Media

“Jual" dirimu lewat foto di CV
By Widyanto Gunadi - 8 August 2018
1736 Views

Mempersiapkan surat lamaran atau cover letter, curriculum vitae (CV) atau resume, serta portofolio, bukanlah hal yang main-main dalam proses melamar kerja. Jangan sampai ada detil yang tertinggal, termasuk pasfoto pada CV. Pilihan untuk menyertakan foto dalam CV memang sempat menjadi perdebatan para praktisi rekrutmen. Namun, kehadiran foto pada CV sebenarnya malah memperkuat daya tawarmu di mata perusahaan. Simak ulasannya berikut ini untuk kamu.

 

Era multimedia

Kita saat ini hidup di era multimedia. Seperti dilansir forbes.com, beberapa tahun lalu, hanya segelintir surat kabar dan majalah yang menyertakan foto penulis di setiap artikel. Namun sekarang, hampir semua media melakukannya. Bahkan dalam setahun mendatang, kita bisa saja melihat media menggunakan image dengan format GIF berkecepatan tinggi, untuk menggantikan foto statis penulis.

 

Belajar dari LinkedIn

Oh ya tentu saja, resume berbeda dari artikel media massa. Namun ada satu hal yang sama. Baik artikel media massa, maupun resume yang diterima divisi human resources development (HRD) alias sumber daya manusia (SDM) pun kini menjadi sangat visual dan komunikatif.

Sekarang, sebagian besar profil para profesional di LinkedIn pasti menyertakan foto, bukan? Anda malahan akan dicap naif dan tidak profesional, apabila tidak memasang foto pada profil akun LinkedIn milikmu.

 

Foto untuk memikat HRD

Seperti dilansir thebalancecareers.com, para kandidat memang memanfaatkan profil LinkedIn untuk mencari kerja. Di sisi lain, para perekrut juga melakukan pencarian calon pekerja di LinkedIn. Oleh karena itu, jika memang yakin penampilanmu menjadi aset berharga bagi perusahaan yang dituju, jangan ragu-ragu memasang foto pada akun profil LinkedIn.

Penampilan yang menarik, terpercaya, dan bersahabat, pasti menjadi nilai tambahmu di mata HRD. Jika kamu mengincar posisi penjualan, resepsionis, bartender, perencana keuangan, hubungan masyarakat, serta perekrut, maka memasukkan foto dalam resume dapat meningkatkan daya tarikmu bagi perusahaan. 

Bagaimana pendapatmu? Apakah kamu sudah menyiapkan foto yang profesional tapi tetap menarik untuk resume?

 

Rekomendasi bacaan:
3 soft skill programmer incaran perusahaan
Bahasa pemrograman Go ternyata tak serumit C atau Java
Masa depan dunia digital di tangan AI dan big data

 

Sumber:
forbes.com
thebalancecareers.com

Tags:

  • resume
  • pasfoto
  • foto
  • melamar kerja
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang