Published on

startup

Bukalapak dan Lion Parcel kerja sama memberikan solusi pengiriman barang

Fajar Rizqy Anugrah Illahi

Kerja-sama-bukalapak-dan-lion-parcel-EKRUT.jpg

Bukalapak menggandeng Lion Parcel untuk memberikan solusi dalam hal pengiriman barang antar pulau bagi para pengusaha menengah-kecil di Indonesia. Kedua perusahaan yang bekerjasama ini, menghadirkan jalur khusus bagi seluruh pelapak yang menggunakannya.

Kerjasama Bukalapak dan Lion Parcel ini dipercaya bisa memajukan daya saing pelapak karena adanya sistem pengiriman yang efisien. Pengiriman yang dibilang efisien ini karena akan mempunyai jalur pengiriman lebih dari 500 kota di Indonesia.

Menurut President sekaligus CO-Founder Bukalapak Fajrin Rasyid menyatakan kalau kerjasama ini sudah diinisiasi sejak awal tahun lalu setelah Bukalapak dan Lion Parcel saling bertemu untuk membahas kelemahan dan peningkatan kemampuan dari masing-masing perusahaan.

Hasil dari pertemuan tersebut, Lion Parcel mempunyai performa yang baik untuk menangani kiriman barang, terutama pada e-commerce. Lion Parcel tidak hanya dituntut untuk mengirimkan barang dengan cepat, tetapi juga mempertimbangkan jangkauan dan kualitas layanan di masing-masing daerah.

Menurut Fajrin sendiri, Bukalapak yang menjadi perusahaan customer-obsessed selalu fokus dalam mencari solusi bagi para pelapak dalam segi distribusi atau pengirimannya dan juga pelanggan dari Bukalapak sendiri.

Selain itu, menurut pihak Bukalapak yang mengutip data dari hasil penelitian Supply Chain Indonesia (SCI) melalui PwC menyebutkan bahwa biaya logistik di Indonesia pada tahun 2017 masih tergolong tinggi dan menyentuh angka hingga 23,5% dari biaya manufaktur.

Menurut hasil penelitian SCI, angka 23,5% tersebut masih sangat tinggi dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya seperti, Singapura (8%), Thailand (13%), Vietnam (15%), dan Malaysia (13%).

Pada saat ini, Lion parcel sudah memiliki lebih dari 200 armada pesawat dengan lebih dari 200 rute penerbangan antarpulau di Indonesia. Melalui kerja sama ini, Fajrin  berharap dapat mendukung target Lion Parcel untuk bisa mengirimkan sekitar sejuta kilogram barang dalam waktu 30 hari.

Armada pesawat ini akan mulai beroperasi pada pertengahan bulan Oktober ini. Logo Bukalapak yang berada dibadan pesawat merupakan perkenalan awal dari kerjasama tersebut.

Rekomendasi bacaan:

Tags

Share