Published on

jobs

7 Rekomendasi kursus seo online untuk asah kemampuanmu

Maria Tri Handayani

kursus-seo-online---EKRUT.jpg

SEO merupakan salah satu skill yang banyak dicari hingga saat ini. Itu sebabnya mempelajari praktik terbaik SEO bisa menjadi hal yang bermanfaat, terutama bila kamu ingin mengembangkan karier di bidang digital marketing

Ulasan berikut akan memberikanmu beberapa rekomendasi kursus SEO online yang dapat kamu ikuti untuk mengasah kemampuan di bidang SEO tersebut. 

SEMRush Academy 

kursus seo online - EKRUT
SEMRush Academy menawarkan kursus SEO gratis - EKRUT

SEMRush Academy ini adalah salah satu rekomendasi kursus SEO online yang dapat kamu ikuti secara gratis. SEMRUsh sendiri sudah berkecimpung dalam bisnis SEO sudah lebih dari 10 tahun sehingga bisa jadi sumber yang cocok untuk kamu gunakan selama mempelajari seluk beluk SEO. 

Kamu bisa mempelajari dasar-dasar SEO seperti cara riset kata kunci, backlink, cara membaca insight dari traffic website hingga sisi teknis SEO dan cara menggunakan toolkit SEMrush melalui materi yang ditawarkan. 

Selain SEO, SEMRush Academy juga menawarkan kursus lain seperti SMM, PCC dan Content Marketing. SEMRush Academy ini juga menawarkan sertifikasi untuk kamu setelah selesai mengikuti kursus yang ada.

Baca juga: 8 SEO tools terbaik untuk memantau pergerakan kompetitor

MOZ SEO Training Course 

kursus seo online - EKRUT
Terdapat beberapa pilihan kelas dalam kursus online yang ditawarkan MOZ Academy - EKRUT

Selain SEMRush, MOZ juga adalah salah satu nama yang terkenal di industri SEO karena memiliki spesialisasi dalam software dan tools SEO. Itu sebabnya tidak heran jika kursus online yang mereka adakan ini bisa jadi salah satu yang terbaik untuk kamu ikuti. 

Kamu bisa mengikuti beberapa kelas dalam kursus yang ditawarkan MOZ untuk mempelajari beberapa hal seperti riset kata kunci, SEO site audit, on-page SEO, link building dan lain-lain. 

Untuk mengikuti kursus yang diadakan MOZ SEO Training Course memang tidak gratis. Namun harga setiap kelas yang ada di sana cukup bervariasi, jadi kamu bisa memilih mana yang paling sesuai dengan budget kamu. 

HubSpot FREE SEO Course

kursus seo online - EKRUT
Pelajari cara mendapatkan tautan untuk SEO dari materi kursus HubSpot - EKRUT

Jika kamu mencari kursus SEO online gratis lainnya, maka kursus dari HubSpot ini bisa jadi pilihan yang tepat. 

Pelatihan yang diberikan platform HubSpot ini sendiri dilakukan dengan mengirimkan email berisi materi pembelajaran secara rutin selama lima hari kepada peserta. Kamu bisa membacanya dan belajar SEO dari sana. 

Pada dasarnya materi-materi yang diberikan adalah dasar-dasar yang dibutuhkan untuk membantu kamu sukses dalam SEO. Misalnya, bagaimana cara memilih kata kunci yang tepat, bagaimana mendapatkan tautan dari sumber eksternal, bagaimana search engines bisa memahami konten yang kamu buat di website, bagaimana search engines melakukan crawl website, hingga apa itu SEO on page dan off page. 

The Blueprint Training

kursus seo online - EKRUT
Tidak semua kursus di The Blueprint dapat diikuti secara gratis - EKRUT

The Blueprint Training menawarkan 13 kursus SEO online dengan empat di antaranya dapat diikuti secara gratis. Karena dirancang untuk biro iklan, harga kursus yang berbayar di platform ini sedikit lebih mahal dibandingkan situs lainnya. 

Namun, dari platform ini kamu bisa mendapatkan pelatihan SEO yang mencakup materi tentang on-page SEO, content audit, link acquisition, riset kata kunci, SEO teknis, dan analisis kompetitif.

Yoast Academy 

kursus seo online - EKRUT
Kursus SEO untuk pemula di Yoast Academy dapat diikuti secara gratis - EKRUT

Yoast Academy juga menawarkan kursus yang bisa kamu ikuti untuk mengasah kemampuan di bidang SEO. Beberapa kursus SEO terpopuler mereka adalah tentang riset kata kunci, SEO copywriting, konten SEO, multilingual SEO, struktur situs dan structured data. 

Sebagian besar kursus di Yoast Academy memang berbayar, tapi kursus untuk pemula bisa diikuti secara gratis. Jika kamu sudah berkomitmen untuk mengikuti kursus yang ada di platform ini, kamu bisa memilih biaya paket yang ditagih per bulan untuk mendapatkan akses ke semua kursus SEO yang ada di Yoast Academy.

Baca juga: 6 Cara menulis artikel SEO friendly dengan tepat

The SEO Playbook 

kursus seo online - EKRUT
The SEO Playbook ditujukan untuk tingkat menengah dan mahir - EKRUT

Jika kamu bukan lagi pemula di bidang SEO maka kamu bisa mencoba mengikuti kursus dari The SEO Playbook ini. The SEO Playbook memang dirancang untuk praktisi SEO tingkat menengah hingga mahir yang memandu pesertanya melalui proses yang terbukti mampu meningkatkan traffic, leads dan penjualan. 

Kamu juga bisa belajar dari pembuat kursus ini, Robbie Richards, yang benar-benar menerapkan materi pada kursus ini ke dalam bisnis secara nyata. Robbie akan menunjukkan bagaimana ia membangun audit konten teknis dari awal hingga akhir untuk sebuah situs produk pernikahan afiliasi serta membuat dokumen riset kata kunci dan content map untuk produk toko e-commerce. 

Peserta kursus ini juga bisa mendapatkan akses ke komunitas Slack yang menghubungkan kamu dengan Robbie dan hampir 200 praktisi SEO profesional lainnya. 

The ClickMinded SEO Training Course

Kursus seo online - EKRUT
Pelajari cara optimasi on-page dan off page SEO dalam kursus ClickMinded SEO Training Course - EKRUT

ClickMinded SEO Training Course akan mengajarkan kamu cara menghasilkan 10 kali lebih banyak traffic dari Google. Kamu juga bisa belajar langkah-langkah untuk meningkatkan strategi SEO, seperti optimasi on-page dan off page, optimasi teknis, strategi kata kunci, analisis kompetitif dan pembaruan algoritma yang ada.

Sayangnya kamu hanya bisa mengikuti kursus SEO online ini secara gratis pada bagian pertama, pengantar SEO saja. Selebihnya untuk mengakses kursus secara lengkap kamu harus membayar biaya yang telah ditentukan.  

Nah, dari rekomendasi kursus SEO online di atas, sekarang kamu bisa mulai belajar dan memperdalam skill kamu di bidang SEO. Dengan terus belajar, kemampuanmu tersebut bisa menjadi nilai jual yang bisa menarik perekrut pada saat kamu melamar pekerjaan sebagai SEO Specialist atau pekerjaan di bidang digital marketing

 

 

EKRUT

Sumber:

  • mobidea.com
  • quicksprout.com
  • neilpatel.com

Tags

Share