Careers

Sudah tau guarantee letter? Berikut pengertian dan 3 cara mendapatkanya!

Published on
Min read
6 min read
time-icon
Anisa Sekarningrum

Content writer experiences in digital marketing, startup, and writing feature article. 

H1_1._Sudah_tau_guarantee_letter__Berikut_pengertian_dan_3_cara_mendapatkanya.jpg

Kamu ingin sekolah di luar negeri? Guarantee letter adalah salah satu dokumen yang harus kamu lengkapi untuk memenuhi syarat masuk ke kampus favorit kamu. Berikut informasi selengkapnya.

Baca juga: Contoh cover letter bahasa Indonesia dan tips membuatnya

Apa itu guarantee letter?


Guarantee letter adalah surat jaminan yang digunakan dalam berbagai situasi seperti bisnis hingga beasiswa - Pexels

Guarantee letter adalah jenis kontrak yang diterbitkan oleh pemberi atau penjamin dana contohnya bank atas nama pelanggan yang telah menandatangani kontrak untuk membeli barang dari pihak penjual. Guarantee letter dapat menjadi salah satu alat bayar berupa surat jaminan yang dikeluarkan perusahaan atau instansi dengan masa berlaku yang ditetapkan oleh perusahaan atau bank penerbit.

Guarantee letter merupakan surat jaminan yang memberi tahu kepada pihak penjual bahwa pembayaran akan dilakukan oleh penjamin dana atas nama pelanggan. Guarantee letter dapat digunakan dalam berbagai situasi bisnis, deklarasi selama proses ekspor dan impor juga saat proses pengajuan beasiswa.

Lebih lanjut, guarantee letter ialah keterangan jaminan pendanaan yang memuat informasi mengenai komponen dan besaran beasiswa yang diterima oleh calon penerima beasiswa berdasarkan ketentuan besaran yang sudah disetujui oleh pemberi dana. Guarantee letter yaitu, dokumen yang berisi informasi seperti berikut ini.

  1. Identitas pemberi jaminan dana
  2. Identitas individu yang mendapat jaminan dana
  3. Pernyataan tentang jaminan pendanaan
  4. Keterangan komponen dan besaran dana yang dijaminkan
  5. Syarat dan ketentuan yang diberikan penjaminan dana
  6. Informasi kontak pemberi jaminan dana

Guarantee letter adalah salah satu dokumen yang perlu kamu sertakan saat akan mengajukan visa pelajar sekaligus sebagai kontrak yang mengikat antara pemberi jaminan dana dan penerima jaminan dana.

Penting bagi kamu untuk membaca isi guarantee letter dengan saksama agar kamu memahami secara keseluruhan syarat dan ketentuan yang diberikan oleh penjamin dana, karena jika ada hal yang kamu langgar, pemberi jaminan dana mungkin saja menarik atau mencabut jaminan dana yang mereka berikan.

Baca juga: Offering letter sudah di tangan? Ini 10 hal yang perlu dipertimbangkan!

Bedanya guarantee letter dengan letter of sponsorship


Guarantee letter adalah kontrak yang berisikan informasi rinci sementara letter of sponsorship tidak terlalu rinci - Pexels

Berbeda dengan guarantee letter, letter of sponsorship diberikan untuk mendukung aplikasi ke perguruan tinggi agar kamu bisa mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) Unconditional. Sedangkan guarantee letter diberikan setelah penerima beasiswa menandatangani Surat Pernyataan Penerima Beasiswa dan ditetapkan sebagai calon penerima beasiswa.

Pada letter of sponsorship, informasi yang terkandung tidak terlalu rinci, tidak seperti guarantee letter sehingga letter of sponsorship tidak dapat disebut sebagai kontrak. Isi di dalam letter of sponsorship adalah sebagai berikut.

  1. Identitas pemberi jaminan dana
  2. Pernyataan untuk membiayai pemohon/penerima beasiswa
  3. Informasi kontak pemberi jaminan dana

Baca juga: 6 Tips membuat CV beasiswa untuk mahasiswa beserta contohnya

3 Cara mendapatkan guarantee letter


Salah satu cara mendapatkan guarantee letter adalah dengan mengikuti proses seleksi beasiswa - Pexels

Ada tiga cara untuk mendapat surat ini. Cara mendapatkan guarantee letter adalah sebagai berikut.

1. Ajukan permohonan beasiswa

Saat kamu ingin mengajukan permohonan beasiswa, kamu membutuhkan calon donatur yang akan memberikan dana untuk program belajar kamu di luar negeri nanti. Saat kamu mengajukan permohonan beasiswa ke beberapa institusi, masing-masing dari lembaga tersebut memiliki ketentuan, peraturan, langkah dan syarat yang berbeda-beda. Termasuk juga besaran dana dan fasilitas yang akan diterima penerima beasiswa.

2. Ikuti proses seleksi beasiswa

Guarantee letter adalah salah satu berkas yang diberikan kepada penerima beasiswa yang telah dinyatakan lolos. Kamu harus mengikuti seluruh proses rangkaian seleksi beasiswa untuk menerima guarantee letter. Setiap instansi penyelenggara beasiswa memiliki proses seleksi yang berbeda-beda walaupun umumnya guarantee letter adalah dokumen yang diminta di akhir proses seleksi. Contohnya seperti beasiswa Chevening dari Inggris yang baru akan meminta pemohon beasiswa untuk menyertakan guarantee letter setelah mereka dinyatakan lolos.

Baca juga: 12 Lembaga penyedia Beasiswa S2 yang wajib diketahui

3. Tunggu konfirmasi beasiswa

Hal terakhir dari proses beasiswa adalah menunggu konfirmasi apakah pemohon lolos dan mendapatkan bantuan beasiswa atau tidak. Setelah dinyatakan lolos dan mendapatkan beasiswa, panitia seleksi akan meminta pemohon untuk melengkapi berkas atau dokumen yang tersisa. Guarantee letter adalah salah satu dokumen yang dibutuhkan untuk mengurus aplikasimu di universitas tujuan yang telah menerima kamu.

Baca juga: Panduan membuat motivation letter yang profesional

Contoh guarantee letter


Guarantee letter adalah dokumen yang disertakan saat proses masuk ke universitas - Pexels

Guarantee letter adalah dokumen yang harus kamu sertakan saat mendaftar masuk ke universitas. Beberapa universitas menyediakan format guarantee letter yang langsung dapat kamu isi. Namun jika kamu tidak memiliki informasi mengenai format guarantee letter tersebut, berikut beberapa contoh guarantee letter untuk menjadi referensi untukmu.

1. Contoh guarantee letter Kemenlu

Berikut adalah contoh guarantee letter yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri. Di dalam guarantee letter ini berisi informasi pemohon dan penjamin seperti nama lengkap, kebangsaan, tempat tanggal lahir, nomor paspor, tanggal kadaluarsa paspor, jenis kelamin dan tujuan kunjungan. Guarantee letter adalah kontrak sehingga terdapat deklarasi yang perlu disetujui oleh kedua belah pihak.

2. Contoh guarantee letter University of Hartford

Berikut adalah contoh guarantee letter yang dikeluarkan oleh University of Hartford. Contoh guarantee letter berikut dikeluarkan oleh University of Hartford untuk memberitahu kepada pihak imigrasi di Amerika Serikat bahwa pemohon telah mendapatkan bantuan dana selama satu tahun ajaran yaitu sembilan bulan.

3. Contoh guarantee letter Plymouth University

Berikut adalah contoh guarantee letter yang dikeluarkan oleh Plymouth University. Guarantee letter ini berisi jaminan bahwa pemohon memiliki penjamin dana yang aman untuk mengenyam pendidikan di Plymouth University.

Baca juga: Pertimbangkan hal-hal ini sebelum kuliah S2

Untuk kamu yang baru saja menyelesaikan program beasiswa dan sedang mencari pekerjaan, coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT. Semua proses dan bantuan professional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Sekarang kamu sudah mengetahui lebih banyak mengenai guarantee letter untuk membantu rencana karier kamu. Saat melakukan wawancara, pertanyaan yang umum sekali ditanyakan adalah tentang menceritakan diri kamu. Kamu bisa tonton video tentang cara menjawab pertanyaan ceritakan tentang dirimu berikut ini untuk membantu kamu.

Sumber:

  • investopedia
  • lpdp
  • hartford
  • plymouth
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_1._Cara_Menulis_Artikel_yang_Baik_Untuk_Pemula.jpg

    Careers

    10 Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar untuk Pemula

    Anisa Sekarningrum

    19 December 2022
    5 min read
    ucapan_perpisahan_kerja_-_EKRUT.jpg

    Careers

    Tips Menyampaikan Kata-kata Perpisahan Kerja yang Berkesan beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    19 December 2022
    7 min read
    penulisan_alamat_surat_yang_benar.jpg

    Careers

    8 Contoh Penulisan Alamat Surat yang Benar Sesuai Kaidah

    Algonz D.B. Raharja

    19 December 2022
    6 min read

    Video