Media

Jangan sampai Facebook sebarkan data pribadi Anda!
By Widyanto Gunadi - 6 June 2018
44 Views

Masih sering menggunakan medsos buatan Mark Zuckerberg ini? Takut data pribadi Anda tersebar? Tak perlu khawatir, Anda tetap bisa main Facebook dengan aman tanpa khawatir data pribadi Anda tersebar. 

Media sosial memang sering dijadikan alat berkomunikasi dengan teman, keluarga maupun kerabat. Nah, agar Anda tetap bisa aman bermain media sosial bernama Facebook ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Begini caranya!

 

Atur privasi

Sebagai langkah pertama, Anda sebaiknya mengatur settingan privasi agar tidak sembarangan orang dapat melihat profil dan konten Facebook Anda. Selain itu, jangan sembarangan approve teman. Approve teman yang Anda kenal saja.

 

Kendalikan informasi personal

Pengaturan ini termasuk menghapus postingan yang telah dibagikan, hingga reaksi pengguna terhadap postingan orang lain. Menghapus permintaan pertemanan hingga kata yang pernah dicari dalam platform Facebook pun bisa dilakukan. Raksasa Internet ini memperkenalkan fitur Access Your Information (Akses Informasi Anda) untuk hal tersebut.

Cara ini memungkinkan para pengguna mengendalikan informasi personal mereka. Beberapa konten yang bisa dikendalikan adalah postingan, reaksi, komentar dan topik yang pernah dicari. Pengguna bisa mengakses fitur ini untuk menghapus seluruh postingan yang tidak ingin ditampilkan di Facebook, baik linimasa maupun profil. 

 

Hindari posting informasi data diri terlalu lengkap

Jangan memajang nomor ponsel atau data diri lainnya terlalu lengkap pada profil Anda.  Jika ini dilakukan, hacker nantinya bisa menggunakan informasi tersebut untuk menyebarkan spam. Selain itu, orang lain yang dendam pada Anda bisa saja menggunakan info itu untuk mem-bully Anda. Semakin sedikit exposure di Facebook akan semakin baik.

 

Unduh semua data Facebook Anda

Facebook sebenarnya memiliki fitur agar pengguna bisa mengunduh dan melakukan backup semua data yang ada pada akun masing-masing. Caranya mudah. Pada bagian pojok kanan atas, tekan tombol panah ke bawah untuk memunculkan menu. Kemudian, pilih menu "setting". Kemudian pada halaman "General Account Setting", Anda akan menemukan tombol "Download a copy". Tombol ini berfungsi untuk mengunduh semua aktivitas Anda di Facebook, termasuk dengan informasi-informasi yang telah Anda posting, pesan terkirim, hingga iklan yang telah Anda klik.

 

Ubah setelan linimasa dan tagging

Pada menu "setting" atau setelan, Facebook juga melengkapi pengaturan agar Anda dapat memilih orang-orang yang bisa melihat aktivitas Anda. Ada beberapa pilihan di sini, yaitu: setelan untuk linimasa dan setelan untuk "tagging". Pada setelan untuk linimasa, Anda bisa memilih orang-orang yang bisa melihat postingan-postingan Anda. Sementara itu, pada menu "tagging", Anda juga dapat menentukan teman-teman yang bisa menandai (tag) Anda pada postingan mereka.

Nah, dengan menggunakan cara ini Anda, niscaya akan terhindar dari ketidakamanan penggunaan medsos Facebook. Jangan lupa untuk tetap update informasi terkini mengenai perubahan medsos dan keamanannya.

 

Rekomendasi bacaan:
Microsoft resmi akuisisi GitHub Rp 104 triliun
Tahukah Anda, 2 merek terbesar dunia berasal dair Tiongkok?
Mengapa voice assistant sering pakai suara perempuan?

 

Sumber:
pcmag.com
detik.com
kompas.com
cnnindonesia.com
 

Tags:

  • data
  • medsos
  • media sosial
  • Facebook
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang