Expert's Corner

10 Rekomendasi Kota Idaman di Indonesia untuk Menghabiskan Hari Tua

Published on
Min read
7 min read
time-icon
Nurina Ulfah

Her love for writing always revives the vigor in her soul. If she could visualize the amount of love she has for writing, it would be as big as the sun.

Infographic_10_Rekomendasi_Kota_Idaman.png

Pernahkah tebersit di pikiranmu untuk menghabiskan hari tua di kota tertentu? Atau, kamu sudah bersiap-siap pindah ke suatu daerah perkotaan dan perdesaan? Nah, di artikel infographics kali ini, EKRUT telah menghimpun hasil survei mengenai kota idaman untuk hari tua pilihan followers Instagram EKRUT.

Perkotaan atau perdesaan, mana yang terbaik?


Perkotaan dan perdesaan menjadi hal yang subjektif bila harus dipilih (Sumber: EKRUT)

Berdasarkan hasil survei followers di Instagram EKRUT, 76% orang telah memikirkan tempat tinggal mereka untuk menghabiskan hari tua, sedangkan 24% orang masih belum memikirkan hal tersebut. Lantas, manakah yang mereka pilih? Berasaskan survei yang telah dilakukan, 73% orang memilih untuk menghabiskan hari tua di perdesaan, yang lebih dekat dengan alam. Sedangkan 27% orang memilih di perkotaan, yang lebih gemar melihat city lights atau lampu kota. Para followers pun merespons berbagai kota pilihan terbaik versi mereka. Dengan begitu, inilah rekomendasi kota idaman di Indonesia untuk menghabiskan hari tua sesuai urutan pilihan terbanyak.

10 Rekomendasi kota idaman di Indonesia untuk menghabiskan hari tua


Bali berada di peringkat teratas menyusul Yogyakarta (Sumber: EKRUT)

Berikut ini adalah urutan pilihan kota idaman di Indonesia untuk menghabiskan hari tua yang dipilih oleh followers Instagram EKRUT.

1. Bali

Di urutan pertama ada Bali, sebuah sebuah provinsi di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan alamnya, mulai dari pantai sampai gunung. Bali termasyhur dengan multikulturalismenya yang begitu lekat. Bila kamu menghabiskan hari tua di Bali, dijamin kamu takkan merasa bosan, sebab ada banyak pilihan wisata dan hiburan mulai dari alam sampai sejarah.

2. Yogyakarta

Kamu yang pernah tinggal atau berkunjung ke Yogyakarta, pasti pernah menaruh hati kepada kota ini. Pasalnya, tiap sudut di Yogyakarta terasa romantis dan syahdu. Menempati urutan kedua, kota ini terkenal mulai dari wisata alam, bangunan-bangunan bersejarah, museum, pagelaran seni, sampai kuliner autentik ada di kota ini. Inilah dari beberapa alasan yang membuat orang-orang jatuh cinta dengan keunikan Yogyakarta.

3. Bandung

Kota yang dikenal dengan sebutan kota kembang ini berada di urutan ketiga versi responden. Terkenal dengan factory outlet yang tersebar di mana-mana serta wisata kuliner yang bermacam-macam membuatnya memiliki ciri khas tersendiri.

4. Malang

Di posisi keempat ada Malang, kota pariwisata dengan alam yang menawan dan dikelilingi oleh pegunungan. Udaranya yang sejuk, membuat siapapun yang singgah menjadi betah. Julukan kota bunga melekat pada Kota Malang karena banyaknya bunga yang bermekaran dan tumbuh menghiasi tiap sudut kota ini.

5. Semarang

Semarang menjadi pilihan kelima kota idaman versi responden. Salah satu bangunan bersejarah yang terkenal di Semarang adalah Lawang Sewu, yang menjadi ciri khas kota jamu ini. Semarang juga populer dengan suguhan kuliner peranakan tionghoa yang memanjakan lidah.

6. Magelang

Tuin van Java” atau taman indah berapit gunung dan bukit adalah nama yang melekat pada Magelang, kota sejuta bunga. Magelang dikelilingi berbagai gunung yang mengapitnya sehingga membuat kota ini terasa begitu dingin. Berada di urutan keenam, kota ini cocok untuk kamu yang mengidamkan udara sejuk dan lingkungan asri.

7. Bogor

Menempati posisi ketujuh, Bogor dikenal dengan sebutan kota hujan karena memiliki curah hujan yang tinggi. Hal ini yang membuat Kota Bogor terasa dingin hampir tiap harinya. Bogor juga terkenal dengan Taman Safari dan Kebun Raya Bogor yang menjadi ikon di kota ini.

8. Solo

Berada di urutan kedelapan, Solo terkenal dengan beberapa julukan, yaitu kota batik, kota budaya, wong solo, dan istilah putri solo. Solo ikonik dengan Bengawan Solo dan Stasiun Balapan yang melekat pada kota ini. Selain itu, keraton Solo juga menjadi salah satu destinasi wajib jika kamu berada di kota ini.

9. Wonosobo

Wonosobo menempati urutan kesembilan pilihan responden. Kabupaten Wonosobo identik dengan carica, buah yang mirip dengan pepaya dan dapat dikatakan sebagai tanaman khas dieng. Selain itu, Wonosobo juga terkenal dengan panorama alam pegunungan yang menghiasinya.

10. Jakarta

Jakarta mendapati peringkat kesepuluh atau peringkat akhir kota idaman versi responden. Ibu kota negara dan terbesar di Indonesia ini terkenal sebagai kota metropolitan, gaya hidup penduduk Jakarta yang bisa dinamis dan modern. Pergerakan di Jakarta begitu cepat sehingga membuat kota ini mengalami perubahan secara masif. Salah satu landmark Kota Jakarta yang paling terkenal adalah Monumen Nasional atau Monas. Ciri khas dari landmark Jakarta ini adalah lapisan emas yang membentuk kobaran api pada puncak tugu megah ini.

Itulah pembahasan mengenai kota idaman untuk hari tua. Tiap orang memilih kota idaman untuk menghabiskan hari tua sebagai tempat tinggalnya dilandaskan dengan berbagai faktor. Sebagian karena pengalaman empirisnya. Dalam arti, pengalamannya karena pernah singgah dalam waktu yang lama atau sebentar di kota tersebut, lalu menaruh hati di sana. Sementara, sebagian lagi karena ingin memiliki atau mencari pengalaman baru yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Keduanya adalah hal yang lumrah dan sahih, sebab kita akan memilih sesuatu yang membuat kita merasa nyaman, aman, dan tenteram. Dan itu semua, berlaku untuk tempat tinggal kita, tempat berlindung. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untukmu, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • Data Internal EKRUT
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Infographics_Hobi_Orang_Kantoran.png

    Expert's Corner

    Macam-macam Hobi Orang Kantoran untuk Melepas Penat Seusai Bekerja

    Nurina Ulfah

    13 October 2022
    7 min read
    Infographics_Generalist_vs_Specialist_Harus_Pilih_yang_Mana_agar_Karier_Cemerlang.png

    Expert's Corner

    Generalist vs Specialist: Harus Pilih yang Mana agar Karier Cemerlang?

    Fakhrizal Muttaqien

    06 October 2022
    8 min read
    Infographic_Monotasking_vs_Multitasking.png

    Expert's Corner

    Memahami Efisiensi Monotasking vs Multitasking: Mana yang Lebih Produktif?

    Nurina Ulfah

    03 October 2022
    7 min read

    Video