Published on

Careers

Lakukan tips ini dan pekerjaan baru akan menghampiri Anda

Widyanto Gunadi

tips_melamar_kerja.png

Persaingan di dunia kerja saat ini semakin ketat. Anda pasti merasakannya juga. Para sarjana pun berjuang mendapatkan kerja setelah lulus kuliah. Namun, setiap aplikasi yang terkirim belum tentu berlanjut pada proses wawancara kerja. Apakah Anda pernah mengalami hal ini? Atau pernahkah Anda, sudah mengikuti sekian kali wawancara kerja, tapi akhirnya tak mendapat kabar baik?  Nah, agar pencarian kerja Anda efektif dan efisien, lakukan tips di bawah ini. Pekerjaan pun akan mendatangi Anda.

 

Lakukan riset

Cari tahu latar belakang perusahaan yang Anda lamar. Anda bisa menemukan berbagai informasi melalui situs resmi perusahaan, maupun googling. Jangan sampai Anda bekerja di perusahaan yang tidak sesuai dengan bidang serta minat Anda. Riset ini berguna untuk menentukan kelayakan Anda dalam mengajukan lamaran kerja. Semoga dengan mencari tahu berbagai informasi tentang perusahaan tersebut, Anda bisa menyiapkan diri lebih baik, sehingga menarik bagi perusahaan.

 

Update profil di LinkedIn

Saat ini, tak jarang perekrut mengunjungi profil LinkedIn Anda untuk mengetahui kelayakan Anda sebagai kandidat. Oleh karena itu, isilah kolom profil di LinkedIn dengan lengkap. Meski Anda sudah melengkapi aplikasi pada talent marketplace, tak ada salahnya juga memperbarui informasi pada akun LinkedIn. Sebab, halaman profil LinkedIn bisa meningkatkan nilai tambah Anda di mata perusahaan. Jangan lupa, pasanglah foto formal pada profil LinkedIn Anda.

 

Siapkan pertanyaan untuk wawancara

Saat Anda menerima undangan wawancara dari divisi human resources development (HRD) perusahaan, pastikan Anda menyiapkan pertanyaan-pertanyaan yang ingin diajukan. Pada umumnya, HRD akan mempersilakan Ana mengajukan pertanyaan mengenai perusahaan maupun ruang lingkup pekerjaan Anda. Jika HRD membuka topik mengenai penghasilan dan manfaat yang ditawarkan perusahaan, seperti asuransi, Anda bisa memanfaatkannya untuk menanyakan kisaran gaji.

Membekali diri dengan daftar pertanyaan, tentu akan menghindarkan Anda dari rasa gugup. Yang tak kalah penting, lakukan konfirmasi kehadiran kepada perusahaan yang mengirimkan undangan wawancara. Hal ini penting bagi perekrut, untuk menginformasikan kehadiran Anda kepada user.

 

Berpakaian pantas

Pilih pakaian yang sopan untuk menghadiri wawancara dengan HRD. Kesopanan Anda dalam berpakaian, masuk dalam penilaian selama wawancara. Tingkatkan peluang Anda dengan berpakaian yang pantas, tapi tetap menarik. Selain itu, jaga sikap Anda saat mengikuti wawancara. Perbanyak senyum dan hindarilah membungkuk atau menyilangkan tangan di depan dada.

Apakah Anda sudah menyiapkan hal-hal di atas untuk mendapatkan pekerjaan baru? Jika Anda ingin mendapatkan kemudahan dalam melamar pekerjaan, silakan kunjungi EKRUT. Ratusan perusahaan menantikan Anda di sana.

 

 

Sumber:
tippoint.org
liputan6.com

 

Tags

Share

Artikel Terkait

H1.jpg

Technology

Kenali Apa Itu NFT, Aset Digital yang Sedang Booming di Tahun 2022

Anissa Trisdianty

27 May 2022
5 min read
H1_1._Mengenal_Rectangle_Tools__beserta_Fungsi_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

Technology

23 Jenis Rectangle Tools beserta Fungsi dan Cara Menggunakannya

Anisa Sekarningrum

27 May 2022
5 min read
H1_Apa_itu_OneDrive.jpg

Technology

Apa itu OneDrive? Pengertian, Fungsi Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Natasya Primatyassari

27 May 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read