Published on

Careers

6 Rekomendasi kursus desain grafis online gratis

Nur Lella Junaedi

kursus-desain-grafis-online-EKRUT.jpg

Kemampuan desain grafis menjadi salah satu skills yang banyak dibutuhkan saat ini. Salah satu cara mengasah skills tersebut yang bisa kamu dilakukan adalah mempelajarinya dengan mengikuti kursus desain grafis. 

Lantas kira-kira apa saja kursus yang direkomendasikan? Berikut enam rekomendasi kursus desain grafis online yang gratis dan bisa kamu ikuti.

1. CreativeLive 

kursus desain grafis online EKRUT 
Situs CreativeLive ini ditujukan bagi desainer dan seniman, kamu bisa belajar beberapa materi gratis di sini - EKRUT

Rekomendasi kursus desain grafis online pertama yang bisa kamu ikuti adalah dari CreativeLive. Situs ini umumnya ditujukan bagi desainer dan seniman. Terdapat beberapa video pelajaran gratis yang bisa kamu akses lewat CreativeLive. 

Contohnya seperti kelas membuat sampul buku dengan 15 materi yang bisa kamu ikuti dalam waktu 4 jam 37 menit. 

Sayangnya tidak semua materi pembelajaran dapat kamu akses dengan gratis. Kamu perlu membayar sekitar 13 USD untuk mendapatkan semua materi dan mengerjakan bentuk latihannya. 

Baca juga: 9 Rekomendasi situs download font gratis

2. Creative Pro 

kursus desain grafis online EKRUT 
Terdapat berbagai artikel yang membahas tentang trik desain grafis di CreativePro - EKRUT

Creative Pro ini sebenarnya adalah situs yang membahas tentang artikel mengenai tips-tips desain grafis.

Namun uniknya di dalam situs tersebut, terdapat pula konten seperti kursus desain grafis online yang membahas berbagai trik dan teknik dalam dunia desain grafis. 

Salah satu materi kursusnya berjudul “Using InDesign, Illustrator, and Photoshop Together: Moving Vectors, yang berisi tentang trik untuk memindahkan grafik vektor dalam bentuk Adobe InDesign, Photoshop dan Illustrator.

Materi di kursus ini terkadang berbentuk artikel panjang disertai gambaran penjelasan atau bisa juga berbentuk video tutorial dan artikel penjelasan. 

Kebanyakan materi kursus dalam situs ini memang diperuntukkan bagi desainer tingkat lanjut. Meski begitu materi ini bisa kamu dapatkan secara gratis.

3. Alison Online 

kursus desain grafis online EKRUT 
Alison Online menghadirkan kursus desain grafis bagi pemula hingga tingkat lanjut - EKRUT

Tak kalah dengan dua situs lainnya Alison Online juga menghadirkan kursus desain grafis online baik bagi pemula maupun tingkat lanjut. 

Terdapat berbagai macam materi yang bisa kamu pilih melalui situs ini, termasuk materi kursus desain gratis bagi siswa. 

Namun karena perusahaan ini adalah organisasi nirlaba, jadi kamu yang ingin mendapatkan sertifikat kursus harus membayar 20 USD untuk jenis sertifikat digital, dan 100 USD untuk jenis sertifikat berbingkai. 

Semua kelas di Alison dibuat dalam bentuk slide sehingga materinya lebih pendek dan mudah dicerna. Namun, setiap kali akan berpindah topik dalam satu pelajaran, kamu akan menemukan satu iklan yang berdurasi sekitar 8 detik. 

Untuk menghentikan iklan tersebut, kamu harus  menjadi member premium dengan membayar biaya sekitar 9 USD sebulan. 

Baca juga: 5 Rekomendasi software desain grafis gratis selain Adobe

4. Udemy 

kursus desain grafis online EKRUT 
Di Udemy kamu bisa menemukan beragam model kursus tak hanya desain grafis saja - EKRUT

Udemy menjadi rekomendasi kursus desain grafis online selanjutnya yang bisa kamu coba. 

Sama seperti Alison, Udemy juga menyediakan berbagai macam materi kursus desain grafis seperti merancang design thinking, design sprint, membuat karikatur dan sebagainya.

Kamu juga dapat menemukan beberapa pilihan kursus desain yang dapat kamu ikuti secara gratis, seperti  kelas Desain Grafis Praktis yang akan mengajarkan materi tentang ilmu dasar desain, cara membuat poster, hingga memulai karier sebagai desainer.

Sayangnya, pada jenis kursus yang bersifat gratis ini kamu tidak bisa mendapatkan sertifikat maupun menggunakan fitur tanya jawab dengan instruktur yang ada. Kamu hanya bisa melihat konten video secara online saja. 

5. Envato 

kursus desain grafis online EKRUT
 
Envato setidaknya memiliki lebih dari 1000 kursus dan tutorial di dalam situsnya - EKRUT

Rekomendasi selanjutnya kursus desain grafis online yang bisa kamu ikuti adalah dari situs Envato.

Ada lebih dari 1.000 kursus dan tutorial yang dihadirkan Envato dalam situsnya, sehingga tidak heran bila melalui situs ini kamu bisa belajar beragam topik seperti Illustrator, Photoshop, Cinema 4D, Vector, Digital Painting dan lain-lain. 

Selain itu, kamu bisa mencari kursus dengan topik-topik tertentu tadi dengan mudah dan menyesuaikannya dengan tingkat kemampuan kamu. Menariknya lagi beberapa kursus juga tersedia secara gratis.

Contohnya seperti kelas manupulasi foto dari Adobe Photoshop, yang terdiri dari 15 materi pelajaran yang disampaikan dalam waktu 1 jam dalam bentuk video oleh tutor.

6. Coursera 

kursus desain grafis online EKRUT 
Salah satu materi kursus gratis di Coursera akan mengajarkanmu tentang pengantar tipografi, image branding dan sebagainya - EKRUT

Daftar terakhir kursus desain grafis yang bisa kamu temukan adalah melalui Coursera. Sama seperti Alison dan Udemy, Coursera menjadi platform resmi untuk berbagai topik kursus online yang diperlukan tak terkecuali desain grafis. 

Salah satu kursus desain grafis online yang gratis bisa kamu temukan melalui Coursera adalah dari Graphic Design Specialization. Melalui kursus ini kamu akan belajar lima hal yakni: 

  • Dasar-dasar desain grafis 
  • Pengantar tipografi 
  • Pengantar image branding 
  • Ide sejarah desain grafis 
  • Pembuatan merek 

Diajarkan oleh beberapa instruktur dari Institut Seni California kursus ini akan memakan waktu sekitar enam bulan untuk menyelesaikan kursus tersebut. 

Baca juga: Mengenal pentingnya branding dalam bisnis

Dengan belajar melalui 6 rekomendasi kursus desain grafis online di atas, kamu bisa memilih salah satu dari kursus terbaik yang cocok untukmu. 

Selain itu, dengan belajar banyak hal melalui kursus tersebut kamu juga bisa mengasah kemampuan sehingga suatu saat bisa menjadi nilai jual kamu di mata perekrut.

kursus desain grafis online EKRUT

Sumber: 

  • creativebloq.com
  • format.com

Tags

Share