Published on

Technology

Kenapa Instagram bikin TV ya?

Widyanto Gunadi

youtube-1704069__340.jpg

Instagram kembali berinovasi. Setelah menjadi platform untuk berbagi momen lewat foto dan video singkat, kini Instagram menambah fitur televisi. Target khusus dari fitur baru ini adalah anak muda. Fitur yang diberi nama IGTV ini merupakan sebuah aplikasi untuk membuat video vertikal berdurasi panjang.  

 

Jangkau anak muda

Chief Executive Officer (CEO) Instagram, Kevin Systrom menjelaskan, anak muda zaman sekarang lebih banyak menonton video di Instagram dibandingkan melihat tayangan televisi. Berbagai video di platform media sosial ini pun banyak yang berasal dari kreator. Siapa sih yang dimaksud kreator? Istilah kreator awalnya dipopulerkan oleh YouTube, untuk menyebut selebriti maupun orang-orang terkenal di channel mereka. 

 


Sumber: Twitter

 

Selain menjangkau pengguna berusia remaja, Instagram juga ingin mendukung karir para kreator video. Setelah meluncurkan IGTV, Instagram ingin mencari berbagai cara agar para kreator bisa melakukan monetisasi dari fitur televisi itu. 

 

Profit lewat konten

Untuk membayar para pembuat video, tentunya Instagram harus mengeluarkan uang. Nah, Instagram pun bisa membuat video iklan singkat di tayangan yang masuk ke IGTV. Dengan demikian, Instagram tetap mendapat pemasukan lewat platform televisi ini. Nantinya, keuntungan dari video iklan tersebut bisa dibagi dengan pihak creators, supaya mereka tetap membuat tayangan melalui IGTV.

 

Mirip YouTube

Serupa Youtube, IGTV akan memberi Anda beberapa pilihan video dalam satu layar ponsel. Jika suka dengan video tersebut, Anda bisa memberikan komentar atau membagikannya kepada teman-teman. Anda juga dapat menggeser layar dengan gerakan jari untuk menemukan video-video lain yang bisa ditonton.  

 

 

Anda pun memiliki pilihan untuk mengikuti (follow) orang lain. Caranya, dengan memilih tanda plus (+) pada video. Untuk membuat channel dan video sendiri, pastikan ponsel dalam posisi vertikal. Video yang Anda masukkan ke channel nanti, akan selalu memiliki posisi vertikal. Akan tetapi, untuk saat ini, mengingat belum lama dirilis, durasi video masih terbatas. 

 

Bermanfaat untuk bisnis 

Dengan adanya kemudahan pembuatan video yang ditawarkan, IGTV bisa memberi manfaat untuk bisnis Anda. Berikut beberapa kemungkinan pemanfaatan IGTV untuk mendukung dunia binis. 

 

Video perusahaan 

IGTV nantinya memungkinkan Anda membuat konten video berdurasi panjang. Berbagai perusahaan bisa memanfaatkan hal ini, untuk membuat video penyambutan maupun pelatihan karyawan baru. Dalam video, perusahaan juga bisa menjelaskan sedikit latar belakang dan proses bisnis mereka.  

 

Video demonstrasi produk 

IGTV juga memungkinkan para pebisnis memasarkan produk dengan lebih baik. Pebisnis bisa membuat video tutorial penggunaan, atau pembuatan produk supaya banyak orang tertarik membelinya.  

 

Pemasangan iklan 

Besar kemungkinan, kelak berbagai bisnis bisa memasang iklan singkat di IGTV. Kepopuleran Instagram yang sudah mendunia akan membantu IGTV menghasilkan banyak user traffic. Dengan begini, jangkauan bisnis pun akan menjadi lebih luas. 

Menarik sekali ya, fitur baru Instagram ini! Segera lakukan eksplorasi IGTV. Siapa tahu, platform ini bisa mengembangkan branding  personal maupun perusahaan Anda.

 

Sumber:
recode.net
cnbc.com
techrepublic.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Untitled_design-108.jpg

    Technology

    Mengenal Cara Kerja Search Engine untuk Menentukan Hasil Pencarian

    Tsalis Annisa

    03 October 2022
    5 min read
    twitter-EKRUT.jpg

    Technology

    Twitter luncurkan fitur untuk melaporkan daftar akun-akun bermasalah

    Nur Lella Junaedi

    30 September 2022
    3 min read
    facebook-2387089__340.jpg

    Technology

    Cegah Pengguna Kecanduan, Facebook dan Instagram Keluarkan Fitur ini

    Maria Yuniar

    30 September 2022
    3 min read

    Video