Media

Hai pekerja IT, ingin bekerja di luar kantor?
By Widyanto Gunadi - 21 June 2018
52 Views

Sebagai seorang pekerja bidang IT, Anda mungkin pernah merasa jenuh bekerja di kantor. Pernah berpikir untuk bekerja dari rumah atau tempat lain, supaya lebih fokus? Apa saja sih yang perlu Anda siapkan? Berikut ini beberapa tips buat Anda, pekerja di bidang IT, yang ingin bekerja di luar kantor.

 

Buatlah website portfolio 

Buatlah daftar dari semua produk atau proyek yang pernah Anda selesaikan. Hal ini akan membantu orang-orang, termasuk calon klien menilai keahlian Anda. Pastikan website Anda dibuat dengan bahasa yang dimengerti oleh target audiens.

 

 

Sekarang sudah banyak situs yang bisa membantu Anda melakukannya. Buatlah website Anda semenarik mungkin. Gunakanlah kreativitas Anda yang tak terbatas.

 

Terbitkan berbagai artikel

Tulislah berbagai artikel dalam bidang IT. Hal ini berguna, supaya Anda terlihat sebagai seorang spesialis di bidang tertentu. Menulis artikel juga membuat website Anda jadi kaya dan menarik bagi pengunjung. Ini membantu website Anda dikenal orang dan membawa banyak pelanggan baru. 

 

 

 

Miliki akun media sosial

Milikilah beberapa akun media sosial yang populer untuk bisnis Anda. Buat akun bisnis di LinkedIn, Facebook, dan Instagram. Gunakan akun-akun ini untuk mempromosikan artikel yang sudah Anda tulis. Tunjukkan juga portfolio kerja Anda lewat medsos tersebut. Tujuannya, agar Anda semakin dikenal masyarakat luas, dan mendapat banyak klien.

 

 

 

Dapatkan sertifikat

Raihlah berbagai sertifikat profesional di bidang IT. Anda bisa mulai mencari peluang untuk memperoleh sertifikat Java, AWS, MySQL, PHP, dan Linux. Semakin banyak sertifikat resmi IT yang diraih, maka klien akan lebih percaya pada kemampuan kerja Anda. 

 

 

Luncurkan sebuah produk

Buatlah sebuah produk Anda sendiri dan berikan dukungan maksimal. Bagilah produk tersebut menjadi dua versi. Versi pertama adalah trial untuk memungkinkan calon klien mencoba produk Anda. Versi ini biasanya lebih murah harganya. Lalu, buatlah juga versi penuh. Jika klien Anda suka produk tersebut, mereka harus membayar untuk membeli versi tersebut. Ini merupakan salah satu strategi bisnis IT yang bisa Anda pakai.

 

 

Berikan layanan terbaik

Sediakan layanan dengan kualitas terbaik. Hal ini harus selalu menjadi prinsip dasar dalam memulai bisnis bidang IT. Jika klien mendapat layanan terbaik, tentunya mereka akan kembali lagi pada Anda. Sadarilah bahwa bekerja di luar kantor tidak selalu mudah. Klien lah yang menjadi atasan Anda, dengan menilai kualias layanan. Oleh sebab itu, berikan mereka selalu yang terbaik dari Anda.


Sebelum Anda memutuskan untuk bekerja dari luar kantor, siapkan segala sesuatu yang diperlukan ya. Prosesnya mungkin akan memakan waktu. Namun, tidak ada salahnya mencoba, bukan?

 

Rekomendasi bacaan:
Ini jadwal peluncuran game-game E3
Di balik strategi flash sale Xiaomi
Kecanduan game ternyata gangguan mental lho!

 

Sumber:
fastcompany.com
hackernoon.com
business.gov.au
 

Tags:

  • IT
  • pekerja IT
  • bekerja di luar kantor
  • bekerja
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang