Published on

Careers

Kemampuan profesional ini bantu kamu sukses di usia 40 tahun

Tsalis Annisa

kemampuan-profesional-EKRUT.jpg

Hal penting yang seringkali ditanamkan oleh banyak orang ketika memasuki usia dewasa adalah memiliki bekal untuk masa tua. Lengkap dengan semua aturan yang harus dihafal dan kompetensi yang harus mereka peroleh.

Sehingga ketika memasuki 40 tahun nanti, seharusnya kamu berada pada masa yang menikmati hasil kerja keras di usia muda. Nah, untuk membuatmu merasa senang dan bangga di usia 40 tahunan nanti, ada baiknya kamu pelajari kemampuan profesional yang bisa membantumu sukses di usia tersebut.

1. Identifikasi aset dan kelemahan terbesarmu

kemampuan profesional - EKRUT
Identifikasi kekuatan kamu dari sekarang - EKRUT

Apapun pekerjaan yang sedang  kamu lakukan saat ini, cobalah untuk menggali dan mengidentifikasi aset terkuatmu dari sekarang. Dengan mengenalinya sejak awal, pada usia 40 kamu tentu dapat lebih ahli dalam hal ini. Selain mengetahui aset terkuat, hal yang perlu kamu lakukan adalah mengidentifikasi kelemahan karier terbesar kamu. Cobalah untuk mencari tahu sejak dini, dan cobalah untuk berusaha mengatasi kelemahanmu ini. 

2. Belajar dari kesalahan

kemampuan profesional - EKRUT
Terus perbaiki diri dengan melihat kesalahan yang pernah kamu buat - EKRUT

Setelah mengetahui aset terbaik dan kelemahan terbesar, berikutnya adalah kamu harus bisa belajar dari kesalahan. Karena tidak ada yang sempurna dalam melakukan sesuatu. Salah satu kualitas yang paling mengagumkan adalah kejujuran diri, terutama di tempat kerja.

Ketika kamu dapat mengakui bahwa kamu melakukan kesalahan, kamu akan lebih cenderung menganalisis dan belajar darinya, serta mencegah kesalahan tersebut terjadi di masa mendatang.

3. Menerima kritik yang membangun

kemampuan profesional - EKRUT
Belajarlah menerima kritik sebagai sesuatu yang baik untuk kamu - EKRUT

Rasanya menerima kritik membangun adalah tugas yang hampir mustahil di awal karier seseorang. Tetapi pada saat kamu berusia 40 tahun nanti, kamu harus dapat mengesampingkan harga diri dan menerima kritik serta saran. Kamu harus dapat mengidentifikasi bahwa orang yang bekerja denganmu hanya ingin kamu melakukan yang terbaik.

4. Mendelegasikan

kemampuan profesional - EKRUT
Kemampuan delegasi dibutuhkan terutama ketika sudah menjadi pemimpin - EKRUT

Mendelegasikan adalah hal yang penting untuk mencegah kejenuhan dan mengurangi stres yang kamu alami di tempat kerja. Kamu harus bisa memercayai kolega dengan tugas daripada merasa seolah-olah kamu harus melakukan semuanya sendiri.

Baca juga: 7 Cara melatih kemampuan delegasi

5. Mediasi konflik

kemampuan profesional - EKRUT
Mampu mengatasi konflik penting adalah hal yang harus dikuasai pemimpin - EKRUT

Terlepas dari seberapa positif lingkungan kantor, akan selalu ada konflik. Dan beberapa konflik dapat diselesaikan tanpa menuju ke HR. Mampu memediasi konflik di kantor adalah keterampilan yang bermanfaat untuk menjaga persahabatan di kantor, serta menunjukkan kepada karyawan yang lebih muda bahwa mereka juga dapat melakukan mediasi.

6. Membuat portofolio yang kuat

kemampuan profesional - EKRUT
Kumpulkan hasil karya kamu di portofolio - EKRUT

Bukan hanya LinkedIn, kamu harus memiliki portofolio tercetak yang paling memperlihatkan karier, dan prestasi profesional. Kamu mungkin juga bisa membuat versi digital, seperti halaman web pribadi untuk mengirim email.

7. Berani mengatakan tidak

kemampuan profesional - EKRUT
Penting untuk belajar mengatakan tidak di tempat kerja - EKRUT

Memang sulit untuk mengatakan tidak pada permintaan orang. Namun kamu harus menyadari bahwa ada beberapa hal yang tidak akan pernah dapat kamu dapatkan kembali jika terus mengatakan ya, seperti kesehatan dan waktu yang kamu miliki. 

 Itu sebabnya kamu harus melatih kemampuan ini dengan mengidentifikasi tugas mana yang perlu kamu selesaikan dan mana yang dapat didelegasikan pada orang lain. 

8. Public speaking

kemampuan profesional - EKRUT
Latihlah kemampuan public speaking kamu dari sekarang - EKRUT

Sekalipun pekerjaanmu tidak selalu berputar di depan umum, atau bertemu banyak orang, kemampuan public speaking perlu kamu pupuk dari sekarang. Kemampun ini tentu kelak akan berguna bagimu ketika ingin mempresentasikan sesuatu, atau bicara dengan atasan.

Cobalah memulai dari yang kecil, misalnya berbicara di depan tim kamu di tempat kerja serta secara bertahap bergerak maju berbicara di depan seluruh perusahaan.

Baca juga: 7 Tips public speaking yang bisa kamu coba

Itulah beberapa kemampuan profesional yang perlu kamu persiapkan agar sukses di usia 40 tahun. Selain itu, dengan memiliki kemampuan ini, kamu akan lebih percaya diri dalam karier. Cobalah untuk mempraktikkan satu per satu dan lihatlah peningkatan kemampuanmu kamu!

kemampuan profesional - EKRUT
Last update: 22 November 2020

Sumber:

Tags

Share