sebagai gerbang universal karena dapat digunakan untuk implementasi dari gerbang OR, AND, dan NOT.

Baca juga: Predictive Analytics: Keuntungan, 6 Industri yang Menggunakan, hingga Studi Kasusnya

5. Gerbang NAND


Simbol gerbang NAND - EKRUT

Gerbang NAND juga dikenal sebagai gerbang “NOT-AND” karena gerbang NOT diikuti oleh gerbang AND dan bertindak dengan cara operasi logis “AND” yang diikuti oleh negasi. Output-nya salah jika kedua input-nya benar. Jika tidak, maka hasilnya benar. Output gerbang NAND adalah 1 hanya saat tidak ada input yang 1. Atau, ketika semua input yang tidak tinggi dan setidaknya 1 rendah, maka output-nya tinggi. Jika ada dua input A dan B, maka logika Boolean untuk gerbang NAND adalah Y=(A.B)’. Berikut adalah tabel kebenaran untuk gerbang NAND.

Input Output
A B A NAND B
0 0 1
0 1 1
1 0 1
1 1 0

Dengan membandingkan tabel kebenarannya, dapat diamati bahwa output-nya adalah kebalikan dari gerbang AND. Sehingga gerbang NAND juga dikenal sebagai gerbang universal karena dapat digunakan untuk implementasi dari gerbang AND, OR, dan NOT.

6. Gerbang XOR


Simbol gerbang XOR - EKRUT

Gerbang eksklusif-OR atau “EX-OR” adalah gerbang logika digital yang menerima lebih dari dua input namun hanya mengeluarkan satu nilai. Output-nya benar jika salah satu, tetapi tidak keduanya, dari input-nya benar. Output-nya salah jika kedua input-nya salah atau jika kedua input-nya benar.

Output-nya adalah 1 jika input-nya berbeda, tetapi 0 jika input-nya sama. Jika salah satu input-nya tinggi, output gerbang XOR adalah tinggi. Jika kedua input tinggi, maka output-nya rendah. Jika kedua input rendah, maka output-nya rendah. Persamaan Boolean dari gerbang XOR adalah Y=A’.B+A.B’ jika terdapat dua input A dan B. Output-nya didasari oleh logika gerbang OR. Berikut adalah tabel kebenaran untuk gerbang XOR:

Input Output
A B A XOR B
0 0 0
0 1 1
1 0 1
1 1 0

7. Gerbang XNOR


Simbol gerbang XNOR - EKRUT

Gerbang eksklusif-NOR atau “EX-NOR” adalah gerbang logika digital yang menerima lebih dari dua input tetapi hanya mengeluarkan satu. Output-nya adalah benar jika input-nya sama dan salah jika input-nya berbeda. Jika kedua input tinggi, maka output gerbang XNOR adalah tinggi. Jika kedua input rendah, maka output-nya rendah. Jika salah satu input rendah, maka output-nya rendah. Jika terdapat dua input A dan B, maka persamaan Boolean dari gerbang XNOR adalah Y=A.B+A’B’. Tabel kebenaran untuk gerbang XNOR berikut menunjukkan bahwa output-nya didasari pada logika gerbang NOR.

Input Output
A B A XNOR B
0 0 1
0 1 0
1 0 0
1 1 1

Baca juga: Mengenal Neural Network Mulai dari Cara Kerja, Tipe, dan Bedanya dengan Deep Learning

Semoga informasi di atas dapat membantu kamu memahami gerbang logika dengan lebih dalam, ya. Jika kamu saat ini masih belum memiliki pekerjaan, coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT. Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Sumber:

  • byjus.com
  • techtarget.com
  • geeksforgeeks.org

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu NoSQL? Berikut Jenis, Bedanya dengan SQL, dan 5 Kelebihannya!

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read
    cara-menjadi-hacker-EKRUT.jpg

    Technology

    7 Cara Menjadi Hacker Profesional dan Rekomendasi Websitenya

    Widyanto Gunadi

    14 September 2022
    7 min read

    Video