Published on

Careers

5 Contoh kalimat pembuka presentasi singkat yang profesional dan efektif

Natasya Primatyassari

Kalimat_pembuka_presentasi.jpg

Menyampaikan presentasi, baik dalam kelompok kecil maupun di hadapan publik, sudah menjadi hal yang biasa dilakukan di tempat kerja. Keahlian ini diperlukan oleh berbagai profesi untuk memaparkan hal-hal tertentu misalnya, mengenai promosi penjualan, pembaruan data pemasaran, atau hasil penelitian.

Terlepas dari konten yang akan disampaikan, menyusun pengantar atau kalimat pembuka presentasi yang menarik merupakan salah satu langkah penting yang harus dilakukan agar audiens antusias menyimak penjelasanmu. 

Baca juga: 7 Tips public speaking yang bisa kamu coba

Format dan susunan kalimat pembuka presentasi

Format dan susunan kalimat pembuka presentasi
Menyusun kalimat pembuka presentasi yang menarik merupakan langkah penting yang harus dilakukan - Pexels

Sebelum memulai memaparkan hal-hal penting, kamu dapat menyampaikan kalimat pembuka presentasi terlebih dahulu. Sebagai referensi, kamu dapat menggunakan poin-poin berikut seperti dilansir dari indeed.com.

1. Ucapkan salam dan perkenalkan diri

Di bagian ini, kamu dapat menyapa audiens dengan salam dan menginformasikan kepada mereka mengenai identitas diri serta latar belakang pendidikan atau pekerjaan bila diperlukan. Setelah audiens mengetahui namamu, beri penjelasan juga mengapa mereka harus mendengarkan presentasimu. Kamu harus mencitrakan diri sebagai profesional yang cakap dan menarik perhatian audiens sehingga mereka terdorong mempelajari lebih lanjut tentang topik yang akan disampaikan.

2. Sampaikan garis besar topik atau materi presentasi

Informasikan kepada audiens mengenai materi yang akan dibahas secara ringkas dan terorganisir. Kamu juga perlu membuat mereka relevan dengan penjelasan yang akan kamu sampaikan. Kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan data atau statistik untuk membantu menyampaikan pentingnya materi tersebut. 

3. Bagikan cerita singkat

Sebelum memulai presentasi, kamu dapat menceritakan kisah singkat yang lucu, idealis, atau menggugah pikiran sekitar 30 detik hingga 1 menit. Namun ingat, informasi yang dibangun tetap harus relevan. Hal ini akan dapat membantu mencairkan suasana dan membangun hubungan baik dengan audiens.

4. Buat pernyataan menarik

Jika kamu tidak memiliki cerita pribadi untuk dibagikan kepada audiens, kamu dapat membagikan fakta yang menggugah pikiran mengenai presentasi yang akan dibawakan. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan pendekatan ini, pastikan untuk menyampaikan pernyataan menarik tersebut dengan bahasa tubuh dan intonasi suara yang percaya diri.

5. Ajak audiens untuk terlibat

Jika kamu tidak punya rencana untuk mengungkapkan pernyataan menarik atau menceritakan sebuah kisah, kamu dapat meminta audiens untuk berpartisipasi. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengajukan pertanyaan terbuka yang mengharuskan mereka mengangkat tangan atau berdiri untuk menjawab. Strategi ini paling ideal digunakan ketika menghadapi audiens dengan skala kecil.

Baca juga: 8 Tips presentasi efektif dan menarik

5 Contoh kalimat pembuka presentasi

5 Contoh kalimat pembuka presentasi
Presentasi dapat dibuka dengan pernyataan menarik, cerita singkat, ataupun melibatkan audiens dengan pertanyaan - Unsplash

Setelah mengetahui format dan susunan kalimat pembuka presentasi di atas, coba simak beberapa contoh berikut agar kamu mendapat gambaran yang lebih jelas.

Contoh kalimat pembuka presentasi 1

“Nama saya Joanne, dan saya adalah Kepala Pemasaran di perusahaan XYZ. Lima tahun lalu saya bekerja sebagai pelayan, menghasilkan $10/jam, dan mendapat berbagai surat penolakan dari editor. Sekitar sepuluh surat setiap minggu mendarat di kotak surat saya. Kalian tahu bahwa saya senang bermain dengan kata-kata, tetapi penerbit menganggap tulisan saya masih belum layak. Justru pemilik restoran tempat saya bekerja menyadari hal itu. Saya sangat pandai menjual dan merekomendasikan hidangan kepada pelanggan. Atasan saya bahkan menaikkan gaji saya menjadi $15/jam sebagai penghargaan atas keahlian saya.

Dan ini membuat saya sadar: Saya harus meninggalkan penulisan umum dan fokus pada copywriting saja. Setelah banyak percobaan dan kesalahan, saya belajar bagaimana menulis teks persuasif. Saya tidak lagi menerima surat penolakan. Saya menerima ribuan email yang mengatakan bahwa seseorang baru saja membeli produk dari perusahaan kami. Halaman tulisan penjualan saya menghasilkan pendapatan lebih dari $1.500.000 dalam setahun dan saya ingin berbagi tips kepada Anda agar dapat melakukan hal serupa.”

Contoh kalimat pembuka presentasi 2

“Hadirin yang terhormat, berdirilah dari tempat duduk jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara mendapatkan lebih banyak pelanggan dan mengidentifikasi mereka secara efektif. Saat ini, perkenalkan diri Anda kepada teman di samping kiri dan kanan kemudian silakan duduk kembali.”

Contoh kalimat pembuka presentasi 3

“Hadirin, Anda akan hidup tujuh setengah menit lebih lama dari yang seharusnya, hanya karena Anda mendengarkan pembahasan ini.”

Contoh kalimat pembuka presentasi 4

“Ketika saya bekerja sebagai manajer di suatu perusahaan, saya merasa bangga dengan kualitas hubungan pelanggan yang kami peroleh. Namun, hal itu sulit dipertahankan karena saya juga harus memikirkan strategi bisnis sekaligus menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan sehari-hari. Seandainya saya menggunakan alat manajemen pelanggan yang efektif seperti yang akan saya ceritakan hari ini, saya paham itu akan membuat perbedaan yang signifikan.”

Contoh kalimat pembuka presentasi 5

“Nama saya Jerry dan saya adalah seorang Lead Software Engineer di platform Orange. Saya adalah tipe kutu buku yang tidak pernah suka tampil di depan banyak orang. Sebenarnya saya lebih suka tinggal di ruang kerja dan menulis kode sepanjang hari.

Namun, karena saya telah mengumpulkan cukup keberanian, mari kita diskusikan mengenai fitur baru yang akan dirilis oleh tim saya.”

Baca juga: 8 Aplikasi presentasi selain PowerPoint

Nah, itu tadi pembahasan mengenai kalimat pembuka presentasi beserta contohnya yang dapat kamu aplikasikan di tempat kerja. Jika kamu masih merasa perlu untuk mengasah kemampuan public speaking agar semakin percaya diri berbicara di depan publik, silakan cek video di bawah ini, ya!

sign up EKRUT

Sumber:

  • indeed.com
  • slidemodel.com 
  • virtualspeech.com

Tags

Share