Published on

Technology

Jangan pernah taruh password di Trello!

Widyanto Gunadi

icon-2174737__340.png

Anda yang bekerja di bidang kreatif dan mesti pintar mengatur prioritas kerja, tentu sudah tidak asing dengan Trello. Aplikasi yang memungkinkan Anda untuk membuat pengaturan kerja secara efisien ini, rupanya memiliki kelemahan dari sisi keamanan. Berikut ini ulasan lengkapnya untuk Anda.

 

Password di papan Trello

Menggunakan Trello memang mudah dan efisien. Anda bisa menaruh informasi penting soal pekerjaan, atau hal lain yang berkaitan dengan proyek. Namun, David Shear dari firma keamanan Flashpoint mengungkapkan, ternyata ada banyak papan kerja di Trello yang berisi password, informasi login, dan data sensitif lainnya. 

 


Sumber: Twitter

 

Hal ini bisa menjadi satu sasaran empuk bagi para hacker yang berniat jahat. David dan rekannya, Brian Krebs, melaporkan papan-papan tersebut ke manajemen Trello. Bahkan, ada beberapa di antara mereka, yang telah diperingatkan oleh para hacker berniat baik dengan pesan "Ubah password Anda" di beberapa papan.

 

Pengamanan konsisten

Mengingat mulai banyaknya isu beredar seputar password, pihak Trello pun angkat bicara. Juru bicara. Trello menyatakan telah memasang beberapa pengaman, untuk memastikan suatu papan umum dibuat secara sengaja. Mereka juga telah membuat bahasa yang jelas soal pengaturan privasi, dan visibilitas tiap papan. 

 

 

Kasus umum

Penyalahgunaan password akibat tersebarnya hal itu di papan Trello bukan kasus yang sepele. Bahkan, kasus seperti ini bisa dikatakan sangat umum terjadi di dunia teknologi sekarang. Di Github, salah satu platform yang banyak menyimpan data pengguna, juga sudah sering ditemukan berbagai password pribadi. 

 

 

Jadi, hindarilah menyimpan password pribadi dan data penting lain di papan Trello untuk publik. Tetapkan juga operasional keamanan tingkat dasar, dengan tidak menampilkan password di situs lain yang mungkin dapat terlihat publik. 

 

Rekomendasi bacaan:
Ini jadwal peluncuran game-game E3
Di balik strategi flash sale Xiaomi
Kecanduan game ternyata gangguan mental lho!

 

Sumber:
journalposts.com
techcrunch.com
gizmodo.com.au
 

Tags

Share