Media

Kini komputer sudah bisa membaca emoticon lho!
By Widyanto Gunadi - 9 May 2018
100 Views

Teknologi komputer terus saja berkembang pesat dan kini komputer dapat mulai digunakan untuk membaca emoticon atau simbol-simbol yang menandakan emosi. Sudah bukan hal yang aneh lagi bila di zaman serba online seperti sekarang ini, emoticon hampir selalu memenuhi pesan teks yang kita kirimkan melalui berbagai media online yang tersedia di smartphone.

Kepala sekolah ilmu komputer Carnegie Mellon, Australia, Andrew More menjelaskan, komputer mampu menerjemahkan emoticon dengan adanya kombinasi algoritme rumit, ditambah kamera beresolusi baik. Teknologi ini diharapkan membantu manusia berinteraksi lebih baik dengan komputer. Zaman dahulu, tidak mungkin ada komputer yang bisa melakukan hal rumit semacam ini. Sebenarnya,  apa sih emoticon itu dan bagaimana cara kerja komputer dalam membaca emoticon? Simak penjelasan berikut ini.

Emoticon lebih dari sekedar wajah semata

Simbol-simbol yang seringkali menggambarkan berbagai ekspresi dan emosi wajah ini sebenarnya juga bukanlah simbol yang dipergunakan untuk menunjukkan wajah, seperti yang banyak disangka oleh banyak pengguna Internet sebelumnya.

Emoticon ini adalah sekumpulan simbol yang sebenarnya ditujukan untuk menyatakan perasaan, entah itu bahagia maupun sedih. Pakar pendidikan dari University of Pittsburgh, Amerika Serikat, Lee-Ellen Marvin menjelaskan, emoticon merupakan bahasa khusus Internet yang justru membuat suatu pesan lebih santai ketika dikirim.

Emoticon berpotensi memajukan bisnis Anda

Ternyata selain menambah kesan santai dalam suatu bahasa dan pesan yang disampaikan, emoticon dapat membuat para pelanggan suatu bisnis merasa senang ketika membaca suatu pesan. Dengan demikian, Anda pun bisa memanfaatkan teknologi komputer dengan kecerdasannya membaca emoticon, untuk mengembangkan bisnis Anda.

Asisten profesor jurusan manajemen di McCombs School of Business, University of Texas, Austin, Amerika Serikat, Andrew Brodsky dalam tulisannya di Harvard Business Review menyebut, salah satu strategi terbaik untuk berinteraksi dengan pelanggan adalah dengan meniru ekspresi serta pilihan kata yang mereka pakai. Pelanggan pun akan merasa lebih dihargai dengan cara seperti ini.

Emoticon sebagai huruf

Pada dasarnya, komputer membaca emoticon sebagai huruf bahasa selain bahasa di negara-negara Barat, seperti huruf pada bahasa Jepang dan Tiongkok. Lalu, bagaimana caranya agar Anda bisa memasukkan emoticon dalam pesan teks di komputer? Yang termudah adalah dengan menambahkan ekstensi atau aplikasi add-on ke browser yang Anda gunakan.

Anda bisa mencoba Chromoji untuk Google Chrome. Aplikasi ini dengan otomatis mendeteksi emoticon. Chromoji hadir dengan tool bar yang memungkinkan Anda untuk mengetikkan daftar emoticon dalam teks, supaya terbaca oleh komputer.

 

Rekomendasi bacaan:
3 tips kembangkan website dengan tren pencarian suara
6 pengumuman penting dari konferensi Microsoft Build 2018

Google I/O 2018: 500 juta perangkat dan 5 juta foto

 

 

Sumber:
netdna-ssl.com
lifewire.com
inc.com
theconversation.com
theguardian.com

Tags:

  • Chromoji
  • smartphone
  • emoticon
  • komputer
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang