Published on

Careers

Lakukan 4 cara ini jika lembur kamu tidak dibayar!

Tsalis Annisa

lembur-tidak-dibayar-EKRUT.jpg

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang perlu melakukan lembur. Mulai dari kurang produktif pada jam kerja, hingga load kerja yang memang sudah melebihi batas. 

Jika penyebabnya adalah yang kedua, artinya kamu perlu berusaha memperjuangkan hakmu. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika kamu mengalami lembur, namun tidak dibayar. 

1. Bicarakan dengan atasan

lembur tidak dibayar EKRUT
 
Coba jelaskan kepada atasan bahwa pekerjaanmu begitu banyak sehingga harus lembur - EKRUT

Tidak adanya aturan jam lembur di perusahaanmu bisa jadi karena sebelumnya belum ada seseorang yang perlu melakukan pekerjaannya hingga larut malam. 

Nah, jika ini yang terjadi, cobalah untuk membicarakannya dengan atasanmu. Jelaskan bahwa pekerjaanmu begitu banyak, hingga waktu 8 jam kerja nampak tidak cukup untuk menyelesaikan semuanya. 

Baca juga: Jangan salah, ini perhitungan lembur yang perlu kamu ketahui

2. Tanyakan kepada HRD 

lembur tidak dibayar EKRUT 
Kamu juga bisa menanyakan kepada HRD terkait apa yang kamu alami ini - EKRUT

HRD sudah seharusnya paham mengenai peraturan ketenagakerjaan. Jadi, cobalah untuk menanyakan mengenai kemungkinan perusahaan untuk memberikan hak kepada mereka yang harus bekerja lembur. 

3. Perhatikan cara kerjamu

lembur tidak dibayar EKRUT 
Coba untuk menentukan prioritas pekerjaan yang kamu inginkan - EKRUT

Jika kamu enggan membicarakannya dengan atasan dan HRD, cobalah untuk melakukan beberapa trik yang bisa mempercepat pekerjaanmu. Misalnya saja dengan memberikan antrean prioritas kepada pekerjaanmu. 

Selain itu, memastikan pekerjaanmu terorganisir dengan baik juga dapat membantumu dalam mengerjakan pekerjaan lebih cepat. 

Baca juga: Lembur tidak dibayar, sebuah loyalitas atau profesionalitas

4. Sayangi dirimu dengan berpindah ke perusahaan yang lebih baik

lembur tidak dibayar EKRUT 
Resign menjadi pilihan terbaik saat waktu lembur kamu tidak digaji - EKRUT 

Perlu kamu ketahui bahwa waktu lembur adalah waktu kerja yang melebihi 8 jam sehari atau 40 jam dalam seminggu. Selain itu, waktu kerja lembur tidak lebih dari 3 jam dalam sehari. 

Jadi, jika pekerjaanmu begitu menumpuk hingga melebihi waktu kerja yang ditentukan, bahkan hingga mengganggu akhir pekanmu, mungkin inilah saatnya kamu mulai mendapatkan perusahaan yang lebih baik. 

Ingat, sekalipun pekerjaanmu begitu penting, kesehatan fisik dan mentalmu juga tidak kalah penting. Jadi, alangkah baiknya jika kamu bekerja di perusahaan yang lebih menghargai tenagamu. 

Agar kamu tidak pusing mencari pekerjaan ke sana-kemari, cobalah untuk bergabung di situs talent marketplace. Pasalnya, di situs seperti ini kamu bisa lebih berpeluang mendapatkan perusahaan yang cocok untukmu tanpa perlu repot melamar ke berbagai perusahaan. 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika lemburmu tidak dibayar. Bekerja keras dan berusaha memberikan hasil terbaik untuk perusahaan memang merupakan hal yang bagus. Tapi, tentunya hal ini juga harus seimbang dengan apresiasi yang diberikan perusahaan. 

Jadi, cobalah untuk memperjuangkan hakmu dan juga menyayangi dirimu mulai dari sekarang!

lembur tidak dibayar EKRUT 
Last update 3 January 2021

Tags

Share