Published on

startup

Jangan takut bikin startup

Widyanto Gunadi

bikin_startup.jpg

Apakah Anda tertarik membangun perusahaan rintisan? Startup atau perusahaan rintisan belakangan ini menjadi tren tersendiri. Beberapa startup yang sukses, termasuk Go-Jek, Facebook, Dropbox, dan Whatsapp sudah memiliki nilai Rp 1 triliun dan semakin membuat bisnis startup menarik. Nah, buat Anda yang berniat merintis startup dan masih pemula, yuk ikuti tips berikut!

 

Fokus pada bisnis yang Anda pilih

Seiring dengan semakin berkembangnya dunia maya, saat ini seakan-akan semua hal dapat menjadi peluang bisnis. Dengan begitu banyaknya peluang yang dapat diambil, mungkin Anda akan bingung memilih satu peluang untuk dikembangkan. Tak jarang, banyak orang yang malah mencoba untuk mengembangkan banyak peluang dalam waktu yang bersamaan. Namun, apakah itu salah? Tidak ada yang benar atau salah. Sebab, semuanya tergantung kemampuan masing-masing. Namun akan lebih baik jika Anda fokus pada satu peluang saja.

Dengan begitu, seluruh ide dan pikiran Anda untuk mengembangkan bisnis akan lebih terarah. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengeksekusi semua ide-ide tersebut. Mengurus satu bisnis saja sudah sulit, apalagi kalau banyak.

 

Buat konsep bisnis terbaik

Anggaplah tidak ada investor yang mau berinvestasi, karena mereka belum tahu standar dari konsep bisnis Anda. Oleh karena itu, tunjukkan bahwa konsep bisnis ini akan sangat menguntungkan mereka. Jalankan konsep bisnis Anda dengan modal seadanya untuk memberi bukti nyata kepada investor. Ketika Anda sudah menunjukkan bahwa konsep Anda yang terbaik, percayalah, para investor akan mencari-cari Anda.

 

Kuasai segala hal tentang bisnis Anda

Di awal memulai bisnis, umumnya jarang ada investor yang berani mengucurkan uang. Namun kesempatan itu bisa datang kapan pun. Jadi, Anda harus kuasai betul segalanya tentang bisnis yang Anda geluti dan selalu siap menjelaskan kepada calon investor. Tujuannya, tak lain untuk meyakinkan calon investor bahwa startup Anda memang layak menerima pendanaan.

 

Kenali ekosistemnya

Sebelum mulai membangun startup, kenalilah ekosistem bisnisnya. Jangan andalkan pengetahuan Anda sendiri. Oleh karena itu, kehadiran mentor atau konsultan merupakan hal yang penting. Jadi, Anda akan menerima banyak masukan yang membangun.

Sudah siap mendirikan startup? Jangan takut! Yuk, matangkan visi Anda dan lakukan tips di atas agar startup Anda berkembang.

 

Sumber:
cnbcindonesia.com
privy.id
dosenekonomi.com

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_1._Startup_Adalah_Definisi__Cara_Kerja__Kelebihan-Kekurangan__dan_6_Tipe_Perusahaannya.jpg

startup

Startup Adalah: Definisi, Cara Kerja, Kelebihan-Kekurangan, dan 6 Tipe Perusahaannya

Anisa Sekarningrum

28 April 2022
5 min read
H1_ojk_adalah.jpg

startup

Mengenal Apa itu OJK? Mulai dari Tujuan, Peran, Fungsi, dan 4 Wewenangnya

Alvina Vivian

08 April 2022
5 min read
pexels-fauxels-3184292.jpg

startup

Perencanaan Strategis: Definisi, Komponen, dan 3 Manfaatnya

Chrissila Jessica

18 March 2022
4 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read