Media

Hai programmer, sudah miliki 5 keterampilan dasar ini?
By Widyanto Gunadi - 22 May 2018
174 Views

Apakah Anda seorang programmer, atau ingin menggeluti profesi tersebut? Persiapkan diri sebaik-baiknya untuk menghadapi persaingan. Namun, jangan khawatir, karena profesi ini menawarkan peluang karir yang luas. Sebab, perusahaan rintisan atau startup saat ini berlomba-lomba mencari kandidat programmer terbaik untuk mengembangkan bisnis mereka. Lalu, apa saja sih keterampilan dasar yang harus dimiliki seorang programmer? 

 

Version control system

Lembaga pendidikan tinggi formal di Indonesia biasanya memberikan materi pengajaran kode sumber (source code) untuk pemrograman. Namun, pemahaman mengenai pengelolaan kode luput dari kurikulum mata kuliah ilmu komputer. Padahal, setiap programmer antara lain dituntut menguasai cara membuat repositori, mengedit, serta bekerja dengan menggunakan Git maupun Subversion. Dengan mengetahui sistem control versi atau version control system, Anda akan menjadi programmer yang lebih tangkas. 

 

Penulisan kode program

Programmer tidak hanya bekerja sekadar menulis dalam bahasa pemrograman. Namun juga menulis catatan rilis setiap proyek yang dikerjakan. Anda diharapkan mampu menulis pesan komit untuk kontrol versi, serta tiket untuk bug dalam sistem. Semuanya ini membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Keterampilan semacam ini masih jarang ditekankan dalam program ilmu komputer di universitas. 

 

Regular expression

Regular expression merupakan bahasa yang harus sangat dipahami setiap programmer. Setiap bahasa pemrograman mendukung regular expression (regexes), atau memiliki perpustakaan standar untuk bekerja sama. Jika bagian dari tugas kode Anda untuk memvalidasi, bahwa sejumlah bagian adalah lima huruf, tanda hubung dan angka, Anda harus segera mampu mengekspresikannya sebagai  /^[A-Z]{5}-\d$/.

 

Penggunaan librari

Saat ini Anda tidak perlu lagi menggunakan ekspresi regular untuk mengekstrak nama host dari URL. Setiap bahasa pemrograman modern telah memasukkan perpustakaan standar untuk fungsi umum, atau mampunyai perpustakaan standar yang mudah tersedia.

Programmer perlu memahami bahwa kode yang telah ditulis, diuji, dan debug akan memiliki kualitas yang lebih baik dibanding kode baru yang diciptakan. Yang lebih penting, kode yang tidak harus ditulis, dapat diimplementasikan dengan lebih cepat.

 

SQL

SQL merupakan bahasa deklaratif, bukan bahasa prosedural, sehingga membutuhkan cara berpikir baru untuk memecahkan masalah. Namun, setiap programmer harus memahami dasar-dasar normalisasi database dan dapat melakukan SELECTs (termasuk dasar INNER dan OUTER JOINs), INSERT, UPDATE dan DELETE.

Yuk, penuhi kemampuan Anda agar menjadi programmer yang andal. Sehingga, ketika melamar posisi programmer, soft skill maupun hard skill Anda sebagai calon programmer sudah terpenuhi ya. Untuk mencari peluang terbaik sebagai programmer, silakan kunjungi EKRUT.

 

Rekomendasi bacaan:
“Jual diri” Anda lewat foto di CV
3 soft skill programmer incaran perusahaan
Bahasa pemrograman Go ternyata tak serumit C atau Java

 

Sumber:
jaxenter.com
codepolitan.com

Tags:

  • lowongan programmer
  • keterampilan programmer
  • programmer
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang