Published on

Careers

8 Cara meningkatkan kemampuan komunikasi demi kemajuan karier

Tsalis Annisa

kemampuan-komunikasi-EKRUT.jpg

Apapun jenis bidang yang kamu tekuni, kemampuan komunikasi dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan. Kamu perlu berkomunikasi dengan orang-orang yang terlibat dalam perusahaan agar dapat memenuhi deadline, mendiskusikan target, bahkan membangun hubungan yang baik antar sesama rekan kerja.

Seorang pemimpin yang baik juga harus mampu menyampaikan tujuannya melalui komunikasi yang efektif. Inilah sebabnya kemampuan komunikasi amat penting bagi kamu yang sedang mendaki tangga karier. Mengembangkan keterampilan komunikasi dapat membantu banyak aspek kehidupan, mulai dari karier profesional, pertemuan sosial, hingga kehidupan keluarga.

Kemampuan komunikasi, baik verbal maupun tertulis, yang baik sangat penting untuk menyampaikan dan memahami informasi dengan cepat dan akurat. Mampu berkomunikasi secara efektif adalah keterampilan hidup yang vital. Sebaliknya, keterampilan komunikasi yang buruk dapat berdampak negatif karena dapat menyebabkan tidak tersampaikannya pesan hingga menyebabkan salah paham hingga frustrasi.

Pentingnya kemampuan komunikasi dalam dunia kerja

Pentingnya Kemampuan Komunikasi dalam Dunia Kerja
Kemampuan mendengar yang baik akan membantumu memahami maksud orang lain (Sumber: Pexels)

Kemampuan komunikasi amat dibutuhkan saat kamu masuk dalam dunia kerja. Relasi antar pegawai dan juga klien mengharuskan kamu dapat berkomunikasi dengan baik. Jika kamu melamar pekerjaan atau mengejar promosi di perusahaan, maka sudah pasti kamu perlu menunjukkan kemampuan komunikasi yang baik.

Kemampuan komunikasi di dunia kerja diperlukan untuk berbicara secara tepat dengan berbagai macam orang sambil mempertahankan kontak mata yang baik. Tak cukup hanya itu, kemampuan komunikasi juga harus didukung dengan menunjukkan kosakata yang bervariasi dan menyesuaikan bahasa dengan lawan bicara.

Di samping itu, kemampuan komunikasi di dunia kerja tidak melulu harus bersifat aktif, ada kalanya kamu harus mengimbangi hal itu dengan mendengarkan secara efektif agar dapat menyajikan ide-idemu dengan efektif tanpa menimbulkan konflik. Kemampuan komunikasi memang mengharuskan kita untuk menjadi pendengar yang cermat, berbicara dengan jelas, dan membuat orang lain merasa nyaman. Hal ini ditempuh agar siklus relasi dan komunikasi di dunia kerja dapat berjalan harmonis.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan komunikasi di dalam dunia kerja antara lain adalah sebagai berikut:

  • Mendengarkan orang lain dan menunjukkan minat pada apa yang mereka katakan
  • Melakukan percakapan tidak langsung seperti melalui telepon atau media sosial dengan tepat
  • Mendorong minat dan interaksi dari orang lain dalam tim anda
  • Mengungkapkan pendapat atau mengajukan pertanyaan dengan jelas
  • Mampu memberi pengaruh pada orang lain dalam artian positif

Baca Juga: Pentingnya skill active listening bagi perkembangan karier

Keuntungan memiliki kemampuan komunikasi yang baik

Keuntungan memiliki kemampuan komunikasi yang baik
Memperhatikan detail dapat membantumu meningkatkan kemampuan komunikasi (Sumber: Pexels)

Kemampuan komunikasi memainkan peran penting dalam kesuksesan seseorang di tempat kerja dan dalam kehidupan pribadi. Pegawai yang tahu bagaimana cara berkomunikasi yang efektif akan menemukan produktivitas dan hasil dari relasi dari tiap aspek kehidupan mereka. Kemampuan komunikasi yang baik juga melibatkan pemahaman tentang bagaimana mendengarkan dengan penuh perhatian dan menawarkan empati.

Adapun keuntungan memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam dunia kerja adalah sebagai berikut:

  • Building trust, memiliki kemampuan komunikasi yang baik dapat menumbuhkan kepercayaan dengan orang lain. Kemampuan untuk mendengarkan dengan penuh perhatian dan dapat merangkul setiap sudut pandang yang berbeda dapat membantu orang lain percaya pada dirimu saat berada di suatu dunia kerja.
  • Preventing and resolving problems, kemampuan komunikasi yang baik dapat memainkan peran besar dalam penyelesaian konflik dan mencegah munculnya potensi konflik. Kunci dari keuntungan ini adalah ketenangan dan setiap individu dapat memastikan semua pihak didengar dalam proses pencarian solusi.
  • Increases engagement, kemampuan komunikasi dan kepercayaan diri yang terbangun antar pegawai dalam dunia kerja dapat meningkatkan kesepahaman satu sama lain. Prioritas terhadap komunikasi yang baik akan meningkatkan engagement atau keterlibatan pegawai dalam setiap proyek operasional maupun kerja tim.
  • Improves productivity, keuntungan paling utama dari kemampuan komunikasi yang baik adalah meningkatnya produktivitas. Ketika Setiap anggota tim memahami peran mereka serta peran rekan kerjanya maka dapat dipastikan produktivitas tim akan tinggi. Melalui komunikasi yang baik, konflik dapat diselesaikan dengan baik dan solusi dapat didapat dengan lebih sinergis.

12 Cara meningkatkan kemampuan komunikasi

kemampuan komunikasi EKRUT
Kemampuan mendengar yang baik akan membantumu memahami maksud orang lain-EKRUT

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik memang penting bagi dunia kerja profesional, namun meningkatkannya dari waktu ke waktu juga merupakan kewajiban bagi seseorang yang ingin terus berkembang. Hal ini akan amat berguna jika seseorang mengincar karier yang tinggi dan sangat bergantung pada kemampuan komunikasi.

Berikut ini adalah 12 cara untuk seseorang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi secara efektif,

1. Jadilah pendengar yang baik

Kemampuan mendengar akan membantumu dalam memahami maksud orang lain sekaligus menunjukkan bahwa kamu menghargai mereka. Semakin orang lain merasa dihargai, semakin mudah bagimu membangun hubungan baik dengan mereka. Agar kemampuan komunikasimu berkembang, cobalah untuk lebih banyak mendengarkan dibandingkan berbicara. Dengan mendengarkan secara saksama, kamu dapat memberikan tanggapan yang baik kepada lawan bicara.

2. Pahami dengan siapa kamu bicara

Salah satu hal utama yang perlu kamu lakukan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi adalah memahami siapa lawan bicaramu. Latar belakang yang berbeda tentu membentuk karakter yang juga berbeda. Ini akan memengaruhi cara kamu berkomunikasi dengan semua orang, mulai dari bahasa yang kamu gunakan hingga apa yang akan kamu ceritakan. Menyesuaikan caramu berkomunikasi dengan latar belakang lawan bicara akan membantumu membangun hubungan baik dengan mereka.

Baca juga: Pentingnya skill active listening bagi perkembangan karier

3. Menunjukkan bahasa tubuh yang baik

Bahasa tubuh menggambarkan emosi dan perasaan saat kamu berbicara. Bahkan, gerak-gerik tubuh yang muncul tanpa disadari dapat menampilkan emosi yang sebenarnya tidak ingin kamu tunjukkan. Misalnya, gestur tidak nyaman atau tidak percaya diri. Untungnya, kamu bisa melatih bahasa tubuhmu sendiri. Cobalah membiasakan diri dengan mengatur posisi duduk dan berdiri agar tetap tegak. Posisi ini akan membuat kamu semakin tampak percaya diri. Jangan lupa, pertahankan kontak mata pada saat yang tepat untuk menunjukkan bahwa kamu juga tegas.

4. Berbicara langsung ke intinya

kemampuan komunikasi EKRUT 
Berbicara langsung pada intinya adalah kemampuan komunikasi juga-EKRUT

Orang yang banyak berbicara belum tentu memiliki kemampuan komunikasi yang baik bila bicaranya selalu bertele-tele. Kemampuan yang baik justru dimiliki oleh mereka yang mampu menyampaikan inti perbincangan secara lugas dan efektif. Ini bukanlah kemampuan yang mudah, tapi tidak mustahil untuk diasah. Sebelum berbicara, cobalah untuk memikirkan apa yang akan kamu katakan. Bayangkan pula alasan mengapa kamu berkomunikasi dengan lawan bicaramu serta apa inti dari hal yang akan kamu sampaikan.

5. Ketahui waktu dan tempat yang tepat untuk berbicara

Memiliki selera humor yang baik memang dapat membantu kamu dalam menjalin komunikasi. Namun, ingatlah bahwa komunikasi yang dilakukan dengan jenaka tidak selalu bisa dilakukan di tempat kerja. Begitu pula ketika kamu hendak menyampaikan suatu topik di tengah-tengah diskusi yang serius. Ketahui kapan waktu yang tepat bagimu untuk membawa topik tersebut. Kenali pula apakah lawan bicaramu adalah orang yang tepat untuk membicarakannya.

6. Awali dan akhiri percakapan dengan topik yang kamu bahas

Aspek lain yang tidak kalah penting dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi adalah mampu menyampaikan maksud secara efektif. Caranya adalah menghindari pembicaraan bertele-tele dan fokus membahas inti topik. Kemampuan ini amat penting, khususnya saat kamu mempresentasikan suatu topik. Sampaikan topik yang akan kamu bahas pada awal presentasi agar audiens mendapatkan gambaran mengenai topik tersebut. Kemudian, rangkum kembali apa yang telah kamu jelaskan agar mereka semakin memahaminya.

7. Meminta masukan dan saran

Masukan, saran, bahkan kritik dari rekan kerja dan manajer amat penting untuk mengembangkan kemampuan komunikasi. Pasalnya, mereka adalah orang-orang yang dapat melihat potensi dan kelemahan yang tidak kamu sadari. Kembangkanlah setiap masukan positif yang kamu terima. Di saat yang sama, teruslah berusaha untuk memperbaiki kelemahan pada cara kamu berkomunikasi. Bila perlu, kamu dapat meminta bantuan rekan kerja untuk memperbaiki kelemahan tersebut.

Baca juga: 5 Cara mengkritik yang baik untuk diterapkan di tempat kerja

8. Kurangi mengandalkan visual

Cara lain meningkatkan kemampuan komunikasi yang bisa kamu praktikan adalah dengan kurangi bergantung pada  bantuan visual, seperti menggunakan power point ketika kamu melakukan presentasi. Steve Job pernah membuat aturan di perusahaannya dulu untuk melarang penggunaan power point bagi karyawan saat presentasi sebab menggunakan tools tersebut dipercaya dapat menghambat komunikasi dibanding memperlancarnya. 

9. Perhatikan detail 

Apa yang mungkin tampak seperti detail kecil dapat membuat banyak perbedaan jika kamu hanya memahami hal-hal besar saat menyampaikan ide maupun berkomunikasi. Metode ini juga berlaku saat kamu mendengarkan orang lain berbicara. Pastikan kamu memperhatikan setiap detail yang diungkapkan orang lain sehingga dapat digunakan dalam membangun nuansa tertentu di suatu saat. Orang lain akan merasa dihargai saat detail kecil dari apa yang diungkapkannya diingat atau diperhatikan orang lain.

10. Perhatikan kualitas suara dan nada bicara

Saat berbicara dengan orang lain, penting bagi kamu untuk menggunakan suara yang dapat didengar jelas serta nada dengan intonasi tepat. Kamu perlu memperhatikan ini untuk meningkatkan kemampuan komunikasi sebab rendahnya kualitas suara akan dapat menimbulkan ide tak tersampaikan dengan baik. Begitu pula jika kamu berbicara dengan intonasi yang tak terkontrol maka dapat menimbulkan salah paham maupun penafsiran bagi lawan bicaramu.

11. Gunakan kata-kata yang akurat sesuai konteks

11. Gunakan kata-kata yang akurat sesuai konteks
Penggunaan kata-kata yang akurat dapat mendukung kemampuan komunikasi (Sumber: Pexels)

Akurasi penggunaan kata atau diksi dapat meningkatkan kemampuan komunikasi sebab hal ini penting demi tersampaikannya pesan atau ide yang kamu sampaikan. Penggunaan kata yang tepat akan memudahkan orang lain memahami pendapatmu. Hal ini juga berlaku pada penyesuaian konteks, karena penggunaan kata yang tak kontekstual akan membuat komunikasi menjadi tidak fokus.

12. Melatih kelengkapan dan kejelasan pesan

Komunikasi adalah penyampaian dan penerimaan pesan secara berkesinambungan. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memastikan bahwa pesan yang akan disampaikan telah lengkap dan jelas. Kamu perlu melatih hal ini sebelum melakukan presentasi maupun berkomunikasi dengan orang lain di dunia kerja.

Cara perusahaan meningkatkan kemampuan komunikasi karyawan

kemampuan komunikasi - EKRUT
Dorong karyawan untuk berani menyuarakan pendapat di tempat kerja - EKRUT

Jika kamu sudah memiliki kemampuan komunikasi yang baik, jangan lupakan juga untuk mendorong karyawan melakukan hal sama. Ini penting, terutama bagi kamu yang menjadi pemimpin di dalam tim atau tempat kerja. Sebab, komunikasi karyawan juga dapat menentukan kesuksesan bisnis.perusahaan pada akhirnya.

Ada beberapa cara meningkatkan keterampilan komunikasi karyawan yang bisa kamu terapkan, seperti:

  • Jelaskan pentingnya komunikasi. Berikan penjelasan pada karyawan mengapa komunikasi itu penting di tempat kerja. Tanpa memahami pentingnya komunikasi, karyawan mungkin tidak akan mengetahui kenapa mereka harus meningkatkan kemampuan komunikasi mereka. 
  • Adakan pertemuan rutin bersama tim. Berkumpul dengan tim secara teratur adalah salah satu cara menciptakan lingkungan profesional di mana semua anggota tim merasa nyaman untuk berkomunikasi satu sama lain dan memberi ruang bagi anggota untuk berbicara lebih terbuka tentang proyek yang mereka kerjakan, tantangan yang dihadapi atau pertanyaan yang mereka miliki kepada atasan. 
  • Lakukan one on one meeting. Terkadang komunikasi berkelompok menjadi hal yang sulit bagi sebagian orang. Itu sebabnya sebagai pemimpin kamu harus menciptakan jalur komunikasi tambahan untuk karyawan, misalnya dengan melakukan 1 on 1 meeting dengan anggota karyawan.
  • Adakan team building. Team building menjadi tempat aman bagi karyawan untuk melatih keterampilan organisasi mereka, termasuk cara berkomunikasi yang lebih efektif. Pasalnya pada saat team building tekanan yang dimiliki karyawan tentu lebih berkurang dibanding pada saat bekerja. 

Baca juga: 12 Alasan pentingnya komunikasi dalam dunia kerja

Kemampuan komunikasi memegang peran penting dalam menjajaki tangga karir. Meskipun tidak semua orang memiliki kemampuan berkomunikasi yang mumpuni, kamu selalu bisa melatihnya melalui interaksi dengan orang lain. Saat berkomunikasi, jangan lupa untuk menggunakan bahasa nonverbal seperti postur tubuh dan gestur yang sesuai. Dengarkan pula tanggapan orang lain untuk memastikan bahwa mereka memahami apa yang kamu sampaikan.

kemampuan komunikasi EKRUT 
Last update: 8 September 2021

Sumber:

  • entrepreneur.com
  • goalcast.com
  • right.com
  • jostle.com

Tags

Share