Published on

Technology

Ingin hapus history di akun Twitter? Begini caranya

Maria Yuniar

hapus-history-twitter-EKRUT.jpg

Jejaring sosial Twitter memang mengizinkan penggunanya untuk menyimpan history dan kata kunci tertentu dalam pencarian. Sehingga, kata kunci yang sudah tersimpan akan muncul ketika kita mengarahkan kursor di kolom pencarian. Bagaimana jika kamu tidak mau pencarianmu diketahui orang lain? Nah, begini caranya.

Melalui website

Hapus history twitter EKRUT 
Kamu bisa menghapus historymu di Twitter melalui website-EKRUT

Kamu bisa menghapus pencarianmu di Twitter dengan cara manual melalui website Twitter sebagai berikut, tanpa aplikasi. Pertama, login ke akun Twitter. Kedua, fokus pada kolom pencarian di bagian atas Home.

Ketiga, klik di kolom tersebut dan tunggu hingga riwayat pencarianmu keluar. Keempat, pilih pencarian yang ingin dihapus dan kamu bisa langsung menghilangkannya dari riwayat pencarian.

Melalui aplikasi

Hapus history twitter EKRUT 
Kamupun bisa menggunakan aplikasi seperti Tweeteraser-EKRUT

Ada banyak layanan di luar sana yang dirancang untuk membantu kamu mengelola riwayat aktivitas di Twitter dan menghapusnya tanpa jejak.

Ada yang gratis, dan ada yang mengenakan biaya berlangganan. Misalnya saja, TweetEraser, TweetWipe, dan TweetDeleter. 

TweetEraser relatif lebih terjangkau, dan tidak membutuhkan biaya tambahan. Dengan catatan, kamu hanya memakainya sekali untuk menghapus history. Namun, ada aplikasi yang memintamu membayar biaya berlangganan, jika ingin melakukan penghapusan otomatis dan berkala. Contohnya, TweetDeleter.

Arsipkan tweet

Hapus history twitter EKRUT 
Sebelum menghapus aktivitas di Twitter pertimbangkan pula pengarsian tweetmu-EKRUT

Sebelum menghapus riwayat aktivitas di Twitter, ada baiknya kamu mempertimbangkan pengarsian tweet. Melalui layanan berbayar seperti TweetDeleter dan TweetEraser pun kamu bisa mengunggah arsip dan mentimpannya.

Bagaimana cara mengakses arsipmu? Kamu bisa memilih opsi Settings pada laman akun Twitter dan klik Your Twitter Data pada kolom di sebelah kiri. Kemudian, pilih "Twitter Archive". 

Baca juga: Twitter luncurkan fitur untuk melaporkan daftar akun-akun bermasalah

Selanjutnya, kamu akan mendapatkan email dari Twitter yang memintamu mendownload arsip. Bentuknya bisa dalam file.zip, yang berisi folder lokasi file index.html. Kemudian klik untuk membuka halaman web untuk melihat seluruh riwayat Twitter-mu. Jangan sampai file ini jatuh ke tangan yang salah ya! 

Jadi, sudah tahu kan caranya menghapus history di akun Twitter? Kamu bisa pilih cara dan aplikasi yang ingin kamu gunakan untuk membantu menghapusnya. Selamat mencoba!

Hapus history twitter EKRUT

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

  • theverge.com
  • stealthsettings.com
  • serbhaneka.com
  • ngonoo.com

Tags

Share