Published on

startup

Melihat kontribusi startup digital Indonesia selama pandemi

Nur Lella Junaedi

Kontribusi-startup-digital-Indonesia-selama-pandemi-EKRUT.jpg

Di tengah situasi penuh ketidakpastian akibat pandemi, ternyata beberapa startup digital Indonesia mau ikut terlibat dalam membantu dan memberikan kontribusi secara langsung bagi lingkungan sekitar. 

Siapa saja startup tersebut dan bagaimana bentuk kontribusi nyata mereka? Simak ulasan berikut. 

Melakukan upaya screening awal Covid-19

Kontribusi startup digital Indonesia selama pandemi EKRUT 
Gojek x Halodoc bekerja sama dengan Kemenkes menghadirkan layanan screening awal Covid-19 - EKRUT 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) beberapa waktu lalu telah menggandeng beberapa startup digital Indonesia untuk membantu penanganan Covid-19 dengan menyediakan layanan konsultasi kesehatan secara virtual atau telemedicine

Beberapa startup yang diundang meliputi Gojek dan Halodoc. Perlu diketahui bahwa Gojek x Halodoc sebelumnya telah bekerja sama untuk memberikan layanan kesehatan dengan nama GoMed yang terdapat dalam aplikasi Gojek-nya. 

Melalui kerjasama ini, kedua startup tersebut memperoleh izin untuk menyediakan layanan kesehatan screening awal Covid-19 disertai tanya jawab melalui aplikasinya dengan banyak dokter profesional.  

Dengan begitu program ini dapat membantu pemerintah dalam mengidentifikasi pasien Covid-19 yang berstatus rendah, sedang dan tinggi. 

Sehingga bisa menahan membludaknya masyarakat yang langsung pergi ke layanan kesehatan secara bersamaan. 

Nantinya bagi pengguna yang terindikasi mengalami resiko rendah dan sedang akan diminta oleh dokter untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. 

Sementara untuk pengguna yang beresiko tinggi akan direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit yang dapat menangani pasien Covid-19. 

Baca juga: Gojek PHK 430 karyawan karena dampak Covid-19

Membuat situs IndonesiaBergerak 

Kontribusi startup digital Indonesia selama pandemi EKRUT 
Beberapa startup binaan MDI Ventures dan Telkom mencoba membuat situs untuk memantau pergerakan Covid-19 - EKRUT

Daftar startup digital Indonesia yang telah berkontribusi selama pandemi lainnya berasal dari startup binaan MDI Ventures dan Telkom yakni  Qiscus, Volantis, Kata.ai, dan Qlue. 

Peran startup ini selama pandemi yakni dengan membuat situs IndonesiaBergerak untuk memantau pergerakan Covid-19 dan memberikan pencegahan melalui chat interaktif. 

Keberadaan situs ini juga bisa diakses melalui aplikasi Qlue yang selama ini sudah bekerja sama dengan pemda DKI. 
Ada berbagai macam fitur yang tersedia dalam situs IndonesiaBergerak ini untuk memudahkan masyarakat di antaranya: 

  • Laporan situasi dari warga 
  • Chatbot melalui WA tentang Covid-19 
  • Dashboard statistik yang memberikan informasi tentang penderita Corona

Membantu UMKM melakukan digitalisasi bisnis 

Kontribusi startup digital Indonesia selama pandemi EKRUT 
Gojek dan LinkAja turut membantu UMKM untuk mendigitalisasikan usaha mereka - EKRUT

Di tengah pertumbuhan ekonomi RI yang minus, UMKM berusaha bangkit untuk bertahan melawan Covid-19 dengan cara melakukan digitalisasi bisnis mereka. 

Proses digitalisasi ini sendiri dilakukan dengan bantuan beberapa perusahaan startup digital Indonesia seperti Gojek dan LinkAja. 

Contohnya, Gojek turut membantu digitalisasi bisnis di lebih dari 100 ribu pengusaha UMKM dengan menyediakan layanan berupa pesan antar makanan melalui GoFood, layanan kurir GoSend dan pembayaran secara digital melalui GoPay. 

Perusahaan juga telah membuat aplikasi GoBiz yang membantu UMKM untuk mengelola perusahaan secara online serta menargetkan pelanggan yang potensial. 

Sebelumnya Gojek juga telah mengakuisisi aplikasi Moka yang pada akhirnya bisa membantu UMKM dalam mengelola transaksi dan keuangan secara otomatis. Sementara itu, kontribusi startup digital Indonesia lainnya juga dilakukan oleh LinkAja. 

Perusahaan telah melakukan upaya peningkatan transaksi antar UMKM melalui program promosi, cashback 10 persen untuk merchant lokal dan retail modern serta cashback 20 persen untuk pembelian di pasar tradisional.

Setidaknya hingga saat ini perusahaan sudah bermitra dengan lebih dari 200 ribu pedagang lokal, membantu menaikkan transaksi sebanyak 12.8 persen ritel modern dan membantu kenaikan transaksi sebanyak 64 persen di segmen pasar tradisional. 

Baca juga: Dukung pelaku UMKM, Grab luncurkan Grab Merchant

Membayar bonus Idul Fitri 

Kontribusi startup digital Indonesia selama pandemi EKRUT
 
KoinWorks bekerja sama dengan Gadjian meluncurkan program Koin Gaji THR 2020 - EKRUT

Kontribusi lainnya yang diberikan oleh startup digital Indonesia saat pandemi dilakukan oleh perusahaan Gadjian dan KoinWorks dengan meluncurkan program Koin Gaji THR 2020. 

Program ini membantu pemilik bisnis yang mengalami kesulitan memberikan bonus Idul Fitri karena dampak pandemi. Untuk bisa berpartisipasi dalam program ini, perusahaan harus membuktikan bila mereka memiliki cash flow yang terganggu. 

Satu dalam Kopi 

Kontribusi startup digital Indonesia selama pandemi EKRUT 
Satu dalam Kopi jadi program yang diluncurkan Tokopedia untuk membantu pebisnis kopi lokal - EKRUT

Tokopedia memiliki ide kreatif untuk membuat program Satu Dalam Kopi bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kementerian Perindustrian. 

Program ini merangkul sekitar 1.000 pebisnis kopi lokal yang terdampak pandemi untuk menjual produknya di platform Tokopedia dengan menyediakan fitur dan halaman khusus supaya bisa berinteraksi dengan pelanggan. 

Tak cuma di sana, perusahaan juga perusahaan  juga membekali para pengusaha kopi tersebut untuk dapat meningkatkan brand perusahaan. 

Itulah daftar startup digital Indonesia beserta bentuk kontribusi mereka dalam memberikan inovasi-inovasi baru yang menunjang kegiatan dan kebutuhan  baik  masyarakat maupun sesama pengusaha di masa pandemi ini.  

Baca juga: 5 Cara jitu agar perusahaan bisa bertahan di tengah pandemi Corona

Semoga semakin banyak lagi pihak yang mau berkontribusi dan bahu membahu bersama-sama mendukung berbagai upaya yang kita butuhkan untuk melawan dan menangani situasi pandemi seperti saat ini, ya.

 

 

Kontribusi startup digital Indonesia selama pandemi EKRUT

Sumber: 

  • thejakartapost
  • pikiranrakyat
  • kr-asia
  • inetdetik

Tags

Share