Published on

Careers

5 Alasan kenapa karyawan benci HRD

Maria Yuniar

HRD_5.jpg

Ketika bekerja di kantor, hampir pasti pernah terjadi perselisihan antara karyawan dengan pihak HRD. Terkadang, ada beberapa karyawan yang merasa haknya tidak terpenuhi atau dianggap tidak kompeten dalam bekerja.

Alasan-alasan tersebut kemudian membuat hubungan antara karyawan dengan pihak HRD menjadi renggang. Padahal, HRD idealnya menjadi penghubung antara karyawan dengan perusahaan. Bila bekerja sebagai HRD, penting bagimu untuk tetap menjalin hubungan baik dengan karyawan. Karena itu, hindarilah beberapa karakter HRD berikut.

Tidak kompeten

Ketika karyawan berkomunikasi dengan pihak HRD dan menemukan fakta bahwa mereka tak kompeten dalam bidangnya, hal itu akan membuat karyawan tidak mempercayai HRD.

Tentu ketidakpercayaan terhadap pihak HRD ini akan berdampak buruk bagi kemajuan perusahaan. Sebab, HRD adalah pihak yang menjembatani karyawan dengan perusahaan.

Baca juga: 5 cara melamar kerja ini bisa bikin HRD terkesan

Tidak jujur

Sikap tidak jujur pihak HRD juga akan membuat karyawan merasa kesulitan untuk memahami yang sebenarnya sedang terjadi di perusahaan. Akibatnya, bisa jadi muncul kasak-kusuk di antara karyawan bahwa pihak HRD tidak dapat dipercaya karena mereka berbohong untuk menutupi suatu kesalahan atau situasi.

Berat sebelah

Perilaku HRD yang hanya peduli pada kepentingan perusahaan dan manajer akan membuat karyawan merasa “sendirian”. Padahal, HRD seharusnya bisa bersikap netral terhadap pimpinan perusahaan maupun para karyawan. Untuk itu, HRD, pimpinan, dan karyawan, harus bisa bekerja sama dan menanggung tanggung jawab bersama demi kesuksesan di tempat kerja.

Baca juga: Sejauh mana peran data bagi HRD dalam rekrutmen?

HRD tidak objektif

Terkadang, karyawan juga menemukan bahwa pihak HRD berlaku tidak objektif dan tidak adil. Keinginan pihak HRD untuk mempertahankan karier dan ego tak jarang membuat mereka tidak mengakui sudut pandang karyawan yang sebenarnya lebih baik. 

Pihak HRD juga beberapa kali cenderung mendukung manajer atas karyawan terlepas dari bukti yang ada. Karena itu, pihak HRD menganggap bahwa keluhan pihak manager dan pimpinan lain terhadap karyawan lain adalah benar.

Baca juga: 8 hal dari kandidat yang disukai HRD

Terlibat politik kantor

Pihak HRD juga sering dipandang oleh banyak karyawan sebagai pihak yang ingin “menjilat” para pemimpin di kantor. Anggapan ini muncul karena mereka berurusan dengan karyawan berdasarkan jabatan dan posisi karyawan.

Kelima faktor di atas sebenarnya memainkan peran penting untuk menjadikan peran setiap karyawan berarti dan dapat bekerja sesuai dengan kompetensi masing-masing.

Sumber:

  • thebalancecareers.com
  • popbela.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-alex-green-5699475.jpg

    Expert's Corner

    Human Resources: Tugas, Tanggung Jawab, dan 5 Skill yang Wajib Dimiliki

    Chrissila Jessica

    06 June 2022
    5 min read
    H1_Human_Capital.jpg

    Careers

    Apa itu Human Capital? Inilah Pengaruhnya Bagi Ekonomi dan Pembangunan Sumber Daya Manusia

    Algonz D.B. Raharja

    29 April 2022
    5 min read
    employee_background.jpg

    Expert's Corner

    7 Cara melakukan employee background check yang efektif dan tepat guna

    Sylvia Rheny

    17 March 2022
    7 min read

    Video