Published on

Careers

Kuasai hal ini untuk jadi product manager

Widyanto Gunadi

Depositphotos_84611120_s-2015.jpg

Anda tertarik dengan profesi product manager? Seperti apa sih pekerjaannya? Apakah berkaitan dengan IT? Profesi product manager harus mampu menerjemahkan visi perusahaan ke dalam produk yang dibuat dan mampu membuat produk relevan, sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh user. 

 

 

Seorang product manager yang baik bukan orang yang terlalu memfokuskan sebagian besar waktunya pada masalah internal saja. Ia tetap harus memahami karakteristik pasar dan konsumen, hingga memvalidasi calon pelanggan. Prioritas yang diperlukan adalah pada hasil keluaran produk. Lalu, apa saja kemampuan yang harus dimiliki untuk menjadi product manager yang andal? Apa saja sih yang dikerjakannya?

 

Job desc product manager

Agar lebih mudah dalam memahami apa saja yang dikerjakan berikut ini list deskripsi pekerjaan seorang product manager:

  • Menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan menentukan penelitian yang diperlukan untuk mendapatkan informasi pasar. 
  • Merekomendasikan sifat dan ruang lingkup lini produk saat ini dan masa depan dengan meninjau spesifikasi dan persyaratan produk, menilai ide produk baru dan perubahan kemasan atau produk.
  • Menilai persaingan pasar dengan membandingkan produk perusahaan dengan produk pesaing.
  • Menyediakan data sumber untuk komunikasi lini produk dengan menentukan tujuan komunikasi pemasaran produk.
  • Mendapatkan pangsa pasar produk dengan bekerja sama dengan direktur penjualan untuk mengembangkan strategi penjualan produk.
  • Menilai data pasar produk dengan menghubungi pelanggan dengan penjual lapangan dan mengevaluasi hasil panggilan penjualan.
  • Memberikan informasi untuk manajemen dengan menyiapkan perkiraan penjualan produk jangka pendek dan jangka panjang serta laporan dan analisis khusus; menjawab pertanyaan dan permintaan.
  • Memfasilitasi perputaran persediaan dan ketersediaan produk dengan meninjau dan menyesuaikan tingkat persediaan dan jadwal produksi.
  • Membawa produk baru ke pasar dengan menganalisis persyaratan produk yang diajukan dan program pengembangan produk; menyiapkan analisis pengembalian investasi; menetapkan jadwal waktu dengan teknik dan manufaktur.
  • Memperkenalkan dan memasarkan produk baru dengan mengembangkan rencana terintegrasi waktu dengan penjualan, iklan, dan produksi.
  • Menentukan harga produk dengan memanfaatkan data riset pasar; meninjau biaya produksi dan penjualan; mengantisipasi volume; biaya pesanan khusus dan disesuaikan.

 

Kemampuan product manager

Dari deskripsi pekerjaan tersebut, ada sejumlah skill yang harus dikuasai oleh product manager. Apa saja ya?

 

 

Kemampuan komunikasi dan kolaborasi

Product manager harus luwes dalam berkomunikasi, lebih banyak mendengar, dan juga mempunyai kemampuan influence yang tinggi. Dalam pekerjaan sehari-hari, product manager pasti akan menerima banyak masukan dan request dari berbagai macam divisi atau end-users. Product manager harus berpikiran terbuka dan lebih banyak mendengar. Sebab, terkadang user tidak bisa menceritakan kemauannya. Kemampuan komunikasi serta kolaborasi tim product designer dan engineering atau developer juga merupakan hal yang esensial. 

 

Pemahaman teknis dan kemampuan bisnis

Tentu akan sulit dalam berkomunikasi dengan banyak pihak jika product manager tidak memiliki pemahaman teknis dari suatu produk. Bila produk dibuat untuk e-commerce maka product manager sebaiknya mengerti domain bisnis e-commerce, sales, dan logistik, supaya bisa memberikan solusi yang tepat. Technical knowledge juga sangat penting untuk mencari solusi yang feasible dari sisi teknis. Terkadang solusi yang dibutuhkan juga cakupannya besar sehingga product manager harus mampu mengkategorikannya menjadi beberapa fase. Breakdown stories semacam ini penting, sesuai dengan proses lean dalam startup, build fast, dan learn fast.

 

 

Project management

Ada tiga elemen utama dalam project management yaitu scope, time, dan resources. Product manager harus mampu memahami dengan baik bahwa solusi yang ingin dibuat harus mempertimbangkan keterbatasan waktu dan sumber daya. Misalnya, dari sisi bisnis, operasional, engineering, maupun teknologi. Product manager harus mampu membuat product roadmap dalam jangka waktu tertentu sebagai guidelines agar tetap fokus. Terkadang, dengan adanya keterbatasan waktu dan sumber daya, product manager diharapkan dapat menentukan prioritas, untuk memberikan dampak yang lebih berguna bagi perusahaan. 

Apakah Anda tertarik dengan profesi ini? Selain kemampuan dan deskripsi pekerjaan di atas, yang terpenting, product manager harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap performa produk.

 

Rekomendasi bacaan:
Potensi pertumbuhan e-commerce di Asia Tenggara
5 super skill incaran perusahaan di masa depan
Cara punya rumah dengan gaji di bawah Rp 10 juta

 

Sumber:
medium.com
dailysocial.id
monster.com
best-job-interview.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_user_experience_adalah.jpg

    Technology

    User Experience: Pengertian, Tujuan, dan 7 Aspek yang Penting dalam Membangunnya

    Alvina Vivian

    01 July 2022
    6 min read
    Product_Management_Pilihan_karier__Skill-set__dan_Proyeksi_Karier_di_Tahun_2022.jpg

    Expert's Corner

    Product Management: Pilihan Karier, Skill-set, dan Proyeksi Karier di Tahun 2022

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    17 June 2022
    5 min read
    H1_product_design.jpg

    Technology

    Memahami Product Design Mulai dari Tujuan, Pilihan Karier, dan 7 Tools yang Digunakannya

    Nurina Ulfah

    17 May 2022
    5 min read

    Video