Published on

Careers

Lakukan ini Jika Kamu Terlambat ke Kantor

Maria Yuniar

watch-1208200__340.jpg

Meski tempat kerjamu berada di kota besar, terkadang kemacetan juga sulit untuk diprediksi. Padahal, kamu sudah berangkat lebih bagi untuk mengantisipasinya. Ada saja kendala-kendala kecil yang terjadi dalam perjalanan, seperti transportasi umum yang datang tak sesuai jadwal atau sopir transportasi online yang tersasar. Kadang, atasan pun tidak terima dengan segudang alasanmu. Oleh karena itu, lakukan cara-cara berikut agar atasan bisa memaklumi alasanmu. 

 

Segera kabari atasan

Jika sudah yakin akan terlambat, beri tahu atasan kamu secara langsung atau melalui email sesegera mungkin. Bila memungkinkan, sampaikan kepada atasanmu bahwa kamu bisa datang lebih cepat atau bertahan di kantor lebih lama untuk mengganti jam-jam kerja yang terbuang karena kamu terlambat.

 

Bersikap jujur

Sebagai atasan, tentu mereka sudah memiliki pengalaman menghadapi bermacam-macam tipe pekerja. Karena itu, alasan-alasan terlambat yang diketahui sudah direncanakan akan membuat reputasimu buruk di mata atasan dan mengancam kariermu. Untuk menghindari hal tersebut, satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan jujur menyampaikan alasan keterlambatanmu. 

 

Jangan berlebihan

Meski harus jujur, berikan penjelasan dengan sederhana. Kamu tidak perlu memberikan penjelasan yang terlalu rinci. Sebab, bisa jadi atasanmu malah akan curiga dan menganggap kamu sedang mencari-cari alasan saja. Jika ini yang terjadi, reputasimu pun berada di ujung tanduk. 

 

Gunakan alasan dengan bijak

Terkadang, kamu bisa menggunakan alasan-alasan yang berada di luar kendali untuk bisa dimaklumi oleh atasan. Termasuk, sakit, ban kendaraan kempes, atau kereta yang datang terlambat. Namun, usahakan untuk tak terlalu sering menggunakan alasan-alasan tersebut. Sebab, bila kamu terlalu sering menggunakannya, rekan kerja dan atasanmu mungkin akan melihatmu sebagai orang yang tak dapat diandalkan.

 

Langsung bekerja

Bila datang terlambat, sebaiknya kamu tak menikmati kopi atau membeli sarapan. Apalagi, bila ada atasan di dekatmu. Lebih baik, kamu segera mempersiapkan diri untuk menyelesaikan pekerjaan. Tunjukkanlah perilaku kerja yang baik dan kedisiplinan kerja untuk membayar rasa bersalah karena kamu datang terlambat.

 

Berterima kasih

Bila rekan kerja dan atasan menyambut kamu tanpa menegur atau memarahi, ucapkanlah terima kasih karena mereka bisa memaklumi mengapa kamu datang terlambat. Jangan lupa lakukan hal penting yang satu ini ya.

Meskipun kamu sekarang sudah mengetahui beberapa langkah untuk menyampaikan alasan keterambatanmu, usahakan untuk datang ke tempat kerja tepat waktu ya. Sebab, kamu pun sekarang sudah bisa memprediksi kemacetan dengan berbagai informasi di media sosial, maupun aplikasi penunjuk arah.

Sumber:
thebalancecareers.com
popbela.com
job-like.com

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_affiliate_marketing.jpg

Careers

7 Strategi Affiliate Marketing yang Efektif untuk Diterapkan di Tahun 2022

Alvina Vivian

27 May 2022
5 min read
0-buku-pengembangan-diri.jpg

Careers

10 Rekomendasi Buku Pengembangan Diri yang Wajib Dibaca Tahun 2022

Arin Khurota

25 May 2022
5 min read
H1_1._Simak!_Cara_Mencari_Median__Mean_dan_Modus_Dengan_Mudah.jpg

Careers

Simak! Cara Mencari Median, Mean, dan Modus dengan Mudah

Anisa Sekarningrum

25 May 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read