Published on

Technology

Instagram uji coba stiker musik untuk Instastory

Widyanto Gunadi

music_stricker_instastory.jpg

Selain fitur stiker jajak pendapat (polling) bernama Slider yang baru dirilis oleh Instagram pada Kamis, 10 Mei lalu, media sosial yang mengandalkan entri visual ini dikabarkan sedang mengembangkan fitur stiker musik. Stiker musik ini nantinya akan tersedia dalam layanan Story. Lalu, apa saja kelebihan fitur stiker musik ini?

 

Pilih lagu sesuka hati

 

Seperti dilansir dari thesun.co.uk, fitur ini memungkinkan pengguna menambahkan lagu ke Story dan memilih lagu sesuka hati. Lagu pilihan akan terputar otomatis saat Story dilihat oleh teman atau pengikut Anda.

 

Uji coba fitur ini ditemukan pertama kali oleh Ishan Agarwal melalui serangkaian kode pada aplikasi Instagram di Android. Fitur ini diberi nama Music Sticker. Seperti dikutip 9to5mac.com, fitur ini dapat berdampak besar bagi aplikasi sejenis seperti Musical.ly.

 

Pengguna lain, Jane Machun Wong, menyebut bahwa ia bisa mencoba fitur tersebut, sembari memberi tangkapan gambar. Namun, aplikasi Instagramnya berulang kali mengalami crash saat ia mencoba mengunggah stiker musik tersebut. Sepertinya fitur baru ini memang belum sempurna.

 

Gandeng perusahaan rekaman

 

Demi menghadirkan fitur ini, Instagram juga dikabarkan telah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan rekaman termasuk Universal, Sony, dan Warner. Kerja sama yang dijalin tersebut memungkinkan pengguna bisa mengakses banyak lagu populer secara resmi.

 

Pengguna nantinya juga bisa mencari musik melalui beberapa tab berbeda dengan nama Trending, Genre, dan Mood. Akan tetapi, belum ada kepastian hingga saat ini apakah stiker musik hanya akan menampilkan bagian chorus lagu atau keseluruhan. Masih belum diketahui juga apakah pengguna bisa memilih bagian tertentu dari sebuah lagu atau tidak.

 

Fitur untuk kenali lagu

 

Selain itu, Instagram dikabarkan sedang menyiapkan fitur yang dapat mendeteksi lagu yang sedang didengarkan pengguna dan menampilkan nama penyanyi serta judul lagu. Kemudian, lagu yang terdeteksi dapat ditambahkan ke dalam Story.

 

Sampai saat ini, belum diketahui kapan kedua fitur ini akan tersedia di Instagram. Yang jelas, kehadiran fitur baru pada Story dapat menjadi ancaman bagi aplikasi berbagi video sejenis, seperti Snapchat yang terus mengalami penurunan jumlah pengguna.

 

Instagram menolak berkomentar mengenai pemberitaan tersebut. Namun, mereka menyebut bahwa akan ada tiga fitur baru lain yang akan dirilis dalam waktu dekat, yaitu mode fokus saat mengambil gambar, memindai kode QR untuk mengikuti sebuah akun, dan panggilan video.

 

 

 

Sumber:

liputan6.com
beritagar.id
cnnindonesia.com
9to5mac.com
thesun.co.uk

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_1._Impression_Definisi__Jenis_dan_8_Tips_Untuk_Meningkatkan_Impression.jpg

    Technology

    Impression: Definisi, Jenis, dan 8 Tips untuk Meningkatkan Impression

    Anisa Sekarningrum

    30 June 2022
    5 min read
    H1_jadwal_fyp_tiktok.jpg

    Technology

    Jadwal FYP TikTok 2022: Jam Terbaik Untuk Upload Video

    Nurina Ulfah

    10 June 2022
    5 min read
    Untitled_design-5.jpg

    Technology

    Ingin Download Video Facebook dengan Mudah? Berikut 9 Cara Praktisnya!

    Tsalis Annisa

    09 June 2022
    4 min read

    Video