Published on

Careers

Jangan katakan 5 kalimat terlarang ini pada atasan!

Maria Yuniar

photo-1484981138541-3d074aa97716.jpg

Sikap Anda, sebagai karyawan, di tempat kerja ataupun di luar pekerjaan, memberikan kesan khusus di mata atasan. Hal ini pastinya menentukan karier Anda. Apakah kemampuan berkomunikasi dengan atasan juga mempengaruhi sukses tidaknya seorang karyawan di suatu perusahaan? Nah, berkaitan dengan komunikasi, berikut ini adalah kalimat terlarang yang sebaiknya tidak disampaikan kepada atasan.

 

“Saya tidak mampu menyelesaikan tugas ini.”

Setiap harinya, Anda mungkin dibebani berbagai tugas dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Nah, jika dibebani pekerjaan yang sulit, bukan berarti Anda serta merta Anda bisa mengucapkan kalimat yang tidak sopan. Misalnya saja kalimat di atas tersebut. Dengan mengucapkan kalimat itu, Anda secara tidak langsung sudah menurunkan kualitas Anda di mata atasan. Akibatnya, kepercayaannya terhadap Anda pun ikut berkurang. Jadi, cobalah untuk berpikir positif dan bersikap optimistis!

 

“Itu bukan tugas saya!”

Di berbagai perusahaan, banyak karyawan yang kurang bisa mengontrol emosi dan perkataannya. Sehingga, pada saat atasan meminta tolong untuk melakukan hal yang bukan tugas mereka, dengan tegasnya mereka berkata "Itu bukan tugas saya!" Anda dapat menolak dengan sopan dan menawarkan beberapa alternatif, misalnya "Saya akan mengerjakan itu, tapi setelah deadline tugas ini selesai. Apakah boleh?". Apabila cara yang Anda sampaikan sopan dan logis, tentu atasan Anda akan menghargai hal tersebut.  

 

“Saya bosan!”

Anda sering merasa bosan dengan pekerjaan yang itu-itu saja? Anda merasa tidak berkembang? Meskipun demikian, Anda tetap harus bersikap sopan dan tetap menjalankan pekerjaan dengan baik. Kalaupun Anda bosan dan ingin meningkatkan skill dalam pekerjaan, Anda bisa memilih kalimat yang lebih sopan. Sebab, menyampaikan kebosanan bisa menurunkan kualitas Anda di mata atasan.

 

“Saya tidak punya waktu.”

Seringkali, ketika terjadi perubahan manajemen atau pemberhentian karyawan besar-besaran, muncul beban bagi karyawan-karyawan yang tersisa. Sebab, tugas mereka akan terus bertambah. Anda tentunya tidak mempunyai cukup waktu untuk mengerjakan semua itu, tetapi berusahalah untuk tidak menolak mentah-mentah. Anda dapat memberitahukan atasan bahwa Anda dapat mengerjakan tugas yang diberikan, tetapi Anda masih memiliki tugas lain yang menjadi prioritas. Sehingga, tugas tersebut baru dikerjakan di kemudian hari. Hindari mengatakan, “Saya tidak punya waktu”, karena hal tersebut akan menurunkan penilaian atasan Anda dan dipandang tidak beretika.

 

“Saya tidak cocok dengan pekerjaan ini!”

Kalimat yang satu ini adalah kalimat terlarang yang tak boleh Anda ucapkan. Jangan pernah mengatakan ini kepada atasan Anda. Setiap pekerjaan tentu memiliki kesulitan dan tantangan tersendiri. Jadi, apabila mengatakan hal tersebut, Anda akan dicap tidak profesional dan tentu dapat menurunkan reputasi Anda. Jadi, cobalah untuk mengerjakan setiap tugas dengan sepenuh hati dan jaga perkataan Anda. 

Nah, itu tadi kalimat-kalimat terlarang yang tak boleh Anda katakan pada atasan Anda agar karier Anda tetap baik. Anda boleh saja lelah bekerja, tapi jangan sampai melontarkan kalimat tersebut ya!

 

Sumber:
fastcompany.com
dnetwork.net
liputan6.com
lowongan.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    5_Contoh_daftar_riwayat_hidup_yang_profesional_dan_relevan_untuk_ditulis.jpg

    Careers

    8 Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Profesional beserta Informasi yang Perlu Dicantumkan

    Sylvia Rheny

    03 October 2022
    8 min read
    0-creative-thinking.jpg

    Careers

    7 Cara Meningkatkan Creative Thinking dan Pentingnya dalam Dunia Kerja

    Arin Khurota

    30 September 2022
    6 min read
    efikasi-diri-adalah-EKRUT.jpg

    Careers

    Hubungan efikasi diri dengan tingkat produktivitas kerja

    Nur Lella Junaedi

    30 September 2022
    5 min read

    Video