Published on

Careers

Jangan Kecil Hati Dahulu, Ijazah SMA Juga Bisa Dipakai untuk CPNS, Lho!

Detty Risetya

cover.jpg

Kamu ingin mendaftar CPNS? Agar proses pendaftaran CPNS berjalan lancar, jangan lupa persiapkan diri dengan belajar latihan soal tes CPNS dan melengkapi persyaratannya. Salah satu dokumen persyaratannya adalah menyertakan ijazah SMA atau SMK.

Mungkin ada di antara kamu yang masih bingung saat melihat nomor ijazah SMA atau SMK yang akan dicantumkan pada formulir pendaftaran CPNS. Jangan khawatir, nomor ijazah SMA atau SMK ada di sisi bawah halaman depan, berupa kombinasi huruf dan angka yang menjadi nomor seri ijazah SMA dan SMK. Deretan kode atau nomor seri tersebut menunjukkan level pendidikan, kurikulum pembelajaran, dan informasi lainnya.

Cek nomor ijazah SMA


Cek nomor ijazah SMA di bagian bawah berupa deretan kombinasi angka dan huruf. (sumber: Pexels)

Untuk mengecek nomor ijazah SMA, dapat dilakukan dalam beberapa opsi, salah satunya adalah secara fisik atau dilihat langsung pada dokumen ijazah SMA. Untuk itu, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Cek nomor ijazah SMA secara fisik

Pastikan untuk menyentuh bagian kertas ijazah SMA. Bila teksturnya tebal dan terdapat hologram permanen yang menyatu dengan bagian kertas, ijazah SMA tersebut asli. Sebab, ijazah SMA yang asli hologramnya tidak mudah terlepas dan dirancang khusus oleh Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia atau PERURI. Kamu bisa melihat nomor ijazah SMA di bagian bawah halaman depan ijazah SMA yang dikeluarkan oleh dinas pendidikan.

2. Cek nomor ijazah SMA secara online

Untuk mengecek nomor ijazah SMA secara online, kamu dapat langsung mengunjungi situs atau aplikasi SIVIL (Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik) yang dirilis oleh Kemendikbud.

  • Pertama, klik alamat https://ijazah.kemdikbud.go.id
  • Setelah laman terbuka, lengkapi tiga kolom yang tersedia, yaitu nomor ijazah SMA, perguruan tinggi, dan kode captcha atau kode pengaman
  • Tekan tombol “Verifikasi” untuk menindaklanjuti prosesnya

Nomor ijazah SMA yang tersimpan di dalam database Dikti akan ditampilkan. Apabila nomor ijazah SMA belum tampil atau muncul notifikasi “Data tidak ditemukan”, kamu bisa menghubungi perguruan tinggi yang bersangkutan. Cara selanjutnya, kamu juga bisa mengakses website Forlap Kemendikbud https://forlap.kemdikbud.go.id/mahasiswa, dengan langkah yang serupa di atas, agar bisa mengecek nomor ijazah SMA. Hanya saja bedanya, data yang tersedia lebih detail dibandingkan data di website SIVIL.

Baca juga: Cara Menghitung IPK dan IP dengan Mudah dan Cepat

Cara mengetahui nilai ijazah SMA untuk CPNS


Kamu perlu menghitung nilai ijazah SMA untuk mengisi formulir CPNS. (sumber: Pexels)

Dalam pendaftaran CPNS, kamu juga akan diminta untuk mengisi kolom nilai rata-rata ijazah SMA. Bila kamu masih bingung, coba simak contoh berikut ini agar lebih mudah memahaminya.

Contoh menghitung nilai ijazah SMA untuk CPNS

  • Total nilai ujian sekolah (tulis): 50,15
  • Total nilai ujian sekolah (praktikum): 42, 35
  • Total nilai Ujian Nasional: 24,35
  • Jumlah mata pelajaran: 16

Maka, cara menghitung nilai ijazah SMA adalah sebagai berikut:

  • Total nilai ujian sekolah = nilai ujian tertulis + nilai ujian praktik
  • Total nilai ujian sekolah = 50,15 + 42,35
  • Total nilai ujian sekolah = 92, 50

Selanjutnya, hitung nilai rata-ratanya seperti ini:

  • Nilai rata-rata ijazah = (total nilai UN + total nilai ujian sekolah) : jumlah mata pelajaran
  • Nilai rata-rata ijazah = (24,35 + 92,50) : 16 = 7,30.Jadi, rata-rata nilai ijazah SMA tersebut adalah 7,30

Baca juga: Cara dan Syarat Membuat Kartu Kuning Terlengkap 2022

Cara mengurus ijazah SMA yang hilang


Bila kehilangan ijazah SMA, kamu bisa langsung melapor ke Polsek setempat. (sumber: Pexels)

Lantas, bagaimana jika ternyata ijazah SMA hilang atau rusak? Sebenarnya, kamu tidak perlu berkecil hati, sebab kamu masih bisa memperoleh ijazah SMA yang baru. Hanya saja, kamu perlu melengkapi beberapa persyaratan dan mengurus langsung ke Polsek setempat. Berikut adalah cara mengurus ijazah SMA yang hilang.

  • Kunjungi kantor Polsek di tempatmu untuk membuat laporan kehilangan ijazah SMA.
  • Setelah surat kehilangan dibuat, kamu perlu membuat salinan atau fotokopi sebanyak 2 lembar. Adapun dokumen yang perlu dibawa adalah fotokopi KTP dan fotokopi  ijazah.
  • Kemudian, pergi ke sekolah SMA untuk mendatangi bagian Tata Usaha Sekolah dan jelaskan bahwa ijazah SMA milikmu hilang atau rusak. Bagian TU sekolah akan membuatkan Surat Keterangan Pengganti Ijazah (SKPI). Adapun dokumen yang perlu dibawa, antara lain adalah meterai 2 buah, foto ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar, surat laporan kehilangan dari Polsek, dan fotokopi atau salinan ijazah SMA.
  • Proses berikutnya adalah pergi ke kantor Dinas Pendidikan kotamadya atau kabupaten setempat. Pada tahap ini, sediakan meterai 2 buah dan foto ukuran 3x4 sebanyak 2 buah.

Perlu diketahui, proses atau prosedur pembuatan ijazah SMA yang hilang membutuhkan waktu sekitar 1-2 hari kerja. Selain itu, apabila ternyata sekolah SMA almamatermu ternyata sudah tidak ada atau mungkin digusur, maka kop yang terdapat di SKPI akan berganti menjadi kop Dinas Pendidikan. Bila kamu sudah mendapatkan SKPI tersebut, segera buatlah fotokopi legalisasi agar bisa dipakai sebagaimana mestinya di masa mendatang.

Baca juga: Daftar Pangkat PNS Terbaru dan Terlengkap 2022

Satu hal penting dalam proses pembuatan ijazah SMA yang hilang, terkadang ada beberapa oknum di instansi yang meminta pungutan biaya. Selama prosesnya masih masuk akal seperti biaya fotokopi atau biaya meterai, mungkin masih bisa ditoleransi. Namun, apabila ada oknum yang mematok biaya terlalu tinggi, kamu bisa melaporkan pungutan tersebut ke pihak terkait agar ditindaklanjuti.

Apakah kamu siap mendaftar CPNS tahun ini? Semoga sukses dan seleksinya berjalan lancar, ya! Bila kamu ingin mendapatkan tips dan info peluang kerja lainnya, kamu bisa mencari informasi selengkapnya hanya di EKRUT. Sign up EKRUT sekarang dan dapatkan undangan interview hanya dalam hitungan minggu di perusahaan impianmu!

Sumber:

  • kompas.com
  • nasional.kontan.co.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Merchandise_Pengertian__Benefit__Jenis__Hingga_Strategi_Merchandise_Marketing.jpg

    Careers

    Merchandise: Pengertian, Benefit, Jenis, dan Strategi Merchandise Marketing

    Sartika Nuralifah

    06 October 2022
    5 min read
    H1_1._Mengenal_Lebih_Jauh_Mengenai_Officer_Development_Program_(ODP).jpg

    Careers

    Mengenal Lebih Jauh Mengenai Officer Development Program (ODP) Beserta 5 Tips Suksesnya

    Anisa Sekarningrum

    06 October 2022
    5 min read
    H1_Golongan_PNS.jpg

    Careers

    4 Golongan PNS dan CPNS Beserta Informasi Gaji dan Tunjangan yang Didapatkan

    Algonz D.B. Raharja

    06 October 2022
    5 min read

    Video