Published on

Careers

9 Tanda kamu butuh cuti secepatnya

Maria Yuniar

cuti.jpg

Seringkali waktu kita habis untuk bekerja. Terlebih jika ada deadline yang menumpuk, dan semakin membuatmu tidak punya waktu istirahat. Fokus dengan pekerjaan memang bagus. Namun jangan sampai membuatmu lupa waktu.

Saat pekerjaanmu sedang menumpuk dan kamu merasakan stres yang luar biasa, ada baiknya kamu mengambil cuti dan pergi berwisata sejenak. Berlibur sejenak bisa mengisi ulang tenaga dan semangatmu, sehingga produktivitas dalam bekerja pun bisa kembali maksimal.

Berikut ini beberapa tanda yang menunjukkan kamu mesti segera cuti.

Bekerja terus-terusan tanpa cuti

tanda butuh cuti - EKRUT
Jika kamu merasa hampir semua waktu dihabiskan hanya untuk bekerja maka ini tanda kamu butuh cuti - EKRUT

Pernahkah kamu merasa jika pekerjaan terus saja menumpuk dan seolah tidak pernah ada habisnya? Hal ini sering terjadi saat kamu mungkin menyelesaikan satu pekerjaan dan pekerjaan lainnya sudah mengantre di depan mata.

Ini menandakan jika sistem kerjamu sudah tidak lagi profesional dan membuatmu tidak menyelesaikan pekerjaan secara efisien. Untuk itu, segera ajukan cuti untuk pergi berlibur.

Susah fokus 

tanda butuh cuti - EKRUT
Gunakan waktu cuti untuk mengembalikan semangat dan fokus kerja - EKRUT

Tanda-tanda yang paling menunjukkan kamu perlu cuti dari pekerjaan adalah, ketika kamu sulit fokus. Mungkin kamu ingin fokus terhadap pekerjaan, tapi pikiran tidak bisa. Kamu merasa jika pikiran selalu dipenuhi dengan masalah lainnya sehingga membuatmu tidak fokus saat bekerja. Tentu saja hal ini akan menyebabkan peforma bekerja menurun.

Baca juga: 7 Ragam hak cuti karyawan yang patut kamu ketahui

Tidak ada waktu untuk bersosialisasi 

tanda butuh cuti - EKRUT
Gunakan cuti untuk bersosialisasi dengan teman-teman terdekat - EKRUT

Sering merasa tidak ada waktu untuk diri sendiri maupun bersosialisasi? Cobalah untuk segera beristirahat sejenak dari padatnya pekerjaan yang kamu lakukan.

Meluangkan waktu untuk sekadar menjalani hobi yang kamu sukai akan membuat pikiran tetap fresh, meskipun pekerjaan sedang menumpuk. Untuk itu, segera luangkan waktu dan ambil cuti sejenak. Jadi, kamu bisa kembali ke kantor dalam kondisi penuh semangat.

Mudah jatuh sakit 

tanda butuh cuti - EKRUT
Jika kamu sering sakit karena pekerjaan mungkin itu tanda kamu sudah kelelahan dan butuh istirahat - EKRUT

Pekerjaan yang tidak ada habisnya terkadang membuat orang kebanyakan lupa akan kesehatan, termasuk lupa untuk istirahat dan makan. Akibatnya tentu saja tubuh menjadi mudah sakit.

Kondisi fisik yang menurun akan membuat pekerjaanmu terbengkalai. Tidak ada salahnya jika kamu mengajukan cuti sehingga bisa menggunakan waktu untuk beristirahat dan merilekskan diri sejenak. 

Tidak punya waktu untuk keluarga 

tanda butuh cuti - EKRUT
Jangan lupakan waktu untuk keluarga juga penting untuk diperhatikan - EKRUT

Jika anggota keluarga satu persatu mulai menanyakan kabar dan keberadaan kamu, mungkin itu adalah pertanda lainnya kesibukanmu telah mengambil momen dan waktu kamu untuk terhubung dengan keluarga. 

Ambilah cuti untuk melakukan liburan bersama keluarga atau sekedar kumpul keluarga. Dengan begitu kamu bisa tetap terhubung, memahami dan menjaga relasi dalam keluarga. 

Baca juga: 7 Tips jitu agar pengajuan cuti disetujui atasan

Wajah terlihat lesu dan letih

tanda butuh cuti - EKRUT
Wajah lesu dan letih menunjukkan tingkat stres yang kamu rasakan - EKRUT

Wajah yang lesu dan letih bahkan tidak terlihat bersemangat sama sekali, bisa menandakan tingkat stres seseorang. Jika stres dibiarkan tanpa ada solusi, penyakit akan muncul di kemudian hari. Nah, untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa mencoba beristirahat dengan mengambil cuti untuk mengatasi kondisimu yang stres.

Insomnia

tanda butuh cuti - EKRUT
Insomnia akan memengaruhi kinerja kamu di kantor - EKRUT

Banyak orang yang merasa sulit tidur saat malam maupun suka terbangun tengah malam. Keluhan tersebut biasanya terjadi karena stres akibat pekerjaan. Bekerja berlebihan atau terlalu fokus terhadap sesuatu juga bisa menyebabkan insomnia. Jadi, ada baiknya kamu beristirahat dan mengambil cuti untuk liburan.

Tak berhenti pikirkan pekerjaan

tanda butuh cuti - EKRUT
Mengurus pekerjaan bahkan di luar jam kerja menjadi pertanda kamu harus cuti - EKRUT

Di luar jam kerja pun kamu tidak bisa berhenti membicarakan pekerjaan. Kamu juga tidak bisa lepas dari telepon genggam. Bila sudah seperti ini, kamu harus segera menyadari dan menyembuhkannya dengan beberapa hari cuti.

Baca juga: Kenali gejala dan cara mengatasi burnout di tempat kerja

Pekerjaan sampai terbawa mimpi

tanda butuh cuti - EKRUT
Memikirkan pekerjaan hingga ke dalam mimpi menunjukkan bahwa kamu sudah penat - EKRUT

Otak kita yang diprogram memikirkan sesuatu terus menerus dapat berlanjut saat kita tidur. Mimpi buruk yang menggambarkan situasi kerja sangat berpotensi membangunkanmu dan membuat tidur tidak nyaman.

Gunakan waktu tidur sebaik mungkin. Kamu juga bisa memutar musik kesukaan saat pergi tidur sebagai relaksasi. Tak ada salahnya mengajukan cuti dan meluangkan waktu untuk bersantai.

Jadi, asalkan kamu menggunakan cuti untuk kebutuhan yang penting, misalnya untuk beristirahat dan merilekskan diri sejenak agar tubuh dan pikiran kembali segar, hal itu tidak ada salahnya kok. Cobalah untuk mengambil cuti, terutama jika kamu sudah mengalami tanda-tanda di atas. 

cuti - EKRUT
Last update 27 September 2020

Sumber:

Tags

Share