Media

Jangan ditunda lagi, berikut pengembangan karier anti wacana yang bisa kamu lakukan
By Nelson Simbolon - 17 December 2018
4 min read 85 Views

Mengembangkan karier bukan hal mudah yang sudah dilakukan semua orang. Meski begitu, usaha menuju ke sana harus tetap dilakoni agar kita bisa berkembang. Dalam pengembangan karier, ada tiga hal dasar yang diperlukan, antara lain kemampuan baru, kapablitas, dan pengalaman. Ketika para pekerja berpikir bagaimana karier mereka bisa berkembang, mereka seharusnya berpikir bagaimana bisa mendapatkan promosi jabatan.

Karena ketika seorang karyawan dipromosikan, pekerjaan yang tersedia bagi mereka akan lebih sedikit, namun mereka akan terus mengembangkan keterampilan dan pengalaman untuk menambah nilai karier mereka.

 

Tips mengembangkan karier

Menurut Vice President dan Managing Director dari Apollo Research Institute and Visiting Scholar di Stanford University, Dr. Tracey Wilen-Daugenti, ada 5 hal yang harus diperhatikan dalam melakukan manajemen karier secara strategis.

1. Carilah apa yang kamu inginkan dari pekerjaanmu saat ini. Karena orang-orang paling sukses dan puas atas karier mereka selalu menentukan apa yang mereka inginkan dari pekerjaan mereka. Setelah itu, buatlah rencana untuk mencapai tujuanmu tersebut.

2. Buatlah alur waktu dan daftarkan pencapaian apa saja yang harus kamu raih untuk mencapai tujuan utamamu.

3. Beberapa perusahaan memiliki program untuk membantu para karyawannya mengembangkan diri mereka. Bila ada, kamu bisa memanfaatkan kesempatan yang tersedia di perusahaanmu.

4. Biasanya, pertumbuhan karier karyawan akan dibahas dalam beberapa pertemuan selama setahun dengan para petinggi perusahaan. Perusahaan selalu berusaha melihat komitmen dari karyawannya, apakah ia layak mendapatkan promosi atau tidak.

5. Perkembangan karier selalu sejalan dengan target yang ditetapkan perusahaan. Cobalah untuk menyusun rencana-rencanamu untuk bisa selalu memenuhi target perusahaan.

 

Tips memanajemen karier

Bagi kamu yang sudah berhasil mendapatkan promosi jabatan, Dr. Tracey Wilen, merekomendasikan beberapa strategi untuk memanajemen karier.

1. Selalu proaktif untuk mengajak atasanmu berdiskusi mengenai tujuan kariermu dan bagaimana kamu bersama atasanmu bisa mencapai tujuan tersebut.

2. Temukan kemampuan apa yang harus kamu miliki, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, untuk bisa memenuhi target kariermu.

3. Mintalah sesi bertemu tatap muka dengan atasan maupun tim kerjamu (one-on-one) untuk membahas perjalanan kariermu dan mereka. Biasanya, kamu akan mendapatkan atau memberikan banyak masukan dari pengalaman kamu bekerja sama.

4. Lakukanlah beberapa pekerjaan suka rela untuk membantu perusahaan memenuhi target. Salah satu cara yang paling jitu adalah dengan menyelesaikan masalah organisasional dan memberikan solusi yang ampuh.

5. Berdiskusi juga dengan bagian personalia untuk membahas mengenai pengembangan karier dan kesempatan untuk mengikuti pelatihan guna menambah keterampilanmu.

 

Rekomendasi bacaan:

 

Sumber:

Tags:

  • karier
  • perusahaan
  • karyawan
  • kerja
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang