Technology

Google Assistant: Pengertian, Fitur, dan Cara Menggunakannya

Published on
Min read
6 min read
time-icon
Cover_(1).png

Semakin tinggi tuntutan hidup, semakin pesat teknologi berkembang. Dengan banyaknya keharusan untuk dapat bekerja secara multitasking, perusahaan teknologi mulai meluncurkan aplikasi, software, bahkan asisten virtual yang dapat mempermudah kehidupan manusia. Salah satu asisten virtual yang beberapa tahun belakangan ini dirilis adalah Google Assistant.

Selain memegang predikat sebagai search engine yang paling banyak digunakan oleh penduduk dunia, Google juga merilis beragam layanan berkualitas yang juga dipakai oleh khalayak. Sebut saja Gmail, Google Calendar, Google Drive, dan lain sebagainya. Perusahaan yang sama turut merilis asisten virtual yang diberi nama Google Assistant. Ingin tahu kegunaan dan fitur kompetitor Siri, Alexa, dan Cortana ini? Simak artikelnya sampai tuntas, ya!

Apa itu Google Assistant?


Google Assistant adalah asisten virtual yang memanfaatkan AI untuk membantu pekerjaan manusia (sumber: Mobile Syrup)

Mengutip dari laman Make Use Of, Google Assistant adalah asisten virtual berbasis suara yang dikeluarkan oleh Google, si perusahaan raksasa. Sebelum dirilis secara resmi pada tahun 2016, Google Assistant mempunyai “kakak” yang diberi nama Google Now, sebuah layanan yang memberikan informasi tentang ketertarikan penggunanya bahkan sebelum penggunanya bertanya menggunakan fitur suara.

Saat pertama kali rilis, Google Assistant tergabung dalam Allo, aplikasi kirim pesan keluaran Google yang sekarang sudah tidak lagi beroperasi. Setelah beberapa waktu dan terus mengalami pembaruan, Google Assistant yang tadinya hanya bisa diakses di ponsel Google Pixel akhirnya tersedia untuk segala jenis Android.

Meskipun Google Assistant berkompetisi dengan Siri (Apple), ternyata layanan satu ini tetap bisa diakses melalui iPhone atau iPad melalui aplikasi Google Assistant. Selain itu, asisten virtual ini juga bisa digunakan melalui Android Wear, Google Nest (smart speaker keluaran Google), dan berbagai perangkat pintar lainnya.

Baca juga: Pilih yang Mana, Google Assistant atau Siri?

Kegunaan Google Assistant


Pekerjaan jadi lebih cepat selesai dengan bantuan Google Assistant (sumber: blog.google.com)

Google Assistant hadir untuk mempermudah manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari dan menyelesaikan pekerjaan. Dengan fitur suara yang disediakan, kamu tidak perlu lagi repot mencari kontak teman yang ingin kamu hubungi, kesulitan mencari dokumen yang kamu perlukan segera, atau kebingungan mencari resep masakan yang ingin kamu coba.

Melansir dari laman Pocket-Lint, berikut beberapa kegunaan Google Assistant yang bisa kamu manfaatkan.

  • Mengontrol gawai dan perangkat rumah pintar lainnya.
  • Mengakses informasi pribadi dari kalender sehingga bisa membantumu mengingat jadwal.
  • Membantumu menemukan informasi di internet, seperti perkiraan cuaca, rekomendasi restoran untuk makan malam keluarga, dan lain sebagainya hanya dengan fitur suara sehingga kamu tidak perlu repot mengetik.
  • Memutar lagu sesuai keinginanmu.
  • Memutar konten yang ingin kamu tonton di Chromecast atau perangkat kompatibel lainnya.
  • Mengoperasikan timer dan reminder.
  • Membantumu menyusun jadwal pertemuan dan mengirimkan pesan tanpa perlu mengetik.
  • Membantumu membuka aplikasi di ponsel dengan lebih cepat (tidak perlu repot mencari, kamu hanya perlu berkata “OK, Google”).
  • Membacakan notifikasi pesan masuk untukmu.
  • Menerjemahkan informasi yang kamu perlu secara real-time.

Baca juga: 3 Alasan voice assistant sering pakai suara perempuan

Fitur yang tersedia di Google Assistant


Dengan beragam fitur yang ditawarkan, Google Assistant benar-benar bisa memudahkan (sumber: Android Community)

Menurut laman Computer World, puluhan fitur Google Assistant dapat dibagi ke dalam tujuh kategori. Berikut penjabarannya.

1. Fitur agenda dan rutinitas

Google Assistant adalah layanan yang tepat untuk digunakan oleh seseorang dengan segudang rutinitas. Kamu bisa menanyakan beberapa variasi pertanyaan, seperti “Kapan jadwal kontrol ke dokter gigi untuk bulan ini?”, “Tunjukkan jadwal untuk hari Rabu”, atau “Apa saja yang saya lakukan besok?” untuk memeriksa jadwal. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan rutinitasmu ke Google Calendar dengan bantuan Google Assistant. Kamu hanya perlu menyebutkan informasi lengkap, seperti waktu kegiatan dan tempat kegiatan lalu biarkan asisten virtual tersebut mencatat jadwalmu.

2. Fitur pengingat dan catatan

Sering tiba-tiba teringat sesuatu tapi tidak ada waktu untuk mencatat? Tenang, Google Assistant bisa membantumu. Kamu hanya tinggal membuka aplikasi tersebut dan bicara tentang apa saja yang ingin kamu utarakan. Nantinya catatan tersebut akan tersimpan di salah satu aplikasi notes yang tersedia di ponselmu. Kamu juga bisa menggunakan Google Assistant untuk mengingatkanmu akan berbagai tugas, pertemuan, atau kegiatan yang harus kamu lakukan tanpa perlu mengecek jadwal. Google Assistant akan mengingatkanmu secara otomatis ketika waktu yang kamu atur sudah dekat.

3. Fitur untuk berkomunikasi dan berkirim pesan

Perlu menelepon seseorang tapi kamu hanya punya dua tangan dan keduanya sedang digunakan untuk suatu kegiatan? Kamu bisa meminta bantuan Google Assistant untuk menghubungi orang tersebut. Tidak hanya menelepon, kamu juga bisa menggunakan asisten virtual itu untuk mengirim surel dan pesan singkat.

4. Fitur pengaturan ponsel

Fitur yang tergabung dalam kategori ini membantumu mengatur kondisi ponsel sesuai keinginan, seperti mengaktifkan atau menonaktifkan Wi-Fi, menyalakan atau mematikan bluetooth, memeriksa persentase baterai, mengaktifkan mode senyap, mengubah ponsel ke mode don’t disturb, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa mengambil tangkapan layar tanpa harus menekan tombol apa pun, menurunkan atau menaikkan volume, mengatur tingkat kecerahan ponsel, dan menemukan perangkatmu (yang mungkin kamu lupa diletakkan di mana) dengan bantuan Google Assistant.

5. Fitur untuk lokasi dan perjalanan

Sesuai nama kategorinya, fitur yang tersedia di sini membantu penggunanya melacak lokasi dan memantau perjalanan. Dengan Google Assistant, kamu bisa bertanya lokasi terkini, membagikan live-location ke orang lain, memesan moda transportasi online, mendapatkan info terkini tentang kondisi jalanan, dan masih banyak lagi.

6. Fitur berita dan informasi terkini

Butuh berita atau kabar terkini tentang saham, perkembangan teknologi, atau situasi dunia secara keseluruhan? Kamu tidak perlu repot mencarinya satu per satu dengan mengetiknya secara manual di search engine karena Google Assistant dapat melakukannya untukmu. Kamu hanya perlu mengatakan informasi apa yang ingin kamu peroleh dan membiarkan layanan itu yang mencarikannya untukmu.

7. Fitur pelengkap lainnya 

Dengan Google Assistant, kamu bisa langsung menerjemahkan informasi yang kamu perlukan atau memintanya untuk membantumu membuat keputusan. Misalnya, kamu sedang bingung ingin mengenakan sepatu yang mana untuk ke kantor hari ini. Kamu bisa memanfaatkan fitur flip coin atau roll dice dengan bantuan Google Assistant untuk menentukan pilihanmu.

Baca juga: Google Assistant luncurkan fitur penerjemah real time

Setelah membaca informasi tentang Google Assistant, apakah kamu tertarik untuk menggunakannya?

Selain artikel ini dan artikel lain yang bisa kamu akses di EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • pocket-lint.com
  • makeuseof.com
  • computerworld.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1-3_Cara_Mengatur_Margin_di_Word_Sesuai_Kebutuhan_Agar_Pekerjaanmu_Semakin_Mudah.PNG

    Technology

    3 Cara Mengatur Margin di Word Sesuai Kebutuhan Agar Pekerjaanmu Semakin Mudah

    Lita Lia

    05 December 2022
    4 min read
    H1_tiktok_affiliate.jpg

    Technology

    Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru 2022 untuk Menambah Penghasilan

    Alvina Vivian

    05 December 2022
    6 min read
    aaron-weiss-_x6XZ_jp0g8-unsplash_(2).jpg

    Technology

    Cara Berjualan di TikTok Shop dan 6 Tips Agar Cepat Laris

    Fakhrizal Muttaqien

    05 December 2022
    6 min read

    Video