Published on

Technology

Jadi andalan Android P, Force Crash menuai kontroversi

Widyanto Gunadi

android.jpg

Sistem operasi terbaru Google, yaitu Android P, mengusung Force Crash sebagai fitur andalannya. Sesuai Namanya, Force Crash mampu menghentikan aplikasi yang tidak responsif pada smartphone Android Anda. Penasaran dengan fitur tersebut? Berikut ini ulasannya untuk Anda.

Cara kerja Force Crash

Anda pernah mengalami tersendatnya aplikasi pada smartphone? Ya, biasanya kondisi ini dikenal dengan sebutan hang. Kondisi ini pasti sangat mengganggu. Selama ini, pengguna aplikasi harus menunggu munculnya opsi Wait atau Force Close, yang membutuhkan waktu tak sebentar.

 

Oleh karena itu, Google menghadirkan fitur Force Close. Seperti dilansir liputan6.com, fitur ini sudah diluncurkan dalam versi beta pada Android P, khusus bagi developer. Fitur Force Close ini pun memiliki opsi aktivasi. Jika pengguna melakukan aktivasi, maka aplikasi yang hang otomatis akan crashed.

Force Crash dikritik

Di satu sisi, fitur Force Crash mungkin saja memang memberikan kemudahan bagi para pengguna Android. Atau sementara ini, terbatas untuk developer. Apakah fitur semacam ini memang hal baru? Sebenarnya, seperti dikutip xda-developers.com, pada Android generasi sebelumnya, kita bisa menjumpai kotak dialog App Not Responding (ANR) jika ada aplikasi yang tidak memberikan respons.

Namun kotak dialog ini sudah tidak dijumpai lagi pada Android P. Padahal, kotak dialog tersebut berguna untuk memberikan informasi kepada pengguna tentang adanya aplikasi yang tersendat. Sekarang, aplikasi yang hang akan langsung crashed di Android P, tanpa muncul notifikasi bagi pengguna. Hal ini dianggap tidak informatif dari sisi pengguna.

Developer harus ekstra perhatian

Mahasiswa jurusan ilmu komputer di University College Dublin, Adam Conway, mempertanyakan cara kerja Force Crash pada Android P. Pengguna tidak banyak diuntungkan dengan fitur yang memaksa aplikasi untuk berhenti, tanpa memberikan penjelasan di baliknya. Fitur ini malah memaksa para developer untuk memberikan perhatian lebih terhadap persoalan-persoalan terkait dan memastikan tidak ada yang keliru pada aplikasi berjalan.

 

Bagaimana pendapat Anda? Apakah Anda termasuk orang yang setuju dengan kehadiran fitur Force Crash yang digadang-gadang menjadi andalan Android P?
 

Sumber:
liputan6.com
xda-developers.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read
    H1_1._8_Tools_CRM_Terbaik_2022_Lengkap_dengan_Daftar_Harga_Layanannya.jpg

    Technology

    8 Tools CRM Terbaik 2022 Lengkap dengan Daftar Harga Layanannya

    Anisa Sekarningrum

    20 September 2022
    8 min read

    Video