Published on

Careers

Ingin mewawancarai lagi kandidat yang pernah Anda tolak?

Widyanto Gunadi

wawancarai_lagi_kandidat.png

Anda mungkin adalah perekrut yang memang sedang membangun tim baru dan membutuhkan kandidat yang sesuai. Namun, sayangnya, kandidat yang Anda rasa sesuai telah ditolak sebelumnya. Sebab, tim Anda ketika itu belum berkembang menjadi seperti sekarang ini.

Nah, apakah mungkin Anda dapat mendekati dan menarik kembali kandidat yang telah ditolak sebelumnya? Sangat mungkin! Berikut adalah tips supaya Anda dapat mendekati dan menarik kembali kandidat-kandidat berbakat di bidang teknologi yang pernah Anda tolak pada proses wawancara sebelumnya.

Simpanlah catatan mendetil dari wawancara sebelumnya

Menyimpan catatan ini tentunya amat penting, karena Anda akan kembali mendekati kandidat yang sudah pernah Anda wawancarai dan tolak sebelumnya. Catatan ini nantinya akan membantu Anda untuk menghindari pertanyaan yang sama dan sebenarnya tak perlu ditanyakan lagi. Misalnya, latar belakang pendidikan serta portofolio.

Jangan pernah buang satu pun catatan hasil wawancara Anda. Terlebih, jika wawancara tersebut dilakukan dengan kandidat yang berkualitas, tapi belum menemukan posisi yang sesuai di perusahaan Anda.

Bentuklah talent pool

Jika Anda memang tak ingin kehilangan kandidat yang bagus, ada baiknya Anda buat suatu talent pool atau komunitas untuk menampung mereka. Rancanglah talent pool yang menarik, sehingga kandidat Anda yang memang belum mendapat kesempatan untuk direkrut, dapat tetap berinteraksi dengan kandidat lainnya dan terhubung dengan perusahaan Anda. Apabila Anda membutuhkan mereka suatu saat nanti, mereka akan dapat Anda temukan di komunitas itu.

Persingkat waktu wawancara

Pastinya Anda sudah cukup mengenal kandidat yang pernah Anda wawancarai. Jadi, Anda sebaiknya tidak berlama-lama melakukan wawancara. Persingkatlah waktu wawancara dengan kandidat yang pernah Anda tolak sebelumnya.

Jangan sampai kandidat merasa telah membuang waktu untuk menjelaskan hal yang sama. Jika merasa seperti itu, kandidat bisa saja akhirnya menolak tawaran kerja dari Anda. Pasti Anda tidak menginginkan hal ini, bukan?

Jalin relasi yang saling membangun

Para kandidat yang pernah Anda tolak mungkin akan merasa sungkan untuk merespons Anda kedua kalinya, jika mereka merasa hanya dimanfaatkan ketika dibutuhkan saja. Oleh karena itu, usahakan untuk meyakinkan kandidat bahwa tawaran Anda kali ini akan menguntungkan kedua belah pihak.

Berikan mereka masukan soal cara wawancara atau teruslah jaga komunikasi kasual dengan mereka supaya mereka yakin bahwa Anda tak hanya mempermainkan mereka saja dan benar-benar ingin membantu.

Pada intinya, yang dibutuhkan adalah proses rekrutmen yang efektif sekaligus efisien. Apakah Anda saat ini sedang mencari kandidat untuk perusahaan Anda? Untuk mempersingkat proses rekrutmen, silakan kunjungi EKRUT.

 

Sumber:
stackoverflowbusiness.com
quora.com
recruiter.com
coreyharlock.com
wp.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    h1_psikotes.jpg

    Careers

    7 Platform Tes Psikotes Online untuk Kebutuhan Rekrutmen serta Tips Mengerjakannya

    Tio Derma

    30 September 2022
    6 min read
    pertanyaan-kelemahan-dan-kelebihan-saat-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Contoh jawaban kelemahan dan kelebihan saat interview kerja

    Maria Yuniar

    29 September 2022
    5 min read
    pertanyaan-interview-ux-researcher-EKRUT.jpg

    Careers

    8 Pertanyaan interview untuk UX Researcher

    Nur Rosita Dewi

    29 September 2022
    5 min read

    Video