Careers

Jadi manager pertama kali?

Published on
Min read
4 min read
time-icon
Widyanto Gunadi

Content palnner | Likes: Video games, music and drums, good reads, running, learning new things | Dislike: Overcomplicates simple things

man-1959859__340.jpg

Seorang manager di perusahaan pasti akan menghadapi berbagai tantangan dalam pekerjaan. Apakah Anda juga mengalaminya sebagai manager baru? Jangan khawatir. Simak tips berikut ini supaya Anda dapat menjalankan peran, sebagai manager pertama kali, dengan baik. 

 

Kenali staf 

Kenali anggota staf Anda dari awal. Mendekatkan diri dengan staf akan membuat Anda memahami karakter dan gaya kerja mereka. Anda juga akan mengetahui kebutuhan staf. Biarkan juga staf Anda mengenal Anda, manager mereka, secara pribadi. Staf Anda harus tahu bahwa manager mereka pemimpin yang baik. Bangunlah citra positif sebagai manager. Anda tentu tak mau staf jadi benci dengan manager karena Anda terlalu kaku, dan susah diajak bekerja sama, bukan? 

 

Pahami proses bisnis 

Anda adalah manager. Oleh sebab itu, pelajari dan pahami seluruh proses bisnis yang ada. Tujuannya, agar Anda jadi bisa menangani masalah yang dihadapi staf. Selain itu, staf juga akan lebih percaya pada Anda. Bersiaplah untuk memainkan berbagai peran. Kuncinya adalah komunikasi. Selama semua bisa dikomunikasikan dengan jelas dan baik, maka Anda akan sukses sebagai manager.  

 

Berlaku adil 

Sebagai pemimpin tim, Anda harus bersikap adil dalam memperlakukan semua staf. Staf bisa mengetahui saat Anda pilih kasih. Bila staf tak mempercayai Anda, tentu suasana kerja menjadi negatif, dan ini bisa berdampak pada perusahaan. Oleh karena itu, selalu berlaku adil terhadap semua staf Anda ya!

 

Tetapkan tujuan bersama 

Anda juga harus menetapkan dengan jelas tujuan bersama tim. Dengan adanya gol yang jelas, staf Anda jadi mengerti apa yang harus dicapai. Anda juga akan dengan lebih mudah menilai performa dan kinerja mereka. Tim kerja yang memiliki fokus jelas, akan lebih produktif dalam keseharian mereka. 

 

Temukan mentor 

Anda adalah manager baru. Wajar jika Anda terkadang mengalami kebingungan. Carilah seorang mentor yang bisa membimbing Anda. Jadikan mentor tersebut sebagai partner diskusi, untuk menjadikan diri Anda manager yang lebih baik. Manager yang baik itu tidak pernah berhenti belajar memperbaiki dirinya. 

 

Jadi panutan bagi tim 

Anda seharusnya menjadi contoh bagi tim. Jika ingin tim bekerja maksimal, maka Anda juga harus melakukan hal yang sama. Ingatlah bahwa manager adalah pemimpin, bukan bos. Pemimpin dapat menunjukkan caranya menyelesaikan tugas. Bos hanya dapat menyuruh staf, tanpa mau tahu kesulitan mereka. Jadilah pemimpin panutan staf Anda, ya! 

 

Sumber:
fasteconomy.com
entrepreneur.com
forbes.com

0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_1._Cara_Menulis_Artikel_yang_Baik_Untuk_Pemula.jpg

    Careers

    10 Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar untuk Pemula

    Anisa Sekarningrum

    19 December 2022
    5 min read
    ucapan_perpisahan_kerja_-_EKRUT.jpg

    Careers

    Tips Menyampaikan Kata-kata Perpisahan Kerja yang Berkesan beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    19 December 2022
    7 min read
    5.Bagaimana_cara_Anda_untuk_menciptakan_lingkungan_kerja_yang_kondusif__(1).jpg

    Careers

    8 Pertanyaan Tentang Kepemimpinan Saat Interview Kerja beserta Jawaban Terbaiknya

    Gloria Renatha

    16 December 2022
    5 min read

    Video